Cara Budidaya Jamur Kuping Bagi Pemula

cara budidaya jamur kupingCara Budidaya Jamur Kuping Bagi Pemula. Jamur Kuping terbagi menjadi 3 varietas, yaitu jamur kuping putih (Tremella Fuciformis), jamur kuping hitam (Auricularua Polytricha), jamur kuping merah (Auricularia Juade). Jenis jamur ini sangat mudah untuk diolah untuk dijadikan berbagai kreasi masakan. Maka dari itu, banyak sekali resto yang menjadikan olahan jamur kuping sebagai menu andalan.

Dilihat dari kacamata bisnis, tentunya budidaya jamur kuping memiliki prospek yang cukup bagus. Mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi, menjadikan usaha budidaya jamur kuping menjadi alternative usaha yang mulai banyak digeluti oleh kalangan pebisnis. Bagi Anda yang igin menggeluti bisnis budidaya jamur kuping, berikut ini adalah

Tahap Persiapan Budidaya Jamur Kuping

Tahap persiapan dalam budidaya jamur kuping terdiri dari 3 tahap, antara lain:

1. Persiapan lahan

Lahan yang baik untuk melakukan budidaya jamur kuping adalah daerah yang beriklim tropis dengan suhu udara berkisar antara 22°c – 28°c. Sedangkan kelembapan udara mencapai 80% – 90%. Sedangkan PH tanah yang cocok yaitu 6,7 – 6,9. Sedangkan untuk ketinggian lokasi lahan bukanlah menjadi masalah yang krusial asalkan kondisi lahan memenuhi unsur yang telah diterangkan di atas.

2. Persiapan Media Tanam

Habitat asli tanaman jamur kuping adalah dahan kayu. Jenis kayu yang paling mudah ditumbuhi jamur kuping yaitu kayu karet. Namun seperti yang kita ketahui bahwa kayu karet kini sangat jarang sekali ditemui.

Sebagai pengganti kayu karet, Anda dapat menggunakan media organic yang terbuat dari serbuk gergaji, ampas sagu, pucuk tebu dan beberapa bahan organic lainnya. Media organic yang digunakan sebagai media tanam jamur kuping disebut baglog. Cara membuat baglog adalah sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa bahan antara lain 100kg serbuk gergaji, dedak halus 10kg, gips 1,5kg, kalsium karbonat 0,5kg dan pupuk Triple Super Phospat (TSP) dan air secukupnya. Campur semua bahan dan aduk hingga merata.
  • Setelah adonan baglog selesai, selanjutnya adalah tahap fermentasi. Media didiamkan selam 3-5hari dengan suhu ruangan mencapai 70°c.
  • Setelah proses fermentasi selesai, padatkan baglog dengan menggunakan alat press.
  • Baglog yang sudah dipadatkan, dipanaskan pada suhu 100°c selama 2 – 4 jam. Proses ini sebaiknya dilakukan di ruangan inokulasi agar baglog terhibdar dari spora jamur. 3

3. Persiapan Bibit

Bibit jamur kuping dapat dilakukan secara konvensional dan dibuat sendiri di rumah. Bagi Anda seorang pemula, sebaiknya membeli bibit yang berkualitas dari petani jamur. Bibit jamur kuping terbagi menjadi dua jenis yaiyu bibit serbuk dan bibit cair.

Bibit serbuk penanaman bibit dilakukan dengan cara ditaburkan pada baglog melalui leher yang sudah dibuat. Sedangkan untuk bibi cair di suntikkan pada media tanam atau baglog dengan takaran 0,5gram.
Agar pertumbuhan miselium jamur kuping lebih cepat, sebaik baglog di inkubasi pada suhu ruangan 280°c – 330°c, tingkat kelmbapan mencapai 80%, serta penerangan yang cukup dengan mengunakan lampu 60 watt. Proses inkubasi dilakukan selama 4 – 8 minggu.

Perawatan Budidaya Jamur Kuping

Perawatan budidaya jamur kuping harus dilakukan sebaik mungkin. Hal ini guna menghindarkan baglog jamur dari gangguang serangga, kutu dan bakteri. Beberapa penyakit yang dapat menjangkit jamur kuping antara lain corpinus dan penicilium. Untuk membasmi hama yang menyerang baglog jamur kuping dapat menggunakan formalin dengan dosis 0,1%-0,2% dengan cara disemprotkan di sekitar area lingkungan ruangan.

Saat Jamur kuping tumbuh dengan baik dan tepi jamur sudah bergelombang,  itu adalah waktu panen Jamur Kuping dan umurnya 3-4 minggu saat pembentukan calon tubuh buah. Periode penanaman Jamur Kuping normal selama 5-6 bulan dan Jamur Kuping dapat dipanen sebanyak 4-6 kali. Cara panen jamur kuping dengan mencabut Jamur Kuping dengan akarnya. Akarnya harus  dicabut, agar tidak  mengganggu pertumbuhan generasi jamur berikutnya. Bila tertinggal, sebaiknya untuk segera mengeluarkannya dari dalam baglog.

Baca Juga: Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

Budidaya jamur kuping dapat dilakukan sendiri di rumah. Selain itu bahan baku yang digunakan untuk melakukan budidaya juga relative terjangkau. Sehingga tidak terlalu membutuhkan modal yang cukup besar. Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini, semoga ulasan diatas mampu menjadi referensa bagi Anda. Selamat mencoba.