Cara Membuat dan Resep Kue Kering Cornflakes Keju

By | 29/05/2020

Cara Membuat dan Resep Kue Kering Cornflakes Keju. Anda pasti pernah makan sereal di pagi hari dengan susu untuk sarapan bukan? Rasanya lezat dan mengenyangkan. Sereal tidak hanya bisa dimakan dengan susu saja. Anda juga bisa mengolahnya lagi menjadi kue kering. Dengan memanfaatkan cornflakes, Anda bisa membuat kue kering sendiri untuk kudapan atau camilan yang dimakan bersama anggota keluarga saat bersantai.

Kalau Anda ingin mencoba, Anda bisa mengikuti resep kue kering cornflakes berikut ini.

Cornflakes Keju

Bahan-Bahan Kue Kering Cornflakes

Sebelum mencoba resep kue kering cornflakes ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering ini tidaklah sulit didapatkan. Anda bisa menggunakan variasi bahan untuk variasi rasa yang berbeda.

 

  • Cornflakes 250gr, remas-remas
  • Keju cheddar 100 gram, parut
  • Tepung terigu 400gr
  • Mentega 400gr
  • Maizena 50gr
  • Gula halus 150gr
  • Kuning telur 2 butir
  • Keju parmesan bubuk 2sdm
  • Vanilli 1/2 sdt
  • Susu bubuk 27gr (1 sachet)

 

Cara Membuat Kue Kering Cornflakes

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya Anda bisa mulai membuat kue kering cornflakes. Anda bisa membuat variasi kue kering cornflakes yang berbeda dengan bahan yang berbeda dengan resep kue kering cornflakes yang dijelaskan berikut.

  1. Campurkan Margarin, Telur dan Gula Halus

Langkah pertama, siapkan wadah lalu masukkan margarin dan gula halus lalu kocok bersamaan hingga tercampur merata. Setelah itu, masukkan kuning telur satu persatu dan kocok hingga merata. Masukkan juga ekstrak vanilli dan susu bubuk ke dalam adonan dan aduk lagi hingga merata.

  1. Masukkan Bahan-Bahan Kering

Setelah adonan sebelumnya sudah tercampur secara merata, selanjutnya tambahkan bahan-bahan yang sifatnya kering seperti tepung terigu dan tepung maizena ke dalam adonan tersebut. Campurkan dan aduk dengan spatula hingga tercampur merata. Jika sudah tercampur merata, selanjutnya giliran memasukkan cornflakes yang sudah diremas atau dihancurkan sebelumnya. Saat meremas atau menghancurkan cornflakes ini usahakan tidak terlalu hancur sehingga nantinya tetap ada tekstur cornflakes yang masih terasa. Aduk hingga merata.

Karena resep kue kering cornflakes ini adalah kue kering cornflakes keju, jangan lupa memasukkan keju ke dalam adonan yang sudah ditambah dengan Cornflakes ini. Masukkan keju bubuk parmesan dan keju cheddar yang sudah diparut sebelumnya. Aduk lagi hingga merata.

  1. Mulai Cetak di Atas Loyang

Setelah semua adonan selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mulai mencetak adonan ke atas loyang. Sebelum mulai mencetak jangan lupa melapisi loyang dengan margarin tipis atau gunakan baking paper agar adonan tidak lengket di atas loyang. Karena adonan ini sifatnya lembek dan bertekstur, Anda bisa mencetaknya cukup dengan menggunakan sendok. Setelah menuangkan adonan di atas loyang, Anda bisa membuat adonan lebih pipih dengan menggunakan garpu dan sedikit tekan di atas adonan. Setelah semua adonan selesai dicetak atau loyang sudah penuh, tinggal panggang adonan kue dengan menggunakan oven. Gunakan suhu di bawah 140° dan panggang selama kurang lebih 30 menit.

Baca juga:  resep kue kering semprit

Itu tadi adalah salah satu resep kue kering cornflakes yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Selain kue kering cornflakes keju, ada berbagai variasi kue kering cornflakes lain yang bisa Anda coba. Tetap dengan bahan utama cornflakes, Anda bisa membuat variasi rasa coklat, pandan, strawberry atau blueberry maupun rasa lainnya sesuai selera Anda. Dengan resep dasar di atas, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera dan kebutuhan Anda.