Cara Mencegah Kanker Usus Besar

Diposting pada

mencegah kanker usus besarCara Mencegah Kanker Usus BesarPenyakit kanker memang menakutkan dan berpotensi berujung pada kematian. Kali ini kita akan membahas Kanker rektum atau lebih dikenal dengan kanker usus besar. Kanker rektum menyerang sistem pencernaan, memang kanker bisa tumbuh dimana saja tapi jika ada pertumbuhan sel kanker di usus besar butuh penangan khusus. Perlu anda ketahui bahwa munculnya sel kanker itu diawali oleh tumbuhnya beberapa gumpalan sel yang berukuran kecil di bagian polip adenoma dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Tindakan pencegahan sebelum berkembangnya sel kanker sebaiknya segera anda lakukan. Perhatikan juga gejala awal jika anda terindikasi terkena sel kanker usus besar yaitu kondisi tubuh sering terasa lelah, kehilangan nafsu makan,adanya pendaharan pada saat BAB (terjadi pendarahan di bagian anus) sering nyeri kram di bagian perut dan konstipasi.

Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit kanker usus besar? Berikut ini penjelasannya.

Mengurangi Tingkat Obesitas Pada Tubuh

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak  baik. Tingkat obesitas pada tubuh yang tidak terkendali selalu menjadi pemicu seseorang untuk terkena berbagai jenis penyakit. khususnya  sistem pencernaan usus besar, berpotensi timbulnya sel kanker. Penting menjaga makanan yang dikonsumsi agar tidak obesitas wajib dilakukan. Jika anda memiliki berat badan berlebih segera konsultasikan ke dokter dan jaga pola makan, perhatikan nilai gizi bukan asal kenyang.

Manfaatkanlah Bawang Putih

Anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk mengurangi resiko berkembangnya sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari untuk mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh, bawang putih memang memiliki kandungan baik serupa seperti anti kanker alami. Terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari dengan cara 2 buah bawang putih di potong kecil-kecil dan tabor di makanan anda.

Menyeduh Teh Hijau Secara Teratur

Teh hijau organik memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker khususnya di bagian usus besar. Bahkan menurut penelitian dengan rutin meminum sebanyak 3 cangkir sehari dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit ini. Kandungan dalam teh hijau organik melindungi dan mencegah berkembangnya sel kanker khususnya di sistem pencernaan. Maka manfaatkanlah senyawa dalam teh hijau untuk kesehatan anda dan minumlah setiap hari untuk perlindungan maksimal.

Baca Juga: Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tingkatkan Asupan Kalsium Dan Vitamin D

Perlu anda ketahui Vitamin D adalah molekul steroid yang dapat meningkatkan absorbsi kalsium pada sistem saluran pencernaan. Dengan meningkatkan asupan vitamin D dapat mencegah timbulnya sel kanker, khususnya di usus besar.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin D seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan setiap hari untuk mencegah sel kanker berkembang. Konsumsi makanan yang memiliki kandung vitamin D yang tinggi secara rutin.

Hindari Minum Minuman Alkohol

Minuman beralkohol memiliki dampak buruk karena merusak sisitem tubuh khususnya sistem pencernaan dan meningkatkan resiko terkena kanker usus besar. Kandungan buruk dalam minumanan alkohol berpotensi menumbuhkan sel kanker. Semua jenis minuman beralkohol sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh. Orang yang sering minum minuman beralkohol berpotensi terkena berbagai penyakit, maka berhentilah jika anda termasuk orang yang minum alkohol. Utamakan kesehatan karena kalau sudah terkena kanker diri anda sendiri yang rugi.

Berolahraga Secara Rutin

Olahraga memang memberikan dampak baik bagi tubuh. Karena dengan berolahraga tubuh tidak hanya akan selalu bugar dan segar tapi juga mendukung untuk terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker usus. Lakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari misalnya berenang, berlari atau ikut gym.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Jogging Untuk Kecantikan

Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran

Sayur dan buah memiliki nilai lebih untuk kesehatan tubuh. Karena dalam buah dan sayur terdapat banyak sekali kandungan vitamin dan gizi untuk mencegah dari berbagai jenis penyakit, selain karena sayur dan buah membantu sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Khususnya mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat seperti bayam, pepaya dan lainnya sistem pencernaan khususnya usus akan terjaga kesehatannya. Maka konsumsilah setiap hari buah dan sayur untuk mencegah kanker usus besar.

Baca Juga: Makanan Untuk Penderita Asam Urat Dan Pantangannya

Itulah beberapa cara untuk mencegah kanker usus besar. Utamakan kesehatan anda bukan hanya mengkonsumsi makanan yang enak saja tapi yang memberikan manfaat baik bagi tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.