Cara Budidaya Kroto di Rumah Bagi Pemula

No ratings yet.

Cara Ternak KrotoCara Budidaya Kroto di Rumah Bagi Pemula. Budidaya kroto agaknya masih menjadi hal yang jarang dipilih sebagai ladang bisnis. Namun tahukah Anda, ternyata menjalankan bisnis mampu menghasilkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Bukan hanya itu saja, usaha ini dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan dengan modal usaha yang relative ekonomis.

Menjamurnya para peternak burung dan pecinta kicau burung , menjadikan usaha budidaya kroto mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup besar. Mayoritas para peternak burung memilih kroto sebagai pakan utama. Manfaat kroto bagi burung sangatlah banyak. Selain menjaga vitalitas burung, zat aktif yang terdapat pada kroto mampu merangsang pertumbuhan burung dengan cepat. Maka dari itulah para peternak burung dominan menggunakan kroto daripada bahan pakan lainnya.

Mengenal Jenis Kroto

Sebelum memulai budidaya kroto ada baiknya Anda mengenal berbagai varietas kroto. Sebab setiap varietas memilki perlakuan yang berbeda-beda.

Kroto Ratu. Ciri-ciri kroto ratu :

  • Memiliki ukuran 10kali lebih besar dari ukuran semut pada umumnya.
  • Memiliki warna hijau kemerahan.
  •  Agresif
  •  Mudah berkembang biak

Kroto pejantan. Ciri-ciri kroto pejantan :

  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dari kroto prajurit.
  • Agresif
  • Mampu berkembang biak dengan cepat.

Kroto Pekerja. Ciri-ciri kroto pekerja :

  • Memiliki ukuran yang paling kecil berkisar antara 5mm hingga 6mm.
  • Memiliki jenis kelamin betina dan mandul sehingga tidak mampu berkembangbiak.

Kroto Prajurit. Ciri-ciri kroto prajurit:

  • Memiliki ukuran tubur berkisar antara 8cm hingga 10cm.
  • Memiliki rahang serta kaki yang kuat.
  • Diatas kepala terdapat antenna yang panjang.

Cara Budidaya Kroto Yang Tepat

Budidaya Bibit Kroto Dengan Media Toples

Kelebihan budidaya kroto menggunakan toples yaitu mudah didapatkan, proses panen lebih efisien. Penjualannya juga sangat cepat karena sudah ada wadah. Perkembangan kroto akan lebih mudah untuk diamati. Kelemah metode ini yaitu karena volume toples yang tidak terlalu besar maka wadah lebih cepat terisi penuh.

peluang budidaya kroto

Cara : Anda cukup memasukkan bibit kroto kedalam toples. Jangan lupa untuk memberikan lubang pada toples sebagai ventilasi udara.

 

Budidaya Bibit Kroto Dengan Media Besek

Kelebihan besek yaitu memiliki volume yang cukup luas, sehingga dapat menampung lebih banyak kroto. Media terbuat dari bahan alami sehingga kroto tidak mudah terkontainasi dengan bakteri. Temperature suhu serta kelembapan sangat cocok bagi kroto untuk berkembangiakan dengan baik.

cara : siapkan besek. Usahakan besek tidak dalam kondisi yang basah. Masukkan induk kroto kedalam beser. Tutup dengan baik besek agar kroto tidak keluar dari besek.

Tips Beternak Kroto Yang Tepat

Lingkungan

Ciri-ciri lingkungan yang sehat untuk budidaya kroto:

  • Memliki sirkulasi udara yang tepat.
  • Suhu udara mencapai 26°c -30°c dan kelembapan udara 60% – 72%.
  • Usahakan ruangan yang digunakn untuk budidaya memiliki cahaya yang tidak terlalu terang.

Pakan Kroto

Perkembangbiakan kroto adalah hal utama yang wajib diperhatikan oleh para peternak. Sebab jika proses terhambat pastinya akan berpengaruh terhadap hasil panen nantinya. Untuk itu gunakan pakan yang tepat. Anda dapat menggunakan pakan alami seperti ulat hongkong, ulat pisang, serangga. Selain itu Anda juga dapat memberikan minum kroto berupa air gula.

Pada dasarnya perawatan kroto sangatlah mudah. Anda cukup secara berkala membersihkan lokasi sekitar tempat budidaya. Selain itu hindarkan tempat bibit kroto dari tempat yang basah. Sebab jika air masuk kedalam media pembibitan dapat menyebabkan kroto mati. Mudah bukan beternak kroto. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda.

Facebook Comments

Please rate this