Cara Memasang IC Regulator 78XX Dan 79XX

Diposting pada

Cara Memasang IC 7805Cara Memasang IC Regulator 78xx Dan 79xx. Walaupun IC penstabil tegangan ini sering dipakai untuk rangkaian regulator, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara memasangnya. Sebelumnya saya telah postingkan Rangkaian Dan Cara Membuat Power Supply 12 Volt Sederhana dengan IC 7812. Sebelum melanjutkan perakitan power supply tersebut, kita harus mengenal komponen IC 78xx dan 79xx.

IC yang dimulai dengan 78xx adalah komponen regulator tegangan positif, artinya IC ini akan menerima tegangan input positif melintasi terminal input / Gnd dan mengatur hal yang sama di terminal output / Gnd dengan output tegangan tetap yang ditentukan.

Sebaliknya, IC 79xx akan menerima tegangan negatif dan menghasilkan tegangan tetap negatif di terminal output yang relevan.

Kelebihan menggunakan Keluarga IC 78xx dan 79xx

  • Seri 78xx dan 79xx tidak memerlukan komponen tambahan untuk meregulasi tegangan, membuatnya mudah digunakan, hemat ruang dan ekonomis.
  • Seri 78xx dan 79xx memiliki rangkaian pengaman terhadap hubungan singkat/ koslet, pembebanan lebih dan panas tinggi membuatnya hampir tak dapat dirusak. Dalam keadaan tertentu, kerusakan IC ini akan menjadi pelindung bagi kerusakan koponen lainnya (seperti sekring).
  • Seri 78xx dan 79xx memiliki banyak varian tegangan, tinggal sesuaikan kebutuhan kita. Misal kita butuh output 12 volt maka kita memakai 7812, atau kita butuh 9volt maka kita pakai 7809.

IC Regulator 78xx 79xx Pin

Bila Diterapkan dalam Regulator Dengan Travo CT 18 Volt untuk Output 12 Volt

Rangkaian 12 Volt CT

Itulah Cara Memasang IC Regulator 78xx Dan 79xx, rangkaian ini dapat kita sambungkan ke berbagai rangkaian lain misal dengan rangkaian running led yang telah saya bahas sebelumnya. Semoga membantu.