Cara Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan Bagi Pemula

By | 19/01/2019

Cara ternak leleCara Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan Bagi Pemula. Peluang bisnis budidaya ikan lele adalah salah satu ladang bisnis yang memiliki prospek cukup menjanjikan. Pasalnya, kebutuhan ikan lele sangat tinggi dan budidaya ikan jenis air tawar ini tidak sulit untuk dilakukan. Proses pemeliharaannya juga tidak terlalu ribet seperti ikan air tawar lainnya. Selain itu untuk mendapatkan bibit ikan lele yang unggul juga cukup mudah.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis budidaya ikan lele, berikut ini adalah cara budidaya ikan lele yang menguntungkan.

Persiapkan Kolam

Hal paling utama yang patut Anda persiapkan sebelum melakukan budidaya ikan lele adalah menyiapkan kolam. Perhatikan ukuran kolam yang nantinya akan Anda buat. Ciri-ciri kolam yang tepat untuk budidaya ikan lele adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kolam tersebut memiliki kedalaman yang cukup. Apabila nantinya kolam sudah terpakai, nantinya kolam akan mengalami proses penguapan. Untuk itu Anda wajib menambahkan air. Tingkat kedalam kolam dibulan pertama mencapai 20cm, bulan kedua 40cm dan dibulan ketiga 80cm. Apabila air dalam kolam terlalu sedikit dan terlalu dangkal akan membuak kondisi air semakin panas dan ikan lele mudah mati.
  • Pastikan kolam tersebut memiliki ukuran yang lebar. Semakin lebar ukuran kolam, tentunya semakin memperlancar sirkulasi oksigen didalam air. Hal ini tentunya dapat menanggulangi tingkat kematian ikan lele yang tinggi.
  • Kolam yang siap dipakai untuk menebar bibit adalah kolam yang sudah ditumbuhi lumut dan fitoplankton. Mengapa demikian?. Karena kedua makhluk hidup ini dapat menetralkan kejernihan air. Usahakan untuk melakukan pengisian bibit setelah 2 minggu kolam terisi air.

Pemilihan Bibit unggul

ternak lele untuk pemulaBibit ikan lele yang unggul cenderung lebih gesit, agresif saat pemberian makan, berwarna sedikit lebih terang dan ukuran ikan lele sama. Pemilihan bibit ikan lele yang tepat nantinya juga akan berpengaruh pada hasil panen. Ikan lele yang memiliki ukuran yang besar, sehat dan bebas dari hama penyakit akan jauh memiliki nilai jual.

Pisahkan Ikan Lele Sesuai Ukurannya

Ikan lele juga dikenal sebagai ikan kanibal. Untuk menghindari angka kematian ikan lele, sebaiknya Anda sering melakukan pengecekkan. Pisahkan ikan lele sesuai dengan ukuran. Waktu sortir ikan lele umumnya ketika berumur 20 hari.

Proses Penebaran Bibit

Pada saat melakukan penebaran bibit, sebaiknya dilakukan pada pagi atau malam hari. Sebab ikan lele cenderung lebih tenang. Selain itu kesalahan fatal bagi pemula ternak ikan lele yaitu melepaskan bibit secara bersamaan. Sebaiknya hindari hal tersebut agar lbibit yang Anda sebar dapat tumbuh dengan baik. Gunakan ember untuk menebar benir. Berilah jeda selama kurang lebih 30 menit untuk menebar benih tahap kedua.

Baca Juga: 5 Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan Usaha Rumahan Anda

Pemberian Pakan

Untuk medapatkan hasil panen yang optimal, pilihlah pakan dengan kualitas yang baik. Anda dapat menggunakan pellet jenis centrat 781-1. Pellet jenis ini memiliki kandungan vitamin, protein, mineral, arbohidrat serta fosfor yang sangat baik bagi ikan.

Umumnya pemberian pakan dilakukan selama 3X sehari sekali yaitu pagi, sore dan malam. Hindari untuk memberikan pakan yang berlebih agar sisa pakan tidak mengendap pada kola. Apabila hal tersebut terjadi akan dapat mengakibatkan berbagai penyakita yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan lele Anda.

Selain beberapa tata cara budidaya ikan lele yang telah dijelaskan di atas, sebagai pemula dibutuhkan pula konsistensi, ketekukan dan ketelitian dalam proses pemeliharaan. Meskipun perawatan ikan lele cenderung lebih mudah, namun factor non teknis seperti cek kebersihan kolam hingga ketepatan waktu dalam pembirian pakan agaknya tak luput dari perhatian Anda. Semoga ulasan Cara Ternak Ikan Lele Yang Menguntungkan Bagi Pemula mampu bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.