Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi Tidur Ibu Hamil

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil. Kehamilan adalah masa yang membahagiakan. Pada trimester pertama mungkin anda tidak memiliki keluhan, tapi pada saat kehamilan memasuki trimester ke dua dan tiga, keluhan susah tidur sering terjadi. Kondisi janin semakin besar perutpun tentu membesar, pergerakan janin seperti menendang pasti terjadi dan membuat anda sulit tidur nyenyak.

Tapi tidak perlu khawatir itu adalah hal wajar dan tidak akan berpengaruh buruk pada janin anda. Ada beberapa tips

untuk membantu anda tidur dengan nyaman. Berikut @MasPenulis berikan ulasannya:

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

  1. Posisi Tidur. Carilah posisi tidur yang nyaman, hal ini penting agar anda mudah terlelap. Biasanya akan sulit tidur posisi terlentang seperti saat belum hamil. Cobalah Posisi miring ke kiri atau kanan tergantung posisi nyaman dengan menekuk lutut anda.
  2. Gunakan Bantal Tambahan. Memanfaatkan bantal tambahan bisa membuat tidur anda nyaman. Gunakan untuk menahan sisi perut atau ditempatkan diantara kaki anda saat posisi tidur miring. Kini, sudah banyak yang menjual bantal khusus ibu hamil di pasaran.
  3. Penuhi kebutuhan Nutrisi dan Vitamin. Asupan yang masuk harus terpenuhi nilai gizi, karbohidrat, nutrisi, protein, vitamin, dan mineral. Kandungan protein dapat mencegah mimpi buruk, sedangkan karbohidrat sangat membantu anda tidur nyenyak.
  4. Minum Susu Hangat. Sebelum tidur minumlah susu hangat, karena kandungan asam amino tryptophan dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang membuat anda cepat terlelap.
  5. Bergerak Aktif. Bukan berarti ketika anda memasuki kehamilan trimester ke dua dan tiga anda tidak boleh bergerak aktif. Gerakan aktif dibutuhkan untuk mengurangi kram pada kaki, mengurangi stress, mencegah kelebihan berat badan, juga menambah energi. Sesuaikan dengan kemampuan misalnya jalan-jalan keliling komplek rumah anda. konsultasikan ke dokter jika menginginkan aktivitas olahraga.
  6. Mandi Dengan Air Hangat. Jika anda ingin mandi sore, gunakanlah air hangat supaya lebih rileks. Gunakan juga sabun mandi yang wangi untuk membantu anda cepat tidur.
  7. Dengarkan Musik. Cara lain yang membantu anda tidur nyaman yaitu Mendengarkan musik seperti musik klasik yang tenang mampu membuat anda rileks dan cepat tidur.
  8. Teknik Relaksasi. Lakukan beberapa gerakan rileksasi seperti mengambil nafas panjang, peregangan, yoga, atau pemijatan. Teknik peregangan dapat mencegah kram pada kaki dan nafas panjang mengurangi ketegangan.
  9. Rutinitas Waktu Tidur. Pada saat kehamilan trimester ke tiga jika anda merasa butuh waktu lebih banyak tidur, lakukan saja. Tidur siang setidaknya dua jam cukup. Lakukan setiap hari sesuai kebutuhan anda.
  10. Minimalisir Penggunaan Obat. Jika anda merasa pusing, mual, juga insomnia sebaiknya hindari meminum obat apalagi tanpa resep dokter. Karena tidak semua obat cocok untuk ibu hamil dan akan menggangu perkembangan janin. Jika anda memang membutuhkan obat, konsultasikanlah ke dokter kandungan.

Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Trimester 2-3

Jika anda mengalami kesulitan saat tidur berulang kali dan menggangu waktu istirahat anda, bicarakanlah pada dokter kandungan.Demikian beberapa tips untuk para Ibu hamil yang kesulitan tidur dengan nyaman, semoga bermanfaat untuk anda. Baca Juga: Bahaya Rokok Pada Ibu Hamil