Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Mobil Motor Sederhana

Aki Mobil
Aki Mobil

Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Mobil Motor Sederhana. Biaya setrum aki mobil dan motor memang bila dihitung tidak begitu mahal, namun buat anda yang sering meninggalkan mobil dan motor hingga berhari-hari akan sangat membutuhkan Charger Accu. Salah satu cara memperbaiki aki yang sudah lemah atau soak adalah dengan charger aki dan mengisi air aki basah bila kurang dari garis minimum aki.

Harga charger accu murah dan bagus berkisar dari harga 400ribuan hingga sejutaan. Misalnya saja harga charger aki Rayden 15Ampere di salah satu marketplace terkenal dijual 400 ribuan. Bila anda memilih untuk membeli charger aki mobil motor, karena tidak mau repot pergi ke tempat cas aki. Pilihlah penjual terpercaya yang menjual barang ori, saya rekomendasikan merk Krisbow, Rayden dan Iwara.

charger aki rayden
charger aki rayden

Berikut ini Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Mobil Motor Sederhana

rangkaian aki sederhana
Rangkaian aki sederhana

Trafo 5 – 10 Ampere
Dioda 5 Ampere
Elco 3300 mikro farad/25 volt

Cara Membuat Rangkaian Charger Aki Mobil Motor Sederhana

Sebelum memcarger sebaiknya anda tes dulu memakai AVO meter agar tegangan yang kita salurkan ke aki tidak lebih dari 14.5 volt, bila tegangan diatas ambang batas itu, akan menyebabkan aki melepaskan gas asam dan terjadi korosif di elemen aki. Rangkaian ini adalah dasar dari rangkaian power supply sederhana.

Anda bisa juga memakai PCB yang sudah jadi untuk power supply atau charger di toko elektronika. Bisa juga memakai pcb bolong-bolong, untuk menyambungkan tiap komponen bisa dengan kawat tembaga atau kabel.