Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Rontok

Diposting pada

Cara mengatasi rambut rontokCara Mengatasi Rambut Bercabang Dan RontokRambut adalah bagian penting khususnya bagi para wanita yang sangat peduli pada penampilannya. Diartikel sebelumnya saya sudah bahas 10 Gangguan Medis Penyebab Rambut RontokMemiliki rambut yang sehat dan indah bisa meningkatkan rasa percaya diri. Tapi yang paling utama adalah menjaga kesehatan rambut, dengan begitu rambut akan terlihat indah. Tapi tidak sedikit juga yang sering mengalami masalah rambut seperti bercabang atau pecah-pecah.

Perlu anda ketahui ada beberapa penyebab dari rambut bercabang, diantaranya berikut ini.

– Jika rambut terlalu sering mengalami gesekan, misalnya sering disisir atau setelah keramas anda menggunakan handuk dan menggosok rambut terlalu kasar bisa menyebabkan rambut pecah-pecah.

– Terlalu sering menggunakan produk baik shampoo ataupun produk rambut lainnya dapat berpengaruh pada rambut, misalnya terlalu sering keramas atau menggunakan produk rambut lainnya yang mengandung senyawa kimia juga berpengaruh pada rambut.

– Penampilan memang penting tapi jika terlalu sering menggunakan alat seperti hair dryer atau alat panas lain dapat menyebabkan kerusakan rambut.

– Faktor usia juga berpengaruh, pada umumnya jika usia seseorang bertambah kadar minyak dari kulit kepala ke rambut akan semakin kering karena semakin berkurang yang dapat menyebabkan rambut bercabang.

Lalu bagaimana cara penanganan rambut bercabang? Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah rambut bercabang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Rontok

– Potong ujung rambut yang terlihat bercabang

Memotong ujung rambut yang bercabang bisa dilakukan tapi itu tidak akan menjamin rambut bercang atau pecah-pecah berhenti. Perlu nutrisi baik dari makanan atau produk kecantikan rambut yang alami. Dengan memotong ujung rambut hanya hal praktis untuk menghilangkan rambut bercabang.

– Saat selesai keramas gunakan handuk dan gosok secara perlahan agar rambut tidak rusak.  Cara yang benar yaitu ketika selesai keramas biarkan rambut kering secara alami. Ketika menggunakan sisir sebaiknya pakailah sisir yang renggang khususnya saat rambut masih basah, karena jika langsung menggunakan sisir yang rapat kemungkinan seperti rambut menjadi rontok juga bisa terjadi.

-Hindari atau paling tidak kurangi penggunaan alat khusus rambut seperti hair dryer yang bersuhu panas. alat panas seperti catok rambut atau pengeriting rambut dengan suhu panas sangat mempengaruhi kesehatan rambut.

– Lakukan trim atau pemotongan ujung rambut setiap 2 bulan sekali untuk mencegah dan mengurangi rambut pecah-pecah.

– bagi anda yang suka berenang sebaiknya dikurangi khususnya kolam renang umum. Perlu anda ketahui tidak sedikit pemilik kolam renang umum menggunakan Klorin untuk kolam renang yang mereka milik dan klorin tersebut dapat memberi efek yang tidak baik bagi rambut. Jika anda berenang, anda bisa menggunakan penutup rambut khusus renang.

– Penggunaan kondisioner setelah keramas juga baik untuk rambut atau vitamin rambut. Fungsi kondisioner juga untuk melembabkan agar rambut tidak kering. Gunakan secara rutin kondisioner atau vitamin rambut yang cocok untuk tipe rambut yang anda miliki.

– Perawatan menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun atau bahan alami lainnya bisa digunakan untuk mencegah rambut bercabang.  Misalnya anda bisa gunakan alpukat yang sudah diblender digunakan sebagai masker rambut memberikan efek baik untuk kesehatan rambut

– Tidak hanya melakukan perawatan dari luar, nutrisi rambut perlu juga dari dalam yaitu dengan hidup sehat. Konsumsi makanan yang bisa membantu menutrisi rambut misalnya perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Baca Juge: Cara Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe Dengan Bahan Alami

Keindahan rambut mampu menunjang rasa percaya diri, dengan melakukan perawatan yang benar dan cocok akan membantu kesehatan rambut anda. Itulah beberapa Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Rontok, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.