Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Cara mengatasi mual saat hamilHamil adalah keinginan bagi setiap wanita yang sudah menikah. Tapi tetap ada hal khusus yang harus di perhatikan saat anda hamil. Bagi ibu hamil pada trimester pertama seringkali mengalami mual dan muntah. Janin pada bulan pertama sampai ketiga masih sangat rentan.

Maka dari itu harus dijaga asupan yang masuk. indera penciumannya lebih sensitif, rasa mual mudah timbul jika ada bau yang

menusuk pemciuman ibu hamil. Ada beberapa penyebab mual, berikut @MasPenulis berikan tipsnya:

1. Menderita Asam Lambung

Selalu memperhatikan waktu makan sangat penting bagi ibu hamil. Jangan sampai kelaparan, karena akan mudah asam lambung anda naik dan mengakibatkan anda mual.

2. Hormon Meningkat

Penyebab lain asam lambung naik dikarenakan hormon di dalam tubuh meningkat yaitu hormon estrogen. Hormon ini sangat mempengaruhi meningkatnya asam lambung dan biasanya hormon tersebut tidak keluar pada saat malam, jadi  akan mengalami mual dan muntah di pagi hari.

3. Pencernaan Terdesak

Tidak hanya pada bulan pertama, mual juga kadang terjadi saat hamil besar. Itu disebabkan karena janin yang berkembang dan bergerak mendesak organ pencernaan ibu hamil.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Menjaga kehamilan itu penting, jangan khawatir ada beberapa cara membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan kekurangan tenaga. Sekalipu  mual dan muntah, ibu hamil harus tetap memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapijuga untuk perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Berikut cara mengatasi mual dan muntah yang efektif.

1. Porsi Makan Sedikit Tapi Sering

Jika mengalami mual yang terus menerus sebaiknya kurangi saja porsi makan, asal sering. Jangan menghindari makan. Karena makanan yang terserap bukan bagi ibunya saja tapi juga bayi yang dikandung harus terjaga asupannya. Makanlah dengan porsi sedikit paling tidak 3 kali sehari. Perhatikan nilai gizi, karbohidrat, vitamin dan protein. Semua kandungan tersebut harus dicukupi agar anda tidak lemas dan terpenting perkembangan janin juga baik.

2. Beri Jeda Antara Bangun dan Beranjak

Biasanya, wanita saat bangun pagi hari langsung beranjak dari tempat tidurnya. Dan ketika hamil muda tentu kebiasaan itu tidak berubah. Tapi untuk wanita yang baru hamil muda yang sering mual pada pagi hari disarankan untuk tetap pada posisi tidur, beri jeda waktu antara bangun dan beranjak agar anda tidak mual. Tentunya anda tidak ingin mual dan menganggu hari anda, jadi biasakan untuk melakukan hal tersebut.

3. Memperhatikan Makanan

Makanan yang menimbulkan gas di dalam perut tidak boleh dikonsumsi, makanan yang bergas tersebut bisa membuat perut terasa kembung atau penuh. Jika dikonsumsi gas akan memenuhi perut dan terjadilah mual. Makanan yang harus dihindari yaitu Kol, Nangka, Durian juga makanan hasil fermentasi misalnya saja tape ketan, tape singkong dan lainnya. Untuk sayur jangan dulu mengkonsumsi Sawi hijau.

Makanan di atas memang bukan larangan untuk semua ibu hamil. Tapi,jika anda sering mengalami mual sebaiknya di hindari. Konsumsilah bayam yang jauh lebih sehat bagi ibu hamil.

4. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak Tinggi

Makanan dengan lemak  tinggi wajib dihindari, karena banyak lemak jenuhnya. Juga makanan seperti gorengan akan meninggalkan sisa minyak di lidah dan di usus. Minyak tidak dapat diuraikan oleh usus akaibatnya adalah rasa mual akan timbul setelah mengkonsumsi makanan tersebut.

5. Makanan  Pedas

Makanan pedas bisa menimbulkan banyak masalah selain sakit perut, anda juga akan merasa mual, khususnya ibu hamil yang memiliki asam lambung. Makanan pedas bisa memicu meningkatnya kadar asam lambung. Saat asam lambung naik, ibu hamil akan merasakan mual. Oleh karena itu, makanan pedas merupakan salah satu yang perlu anda hindari.

6. Perbanyak Minum Air

Jika anda mengalami Frekuensi muntah yang sering, ibu hamil pasti kekurangan cairan. Minum air putih mampu mengganti elektrolit atau cairan yang hilang.  Air putih hangat bisa jadi pilihan bagi ibu hamil yang merasakan mual dan muntah. Air hangat mampu menetralisir mual. Baca Juga: Manfaat Air Untuk Kesehatan Tubuh

7. Mengkonsumsi Buah Kaya Vitamin C

Buah banyak mengandung vitamin C seperti yang terdapat dalam pisang, alpukat dan jeruk bisa jadi pilihan buah untuk ibu hamil yang ingin menghilangkan mual. Dengan mengkonsumsi buah secara teratur pasti rasa mual akan berkurang. Karena, Vitamin C yang terkandung di dalam buah bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Buah yang terlalu asamwajib dihindari khususnya ibu hamil yang menderita asam lambung.

8. Menghirup Udara Pagi

Udara pagi berfungsi untuk menghilangkan rasa mual. Karena saat menghirup udara segar di pagi hari, indera penciuman akan segar dan tubuh ibu hamil akan menjadi rileks.

9. Olahraga

Ibu hamil muda juga harus olahraga agar tetap sehat. Lakukan olahraga yang ringan seperti jalan-jalan pagi keliling sekitar rumah atau yoga. Dengan melakukan kegiatan seperti itu mampu mengurangi rasa mual. Baca Juga: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

Demikianlah beberapa tips untuk para ibu hamil agar dapat mengatasi mual dan muntah. Semoga bermanfaat.