Cara Budidaya Anggrek Bulan Berdasarkan Media Tanam

Diposting pada

budidaya anggrek bulanCara Budidaya Anggrek Bulan Berdasarkan Media Tanam. Anggrek Bulan atau yang memiliki nama lain Butterfly Orchid, dikenal sebagai tanaman hias yang paling diminati di pasaran. Keindahan tanaman hias ini terletak pada kelopak bunga yang memiliki warna yang sangat cantik. Maka dari itu, tak khayal jika banyak sekali yang menggunakan anggrek bulan sebagai pilihan untuk mempercantik dekorasi ruangan.

Budidaya Anggrek Bulan dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat 2 media yang dapat digunakan untuk melakukan budidaya tanaman hias ini. Jika Anda berminat melakukan budidaya anggrek bulan sebagai hiasan rumah ataupun sebagai usaha sampingan, berikut ini adalah cara budidaya anggrek bulan yang praktis dan mudah untuk dipraktekkan, antara lain:

1. Budidaya Anggrek Bulan Dengan Media Pot

• Pilhlah jenis dan model pot yang nantinya akan Anda gunakan. Sebagai referensi, sebaiknya Anda menggunakan pot yang transparan agar dapat mengontrol pertumbuhan akan tanaman.
• Sebagai media tanam Anda dapat menggunakan arang, sabut kelapa, pecahan genteng ataupun serbuk kayu.
• Siapkan kawat untuk menggantung pot.
• Persiapkan bibit anggrek bulan. Untuk mendapatkan bibit tersebut, sebaiknya Anda membeli pada petani tanama hias. Umumnya bibit yang dijual memiliki tinggi 1cm dan pertumbuhan akan mencapai 2-3 helai.
• Setelah media tanam dan bibit siap, pindahkan bibit. Usahakan pada saat pemindahan akar anggrek bulan tidak cacat. Sebab jika akar rusak, maka tanaan tersebut tidak dapat tubuh dengan baik.
• Saat tanaman berusia 3 bulan, sebaiknya Anda melakukan proses rooting. Proses ini bertujaun untuk memindahkan tanaman pada pot yang lebih besar.

2. Budidaya Anggrek Bulan Dengan Media Tempel

Tanaman hias Anggrak Bulan merupakan tanaman yang memilki akar berjenis rambat. Anggrek Bulan juga disebut tanaman epirit karena memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dengan cara menempel pada tanaman lainnya. Maka dari itulah tanaman ini mampu tetap bertahan hidup hanya dengan menempel pada pohon.
Tanaman anggrek bulan diikat pada sebatang pohon. Lalu biarkan akar dari anggrek menempel kuat pada didinding pohon. Anggrek bulan tidak membutuhkan waktu yanhg lama untuk beradaptasi dengan pohan yang ditempelinya.

Baca Juga: Video Cara Membuat Arang Sekam Mudah Dan Hemat

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Bulan
Perawatan anggrek bulan terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Dengan perawatan yang tepat, tanaman tersebut akan dapat tmbuh dengan cepat serta menghasilkan bunga yang cantik.

Berikut ini adalah tata cara perawatan anggrek bulan.

• Pemupukan
Jenis pupuk yan tepat untuk tanaman anggrek bulan yaitu dekastar. Mengapa pupuk jenis ini?. Pupuk ini mampu merangsang dengan cepat pertumbuhan tunas dan cabang serta menyuurkan media tanam. Prioritaskan pemberian pupuk pada daun tanaman. Sebab 90% asupan nutrisi dari pupuk akan diserap pleh kutikula atau pembuluh daun dan 10% akan diserap oleh media yang merangsang pertumbuhan akar.

• Penyiraman
Penyiraman yang tepat yaitu menggunakan teknik spray. Hal ini disebabkan karena akar anggrek bulan akan membusuk apabila debit air yang masuk ke media tanam. Sebaiknya Anda menggunakan air dengan pH netral seperti air sumur agar tunas tanaman dapat cepat tumbuh. Waktu terbaik untuk melakukan proses penyiraman yaitu pagi dan sore hari.

Anggrek bulan merupakan jenis tanaman hias yang paling laku di pasaran. Memilik usaha budidaya anggrek bulan agaknya menjadi alternative pilihan usaha samping yang mudah dan modal yang cukup terjangkau. Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai tata cara budidaya anggrek bulan yang dapat Anda praktikan sendiri dengan mudah. Semoga artikel Cara Budidaya Anggrek Bulan Berdasarkan Media Tanam dapat bermanfaat bagi Anda.