Cara Budidaya Belut Untuk Pemula Menggunakan Media Tanpa Lumpur

No ratings yet.

Cara Budidaya BelutCara Budidaya Belut Untuk Pemula Menggunakan Media Tanpa Lumpur. Belut merupakan salah satu jenis hewan air yang banyak dipilih oleh kalangan pebisnis untuk dibudidayakan. Keuntungan dari budidaya belut sangat menggiurkan. Sebab belut memiliki pangsa pasar yang sangat baik dan luas. Terlebih jika Anda mensuplai belut ke beberapa restoran atau rumah makan yang menyajikan belut sebagai menu utama, tentunya keuntungan pun akan semakin meningkat.

Teknik budidaya belut dulu dilakukan secara konvensional yaitu dengan media lumpur. Mengingat habitat asli belut adalah lumpur maka mayoritas peternak menggunakan media tersebut. Seiring dengan perkembangan jaman, budidaya belut kini mulai dikembangkan dengan menggunakan media air kolam tanpa lumpur. Keunggulan metode ini antara lain, proses panen belut lebih efisien, terhindar dari kanibalisme, kondisi kesehatan belut dapat dipantau dengan mudah. Apabila Anda ingin mencoba metode budidaya belut tanpa media lumpur, berikut adalah ulasan singkatnya.

Menyiapkan Tempat Budidaya

Cara Budidaya Belut Tanpa LumpurTempat untuk membudidayakan dengan media kolam tanpa lumpur sangat mudah dibuat. Namun hal utama yang perlu Anda persiapkan adalah jaring. Letakkan jaring pada dasar kolam. Usahakan bagian dinding dan lantai terbuat dari beton. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar belut tidak dapat menggali lubang. Sebab hewan air ini memiliki kebiasaan menggali lubang.

Setelah kolam selesai dibuat, pastikan air yang nantinya akan digunakan untuk mengisi kolam terjamin kebersihannya. Suhu air dalam kolam sebaiknya berkisar antara 26°c – 28°c. Untuk mendapatkan hasil ternak belut secara maksimal, sebaiknya Anda tidak meggunakan air PDAM karena mengandung kaporit yang sangat tinggi. Sebaiknya gunakan air sumur, karena air ini memiliki kandunga oksigen lebih banyak dari air PDAM.

Pemilihan Bibit Belut

Pemilihan bibit belut adalah factor utama yang wajib Anda perhatikan. Sebaiknya Anda benar-benar selektif dalam memilih bibit. Ciri-ciri bibit belut yang unggul yaitu kondisi belut tidak cacat, ukuran belut mencapai 10cm – 12cm, memiliki pergerakan yang lincah serta tekstur tubuh belut pada saat dipegang akan keras.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Penebaran Bibit Belut

Keunggulan dari budidaya belut dengan metode tanpa lumpur memiliki keunggulan tersendiri yaitu volume bibit belut yang nantinya akan disebar jauh lebih banyak. Perbandingan bibit belut dan kolam yang tepat yaitu 30kg bibit digunakan untuk kolam sebesar 1M X 1M.

Pemberian Pakan Belut

Perkembangan bibit belut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah pemberian pakan. Jenis pakan yang paling disukai oleh belut antara lain cacing merah, ikan cere, ikan cebong, anakan ikan mas, ulat hongkong, keong sawah.

Perlu Anda perhatikan dalam pemberian makan sebaiknya tidak berlebih namun teratur 3X sehari. Pemberian pakan berlebih dapat mempengaruhi kualitas air pada kolam sehingga belut lebih mudah terserang bakteri. Selain itu jika pakan terlalu sedikit, dikhawatirkan terjadinya kanibalisme pada belut dan pertumbuhan belut menjai terhambat.

Baca Juga: 5 Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan Usaha Rumahan Anda

Perawatan Belut

Perawatan belut tergolog sangat mudah. Cek secara berkala kualitas air di dalam kolam. Berikan pakan secara teratur. Lakukan penangan secara cepat jika Anda mendapati belut yang tidak sehat agar tidak menjangkit pada blut lainnya. Ciri belut yang kurang sehat yaitu belut hanya bergerak pada siang hari dan cenderung naik ke permukaan.
Perlu diingat belut adalah salah satu jenis hewan air yang mengeluarkan lender pada tuhunya yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri. Lendir yang krluar dari tubuh belut, mempengaruhi tingkat keasaman air. Maka dari itulah, pengecekan secara berkala kualitas air sangat penting. Jika hal demikian terjadi sebaik ganti air yang sudah keruh agar sirkulasi oksigen di dalam kolam tetap terjaga.

Kualitas belut akan mempengarui harga jual dari belut itu sendiri. Maka dari itu hal utama yang dibutuhkan dalam budidaya belut selain modal, Anda juga harus memiliki ketekunan dalam memilihara belut. Nah, semoga ulasan di atas mampu menjadi referensi bagi Anda yang ingin menekuni bisnis ini. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Please rate this