Buah Untuk Penambah Darah Yang Efektif Mengatasi Anemia

Diposting pada

Buah Penambah DarahBuah Untuk Penambah Darah Yang Efektif Mengatasi Anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan hemoglobin. Jumlah kadar hemoglobin dalam darah yang normal adalah 13,5 – 18 gram/dl untuk laki-laki dan 12 – 16 gram/dl untuk perempuan. Ciri-ciri anemia yang biasa terasa adalah sakit kepala, badan mudah lelah,  wajah terlihat pucat, jantung berdebar-debar, rambut mudah rontok, kekebalan tubuh menurun dan sesak nafas. Menderita anemia tentunya sangat mengganggu kesehatan dan kenyamanan dan dapat menurunkan produktifitas kerja.

Untuk mengobati anemia dapat menggunakan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah untuk penambah darah. Berbagai jenis buah memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anemia, kurangnya asupan nutrisi jadi salah satu faktor yang membuat pembentuk sel darah merah berkurang. Faktor genetik, teralalu capek, stres, maupun akibat menderita suatu penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan sel darah merah. Anemia juga biasa terjadi pada wanita hamil atau wanita yang sedang mengalami menstruasi karena faktor hormonal.

Aneka Buah Untuk Penambah Darah yang Efektif Mencegah dan Mengatasi Anemia

Buah adalah sumber utama vitamin dan berbagai mineral penting yang diperlukan oleh tubuh yang merupakan zat pengatur. Vitamin dan mineral ini mempunyai peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja hormon dan enzim, serta berperan dalam pembentukan sel-sel dalam berbagai jaringan tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah. Beberapa macam buah untuk penambah darah antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Anggur

Buah anggur juga termasuk kedalam buah untuk penambah darah alami karena mempunyai kandungan nutrisi lengkap yang berperan penting dalam membentuk sel darah merah. Anggur memiliki zat penting antara lain zat besi, kalsium, mangan, fosfor, magnesium, natrium, seng, aklium, vitamin C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12 dan vitamin K. selain dikenal bekhasiat menyembuhkan anemia, buah anggur juga dikenal sebagai buah yang membantu mencegah penyakit jantung koroner,  mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi), mengatasi insomnia, menghambat sel kanker, mengatasi diabetes (kencing manis), menjaga kesegaran kulit dan mencegah osteoporosis.

2. Jambu Biji

Jambu biji sering dibuat sebagai bahan pembuat jus dan rasanya sangat enak. Ada jenis jambu biji yaitu jambu biji berwarna merah dan jambu biji berwarna putih. Jambu yang bagus untuk meningkatkan kadar sel darah merah adalah jambu biji yang dagingnya berwarna merah. Jambu biji ini kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, dan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin sehingga sangat bermanfaat sebagai buah untuk penambah darah. Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar trombosit sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita demam berdarah.

3. Mangga

Buah mangga adalah buah yang kaya akan serat. Kandungan yang terdapat di dalam buah mangga antara lain asam folat, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E, K, dan juga berbagai mineral penting seperti zat besi, magnesium, kalsium, tembaga, mangan, dan seng. pembentukan dan penyerapan sel darah merah dalam tubuh di bantu oleh unsur mineral dan vitamin dalam buah mangga sehingga buah ini sangat baik untuk mengatasi anemia.

4. Jeruk

Buah jeruk adalah buah untuk penambah darah karena mengandung nutrisi yang berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah seperti magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, fosfor, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan tentunya dikenal sebagai penghasil vitamin C dosis tinggi. Selain itu buah jeruk juga dikenal sebagai buah yang mengandung zat antioksidan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, selain dapat mengobati anemia, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, serta dapat menjaga kesegaran dan mempercantik kulit.

5. Strawberry

Buah yang populer di dunia karena aromanya yang khas dan warnanya yang merah terang. Strawberry juga berkhasiat untuk penambah darah. Strawberry  kaya akan zat besi, mangan, kalsium, vitamin C, A, B1, B2, B3, B6. E, dan Vitamin K. Stroberi juga mengandung zat antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Buah ini juga berkhasiat sebagai kaya serat, anti inflamasi dan untuk membantu menurunkan berat badan secara alami.

Baca Juga: Buah dan Sayur Untuk Kesehatan Serta Manfaatnya

6. Buah naga

Buah naga merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, dan berbagai mineral penting lainnya. Buah yang umumnya berwarna merah ini memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dari warnanya saja sudah terlihat merah seperti darah maka dapat dilihat bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah, dan dari hasil penelitian bahwa buah yang memiliki warna yang tegas mempunyai kandungan zat antioksidan yang tinggi.

7. Apel

Buah yang rasanya sangat enak ini merupakan buah untuk penambah darah. Bagi Anda yang menderita anemia, disarankan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin. Karena apel memiliki banyak kandungan nutrisi diantaranya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, zat besi, magnesium, kalium, natrium, kalsium, asam folat, seng, dan fosfor. Buah apel dikenal sebagai buah yang berkhasiat melancarkan pencernaan karena memiliki banyak mengandung serat dan untuk menjaga kesehatan organ jantung.

8. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh. Lemak ini adalah lemak baik yang dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Alpukat juga termasuk dalam buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, C, dan berbagai mineral penting lainnya. Alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sangat efektif untuk melancarkan pencernaan.

Anda dapat mengkonsumsi buah penambah darah di atas sesuai selera anda atau bisa juga dikombinasi dengan buah lainnya. Perpaduan atau kombinasi buah dapat Anda buat menjadi jus. Selain mengkonsumsi buah, untuk mengatasi anemia Anda harus beristirahat yang cukup dan jauhi begadang. Hindari juga kebiasaan mengkonsumsi rokok dan alkohol, serta jauhi stres. Dengan berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi air mineral yang cukup dapat melancarkan peredaran darah dan tubuh selalu terjaga kesehatannya. Jika gejala anemia yang Anda alami terus berlanjut, maka sebaiknya harus segera dikonsultasikan dengan dokter agar dapat dicari solusinya.
Sekian ulasan saya semoga bermanfat. Terima kasih.