Cara Budidaya Cacing Merah Yang Efektif dan Efisien

Budidaya Cacing MerahCara Budidaya Cacing Merah Yang Efektif dan Efisien. Jika mendengarkan nama cacing merah, mungkin bagi sebagian orang adalah binatang yang sedikit menjijikkan serta dianggap sebagai sumber parasite. Namun tahukah Anda jika hewan avetebrata ini mampu menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda apabila Anda serius menekuni bisnis budidaya cacing merah.

Cacing merah memiliki manfaat yang cukup besar antara lain, sebagai bahan pakan ternak, pembuatan kosmetik dan obat-obatan. Permintaan pasar yang cukup tinggi, menjadikan bisnis budidaya cacing ternak menjadi ladang basah bagi para pebisnis. Selain itu teknik pemasaran ternak ini juga cukup mudah. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya cacing merah, berikut adalah ulasan singkatnya.

Persiapan Media dan Tempat Bertelor Budidaya Cacing Merah

Kandang atau media yang digunakan untuk budidaya cacing merah sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan box kayu yang diisi dengan tanah humus dan ditambah dengan pupuk kompos. Untuk ukuran media dapat menyesuaikan dengan ruangan yang nantinya akan Anda gunakan. Selain itu usahakan lokasi budidaya cacing merah tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan pastikan tanah yang digunakan selalu dalam kondisi basah.

Mengingat pertumbuhan cacing merah sangat cepat lakukan penggantian media setiap 1 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memisahkan cacing induk dengan kokon (telur). Proses ini bertujuan agar kokon dapat menetas dengan sempurna. Sehingga perkembiakan cacing tidak terhambat.

Kriteria media untuk budidaya cacing merah :

  • Pastikan pH tanah pada posisi normal antara 5,5 – 7,5.
  • Tiap box usahakan tidak lebih dari 100 cacing agar tidak menghambar pertumbuhan cacing merah.
  • Gunakan tanah humus dan pupuk kompos . Karena habitat asli cacing merah adalah tanah humus.

Pakan Cacing Merah

Bahan pakan utama cacing merah yaitu bahan organic seperti kompos dan pupuk kandang. Perlu diperhatikan, pakan cacing merah harus benar-benar halus agar cacing mudah mencerna. Perbandingan penggunaan pakar dan juga berat cacing yaitu 1Kg : 1Kg. Berikut ini adalah cara membuat pakan untuk cacing merah:

  • Siapkan campuran 5lt air bersih, 1 botol EM14 dan 1/4kg gula pasir. Aduk hingga rata.
  • Setelah semua bahan tercampur rata, simpan dan tutup wadah ditempat yang memiliki pencahyaan minim selam 1 hari.
  • Buka tutup wadah, masukkan sayuran dan bahan kompos. Lalu percikkan cairan EM14. Lalu biarkan selama 2hari.
  • akan kompos siap digunakan.

Panen Cacing Merah

Masa panen cacing merah yaitu setiap 6 bulan sekali. Pada proses pemisahan antara cacing merah dan tanah Anda tidak perlu mengaduk-aduk tanah tersebut. Gunakan lampu neon dan dekatkan pada box agar cacing kelur dari tanah dengan sendirinya. Hal ini tentu saja disebabkan karena cacing tanah adalah hewan yang sensitive dengan cahaya.

Setelah semua cacing dapat dipanen, pindahkan kokon yang terdapat pada box ke media box yang baru agar dapat tumbuh dengan baik. Sisa tanah yang berada didalam box pasca panen, sebaiknya jangan dibuang. Sebab, tanah tersebut memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Maka itu sebaiknya Anda simpan didalam wadah khusus.

Optimalnya hasil panen cacing merah juga terletak pada tingkat stress dri hewan tersebut. Maka dari itu, hindarkan cacing dari paparan sinar. Usahakan ruangan yang digunakan benar-benar tertutup dan jauh dari sinar. Demikian ulasan singkat kami mengenai cara budidaya cacing merah. Semoga bermanfaat.