Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Diposting pada
Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan
Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat BadanMemiliki bentuk dan berat badan yang ideal merupakan keinginan setiap orang. Bagi sebagian yang memiliki berat badan yang berlebih biasanya mereka akan melakukan diet. Di zaman sekarang teknologi memang canggih, terkadang orang melupakan diet karena ingin cara cepat dan instan, misalnya dengan sedot lemak dan minum obat-obat diet berbahan kimia. Padahal untuk menurunkan berat badan cara yang benar adalah dengan diet sehat.

Diet untuk menurunkan berat badan memang membutuhkan waktu untuk proses pembakaran lemak dalam tubuh. Jangan lakukan cara instan tapi lakukan cara yang alami dan sehat demi kesehatan tubuh anda. Berikut ini penerapan diet yang sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Dan Mudah

Untuk melakukan diet yang paling penting anda ingat adalah cara sehat bukan cepat. Untuk menurunkan berat badan memang dibutuhkan pola makan yang sehat bukan tidak makan, karena jika tidak makan itu beresiko menggangu kesehatan. Perubahan yang dilakukan adalah mengubah asupan dan berapa banyak yang harus dikonsumsi dalam sehari.

Jika biasanya anda mengkonsumsi gorengan atau makanan yang mengandung lemak yang tinggi, diganti dengan buah-buahan atau sayuran. Asupan tetap dibutuhkan untuk energi sehari-hari. Ganti makanan yang mengandung lemak atau kolesterol tinggi dengan jus buah, sayuran, kacang-kacangan, gandum, dan jangan lupa minum air putih 3 liter sehari.

Jika anda memaksakan diri menurunkan berat badan secara drastic justru akan menyebabkan beberapa resiko gangguan kesehatan. Masalah yang akan timbul jika melakukan diet ekstrim yaitu kurang nutrisi yang mengakibatkan tubuh mudah lelah dan terasa lemas. Jaringan otot rusak karena diet ekstrim yang cepat tidak membakar lemak, melainkan otot tubuh. Gangguan tubuh seperti menstruasi tak teratur, rambut rontok, dan konstipasi. Beresiko pada penyakit serius semacam dehidrasi, batu empedu, elektrolit dalam tubuh yang tidak seimbang.

Kesalahan Umum Yang Sering Dilakukan Orang Waktu Diet

Saat menjalankan program diet terkadang seseorang melewatkan makanan utama, padahal hal tersebut justru membuat anda jadi ingin mengemil makanan ringan di sela waktu makan utama. Jadi harus tetap makan di saat jam makan dengan porsi secukupnya. Banyak camilan yang mengandung banyak lemak dan sering disepelekan. Sebaiknya jika anda ingin makanan ringan lihat dulu label nutrisi dibungkusnya.

Sedikit minum air putih dan lebih memilih minuman soda juga kesalahan umum yang sering dilakukan seseorang saat diet. Perbanyak minum air putih membantumu meningkatkan metabolisme tubuh.

Menentukan Target

Untuk menurunkan berat badan diperlukan target, dimulai dari hal kecil mengawali langkah untuk penurunan berat badan, misalnya jika biasanya suka makan camilan gorengan, mulailah untuk berhenti atau mengurangi camilan tersebut atau ganti dengan buah pisang.

Mengonsumsi Banyak Air Putih

Memperbanyak minum air putih 3-4 liter per hari sudah terbukti membantu diet. Selain dapat mengurangi resiko dehidrasi, minum air putih ternyata secara efektif membantu menurunkan berat badan karena perut terasa kenyang dan meskipun porsi makan anda sedikit. Baca Selengkapnya di: Cara Diet Air Putih Yang Sehat Dan Aman

Olahraga /Aktif Bergerak

Berolahraga secara rutin dibutuhkan untuk mempercepat proses membakar lemak dalam tubuh contohnya jogging, jalan santai, senam aerobik, renang atau bersepeda. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.

Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak Dalam Tubuh

Konsumsilah makanan yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh seperti buah berry, raspaberry, dan strawberry yang menggandung flavonoid juga rendah kalori yang cocok untuk diet. Buah jenis berry juga mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain buah berry, telur juga sangat cocok bagi anda yang menjalankan diet, kandungan dalam telur kaya akan protein dan rendah kalori yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt karena memiliki kandungan vitamin dan rendah lemak. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt setiap hari ternyata dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.

Berikutnya anda disarankan untuk rutin minum Teh hijau yang secara efektif dapat membantu menurunkan berat badan. Teh hijau juga mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat.

Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat karena mampu menurunkan berat badan dan membantu sistem kerja pencernaan. Kandungan serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, seperti kentang, brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya. Juga terdapat dalam Buah jambu biji, pir, dan pisang. Konsumsilah setiap hari buah dan sayur untuk membantu program diet anda.

Baca Juga: Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari

Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Dan setiap harinya tubuh memerlukan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Untuk membantu diet, cobalah ganti Karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks. Jika biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan dan sereal karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pilih Makanan Yang Diolah Dengan Cara Tertentu

Cara mengolah bahan makanan juga sangat berpengaruh. Sebaiknya mengolah makanan dengan cara dikukus atau direbus daripada digoreng. Makanan yang dikukus atau direbus masih menyimpan kandungan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan makanan yang digoreng dalam minyak panas dan biasanya makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi.

Mengurangi Konsumsi Makanan cepat saji atau Junkfood

Makanan siap saji, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, msg, belum lagi bahan pengawet serta garam. Jadi sebaiknya dikurangi dan lebih baik lagi dihindari saat kamu melakukan diet sehat dan alami.

Memperhatikan Pola Makan Malam

Perhatikan makanan yang anda konsumsi saat makan malam, sebaiknya hindari makanan yang digoreng dan lebih baik mengonsumsi salad sayur atau makan buah seperti pisang. Cara tersebut menghindarkan anda dari penumpukan lemak.

Baca Juga: Tips Untuk Kurus Dengan Resep dan Kebiasaan Sederhana

Cara Diet Alami Dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Itulah beberapa cara diet alami dan sehat yang bisa anda terapkan. Jangan memaksakan diri tidak makan, lebih baik ganti dengan menu yang lebih sehat. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi para pembaca.