Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara Alami

Diposting pada

Cara Memutihkan WajahCara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Secara AlamiKulit bersih dan cerah, setiap orang baik pria maupun wanita mendambakannya. Tapi karena segudang aktifitas kulit menjadi kusam dan berminyak. Atau karena perawatan yang tidak benar membuat kulit terlihat kusam.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kulit kusam, ada baiknya mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kulit menjadi kusam.

Ada beberapa faktor penyebab dari kulit kusam yaitu :

Faktor Genetik (keturunan)

Faktor Genetik atau faktor keturunan bisa menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada kulit kusam, karena tipe kulit bisa turun pada kita dari orangtua. Misalnya, jika ayah atau ibu anda memiliki kulit kusam dan berminyak, maka kemungkinan besar kamu juga akan sama.

Pola Hidup

Pola hidup juga memiliki pengaruh yang besar pada kulit, jika pola hidup anda baik tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh, begitu juga jika sebaliknya pola hidup buruk maka akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Misalnya, jarang mandi, membersihkan kulit, perawatan dan jarang olahraga bisa menyebabkan kulit menjadi kusam.

Pola Makan

Kebanyakan pola makan masyarakat sekarang ini lebih cenderung menyukai makanan instan  atau junkfood dan kebanyakan makanan instan itu tidak sehat. Khususnya bagi anda yang sangat menyukai makanan seperti gorengan, bersantan, berlemak dan juga makanan instan yang mengandung pengawet seperti mie instan yang dapat memicu kulit wajah menjadi kusam.

Faktor Lingkungan

Penyebab lainnya yang mempengaruhi kulit yaitu faktor lingkungan disekitar yang penuh dengan debu dan polusi akan berdampak buruk bagi kulit wajah. khususnya bagi anda yang memiliki banyak aktifitas diluar jangan biarkan debu menempel lama di kulit wajah anda, sebaiknya segera mencuci muka setelah beraktifitas.

Stres Dan Kurang Tidur

Jika anda mengalami stres atau sering kurang tidur dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit. Faktor stres bisa membuat hormon tubuh menjadi tidak stabil dan  menyebabkan timbulnya jerawat, wajah berminyak, dan kusam. Hal yang sering terjadi jika anda stress maka secara otomatis menjadi susah untuk tidur, maka dari itu usahakan tenangkan pikiran anda agar tidak stress.

Kurangnya Konsumsi Air Putih

Idealnya minum air putih  sekitar 8-10 gelas sehari karena tubuh terdiri dari hampir 50 % air, maka dari itu peranan penting dari minum air supaya memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh agar tidak dehidasi dan membuat kulit menjadi kering dan kusam.

Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Cepat dan Tanpa Efek Samping

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kembali kulit yang kusam? Berikut ini cara mencerahkan kulit secara alami dan tepat.

Perbanyak Minum Air Putih

Hal pertama yang paling penting adalah memperbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Jika biasanya anda hanya minum 6 gelas sehari sekarang cobalah memperbanyak minum air putih misalnya menjadi 10-12 gelas.

Bersihkan Wajah Secara Teratur

Memastikan kebersihkan wajah sangat berpengaruh terhadap kecerahan kulit wajah kamu. Semakin sering kamu membersihkan wajah, maka akan semakin cerah kulit yang didapatkan. Maka dari itu, selalu bersihkan wajah kamu secara rutin.

Pakai Lotion Pelembab

Kulit kusam biasanya bersifat kering dan pecah-pecah. Agar tampak semakin cerah, saya sarankan kamu menggunakan lotion pelembab secara rutin sebelum beraktivitas. Namun agar lebih sesuai dengan jenis kulit, sebaiknya konsultasikan lotion pelembab pada ahlinya. Gunakan sebelum beraktifitas, dan ada juga yang menggunakan lotion sebelum tidur.

Penuhi Waktu Tidur

Begadang hanya akan membuat kulit kamu nampak pucat, kusam, dan terlihat tak sehat. Karnanya, dianjurkan lebih baik agar tidak bergadang.

Idealnya waktu tidur malam terbaik orang dewasa berkisar antara 5-8 jam dalam sehari. Kurang atau lebih dari itu tidaklah baik. Sangat disarankan untuk tidur siang minimal 1 jam, dan pengalaman pribadi saya tidur di jam yang tepat, artinya tidak larut malam dapat mencerahkan wajah dengan cepat.

Perbanyak Refresing, Jauhi Stres

Stres adalah kondisi pemikiran tertekan karena banyak masalah yang sedang dihadapi. Semakin lama kamu menderita stres, maka akan semakin tak baik bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Stres memicu hormon tubuh anda menjadi tidak stabil yang menyebabkan munculnya minyak berlebih dan mengakibatkan kulit menjadi kusam. Lakukan refreshing sekali-kali untuk melepaskan beban stress selama kerja.

Jaga Pola Makan

Pentingnya menjaga pola makan karena anda harus tahu asupan apa saja yang masuk. Mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah itu penting dari pada makanan yang berminyak seperti masakan yang serba digoreng. kandungan yang baik dari bahan masakan seperti sayuran atau telur yang digoreng akan berkurang lebih baik cara memasaknya yaitu dengan cara di rebus. Memperhatikan setiap kandungan Vitamin, mineral, antioksidan, serat, protein, dan sejenisnya supaya memberikan nutrisi kulit dari dalam. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak.

Olahraga Teratur

Lakukan olahraga di pagi hari setiap harinya selama 30 menit. Lari pagi, jalan-jalan keliling komplek atau ikut gym. Olahraga juga diperlukan supaya metabolisme semakin lancar dan itu akan berpengaruh pada kesehatan kulit anda menjadi lebih cerah karena semua kotoran yang nempel di pori-pori keluar saat berkeringat.

Faktor paling penting yaitu dengan menjaga asupan makanan karena lebih banyak pengaruhnya. Itulah beberapa cara mencerahkan wajah kusam, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.