Cara Menghilangkan Bekas Cacar Di Wajah Yang Sudah Menahun

Diposting pada

Cara menghilangkan bekas cacarCara Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah Yang Sudah MenahunPenyakit cacar lebih banyak menimpa anak kecil tapi tidak sedikit juga orang dewasa yang mengalaminya. Penularan penyakit cacar sangat cepat, menyebar lewat udara atau juga kontak langsung pada orang lain dengan kondisi daya tahan tubuh lemah. Masalah setelah cacar sembuh yaitu bekas yang ada di area wajah. Bekas cacar yang menghitam di kulit bisa membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Dibutuhkan penangan khusus untuk menghilangkan bekas cacar yang menghitam. Untuk menghilangkan bekas cacar ini anda dapat melakukannya dengan beberapa cara yang alami tanpa memberikan efek samping.

Penyakit cacar adalah masalah umum yang dihadapi oleh masyarakat kita. Cacar termasuk penyakit menular, jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita cacar biasanya anggota keluarga lainnya rentan tertular penyakit ini. Cara penyebaran melalui udara dan kontak langsung seperti bersentuhan tangan, apalagi jika yang sedang sakit adalah orang dewasa maka dengan mudah menular kepada anak kecil disertai daya tahan tubuh yang menurun. Penyakit cacar bisa dialami 1 sampai 3 kali dalam seumur hidup, jadi meskipun saat usia belia terkena cacar dan sembuh kemungkinan terkena cacar lagi ketika dewasa juga bisa terjadi.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Di Wajah Yang Sudah Menahun

Selain karena rasa gatal, cacar sangat membuat penderita sangat tidak nyaman karena ada bintik-bintik merah di tangan, punggung, dada bahkan diwajah. Jika muncul di area wajah tentu membuat rasa percaya diri juga berkurang. Rasa pedih dan gatal bercampur membuat penderita cacar sering menggaruk bintik-bintik merah tersebut. Jangka waktu jika terkena cacar juga lama, ada yang dalam waktu 2 minggu sudah mulai menunjukkan kesembuhan tapi ada juga yang sampai memakan waktu sebulan. Belum lagi bekas bintik merah juga mulai menghitam dan menjadi bekas yang tidak akan mudah hilang bahkan bisa menjadi bekas bopeng permanen jika tidak diatasi langsung. Berikut ini beberapa tips bahan alami yang bisa anda praktekan untuk menghilangkan bekas cacar.

Daun Sirih

Daun sirih sudah dikenal manfaatnya untuk dunia kesehatan. Manfaat yang didapat dari daun sirih tidak hanya untuk menghaluskan kulit dan menyembuhkan berbagai penyakit, daun sirih dapat membantu menghilangkan bintik bekas cacar. Caranya cukup dengan menyiapkan beberapa lembar daun sirih kemudian cuci dan haluskan dengan cara ditumbuk lalu oleskan pada bagian bopeng yang ingin dihilangkan. Dengan catatan jangan pada bagian kulit yang luka.

Madu

Cara alami lainnya yaitu dengan menggunakan madu alami. Dengan mengoleskan madu ke bekas cacar lalu biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

Menggunakan Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit tidak diragukan lagi. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk menghilangkan bekas cacar. Cukup dengan mengambil 1 potong tanama lidah buaya dan ambil gelnya saja kemudian oleskan ke bekas cacar, tunggu hingga 15 menit dan bilas. Lakukan setiap hari sampai bekas cacar menghilang.

Jagung Muda

Jagung muda tidak hanya enak dijadikan masakan tapi bisa anda manfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan bekas cacar. Cukup dengan siapkan 1 tongkol jagung muda yang berwarna kuning cerah kemudian  diparut. Parutan jagung tersebut langsung aplikasikan ke tubuh yang ada bekas cacar dan biarkan sampai kering terakhir bilas hingga bersih dengan air bersih.

Lemon

anda bisa menggunakan lemon dengan dua cara, yang pertama melon cukup dipotong menjadi dua dan gosokkan ke bekas cacar atau bisa juga dengan cara buah lemon dipotong kecil-kecil kemudian ditumbuk atau mixer hingga halus. Oleskan secara menyeluruh ke bintik hitam bekas cacar, biarkan 10 menit dan bilas dengan air. Baca Juga: Manfaat Infused Water Lemon Untuk Kesehatan

Air Teh Hijau

menggunakan teh hijau yang dibutuhkan ada airnya. Siapkan 3-4 sendok makan teh hijau ke dalam baskom kecil lalu tuangkan air panas dan aduk. Ambil anduk kecil atau kapas dan celupkan dalam air the hijau kemudian oleskan kekulit yang ada bintik-bintik hitamnya. Baca Juga: Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Buah Mentimun

Mentimun tidak hanya digunakan untuk masakan tapi juga bisa digunakan membantumenghilangkan bekas cacar. Cukup dengan menyiapkan 1 atau 2 buah mentimun kemudian potong kecil-kecil dan blender. Mentimun yang sudah halus tersebut lalu oleskan ke bekas cacar dan biarkan selama 15 menit lalu bilas denga air hingga bersih. Lakukan perawatan ini saat pagi hari dan malam hari.

Demikianlah beberapa tips untuk menghilangkan bekas bintik cacar. Semoga bermanfaat.