Berbagai Obat Flu Alami Yang Manjur Dan Aman

Diposting pada

Obat Flu AlamiBerbagai Obat Flu Alami Yang Manjur Dan Aman – Cara Mengobati Flu Tanpa Obat Kimia. Menderita sakit flu pastilah sesuatu hal yang benar-benar mengganggu, karenanya sangat penting untuk mengetahui obat flu alami yang paling manjur untuk menyembuhkan penyakit flu anda. Penyakit flu atau dalam dunia medis disebut sebagai influenza adalah penyakit yang sangat sering diderita oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Penyakit flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae atau yang lazim disebut virus Influenza. Virus ini mempunyai banyak jenis varian yang terus bermutasi secara genetik, sehingga keberadaan virus ini tetap ada sampai sekarang. Bahkan seseorang yang telah divaksin influenza pun masih bisa terkena virus ini yang berasal dari varian yang berbeda.

Penyakit flu itu mudah menular dan pada umumnya menyerang pada sistem pernafasan bagian atas, sehingga menimbulkan gejala seperti batuk dan pilek. Dikarenakan jenis penyakit infeksi, maka penyakit flu ini biasa ditandai dengan munculnya demam disertai pusing/sakit kepala, nyeri otot, dan rasa tidak nyaman pada seluruh badan. Munculnya flu biasanya dipicu oleh banyak faktor, yang paling sering adalah faktor imunitas/kekebalan seseorang yang sedang menurun. Selain itu faktor cuacapun berpengaruh, kurangnya kebersihan personal dan lingkungan juga ikut berperan dalam penyebaran penyakit ini. Sebenarnya penyakit flu dapat sembuh sendiri tanpa mengkonsumsi obat-obatan khusus. Dengan cara meningkatkan sistem kekebalan penderita.

Berbagai Obat Flu Alami Yang Manjur Dan Aman

Penyakit flu bisa diobati dengan menggunakan obat alami. Obat alami ini bisa berupa jenis makanan atau minuman yang tersedia di alam tanpa menimbulkan efek samping. Obat flu yang alami pada prinsipnya ialah bekerja untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh penderita flu akan mampu memerangi virus influenza yang ada di dalam tubuhnya. Beberapa jenis obat flu alami antara lain sebagai berikut:

Minuman Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Selain dikenal sebagai obat flu, jahe pun dikenal jadi obat batuk yang alami. Jahe mengandung senyawa yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan juga sebagai antivirus alami yang sangat efektif untuk membasmi virus influenza. Jahe yang mempunyai rasa yang hangat campur pedas dan segar juga sangat baik untuk melegakan tenggorokan dan menghilangkan batuk. Cara mengolahnya pun cukup mudah, yaitu beberapa potong jahe yang sudah dibersihkan lalu ditumbuk kemudian dicampurkan ke dalam air yang hangat dan anda juga dapat  menambahkan satu sendok madu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Bawang putih

Bawang putih yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur ini juga merupakan obat flu alami yang sangat manjur. Bawang putih mengandung zat antibiotik alami sekaligus sebagai anti inflamasi sehingga sangat manjur untuk mengusir penyakit flu dari dalam tubuh Anda. Bawang putih juga dikenal mempunyai manfaat untuk memperlancar peredaran darah, sehingga distribusi nutrisi ke seluruh jaringan tubuh menjadi lebih lancar. Kondisi ini membuat sel-sel tubuh mempunyai kekuatan yang lebih prima untuk menangkal serangan flu.

Ramuan Kunyit

Obat flu alami berikutnya adalah ramuan kunyit. Kandungan Kunyit secara alami memiliki fungsi  untuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan sistem imunitas dan meningkatkan fungsi organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi. Jika mengkonsumsi ramuan kunyit ini, penderita penyakit flu akan terbantu untuk  sembuh dengan cepat . Cara membuatnya yaitu kunyit diparut kemudian diperas untuk diambil airnya. Campurkan air perasan kunyit tersebut dengan air hangat secukupnya kemudian diminum. Baca Juga: Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Makanan Yang Banyak Mengandung Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memacu kemampuan sel darah putih untuk melakukan perlawanan terhadap virus influenza. Maka dari itu vitamin C merupakan obat flu paling ampuh yang dapat Anda pilih. Makanan yang banyak mengandung vitamin C sebagian besar terdapat dalam buah-buhan, antara lain yaitu jeruk, tomat, buah kiwi, stroberi, jambu biji, pepaya, mangga, dan sebagainya.

Makanan Yang Banyak Mengandung Zink

Kandungan mineral seperti zink dan seng juga sangat penting untuk membentuk sistem pertahanan tubuh. Oleh karena itu makanan yang mengandung zink juga diperlukan sebagai obat flu alami. Makanan yang banyak mengandung zink antara lain kuning telur, kacang-kacangan, jamur, dan berbagai jenis makanan seafood.

Meningkatkan Konsumsi Cairan

Mengkonsumsi air putih walaupun kelihatannya sepele namun merupakan obat flu alami yang sangat baik. Air bermanfat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan metabolisme tubuh sekaligus menyediakan kebutuhan cairan bagi tubuh sehingga mencegah anda dari dehidrasi. Minumlah sedikitnya 8 gelas per hari, maka penyakit flu akan segera hilang dari tubuh Anda. Pada saat flu akan lebih baik jika air putih diminum dalam keadaan hangat. Baca Juga: Manfaat Air Untuk Kesehatan Tubuh

Terapi Uap

Cara alternatif lainnya untuk mengobati flu secara alami adalah dengan terapi uap, cara ini digunakan terutama untuk mengatasi pilek atau hidung tersumbat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menaruh air panas dalam suatu wadah, misalnya mangkuk atau baskom. Kemudian campurkan dengan minyak kayu putih atau ramuan jahe ke dalam air panas tersebut. Dekatkan muka Anda ke dalam wadah dan hirup uap yang dikeluarkan dari wadah berisi air panas tersebut. Dengan cara ini sumbatan dalam hidung Anda akibat penyakit flu akan segera sirna.

Tips Hidup Sehat Untuk Mengatasi Flu

Selain menggunakan obat flu alami seperti yang telah dijelaskan diatas, Anda juga perlu menerapkan beberapa tips untuk mempercepat kesembuhan seperti berikut:

Istirahat Yang Cukup

Saat anda mengalami flu, sangat disarankan untuk lebih banyak beristirahat. Karena dengan banyak beristirahat, akan menghindarkan tubuh dari kelelahan yang dapat memperparah sakitnya. Ciptakan pikiran yang tenang dan hindarilah tress agar fungsi semua jaringan tubuh dapat bekerja optimal.

Jaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Menjaga keberishan diri adalah satu hal yang penting untuk memutus mata rantai penularan flu sekaligus mencegah penyakit flu agar tidak berkembang lebih parah. Misalnya dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, membuang tisu yang dipakai untuk bersin di tempat sampah, dan jauhkan diri Anda dari debu-debu kotor.

Perhatikan Faktor Cuaca

Cuaca yang ekstrim dapat memicu timbulnya penyakit flu, seperti pada waktu musim penghujan yang dingin dan juga masa peralihan (pancaroba). Oleh karena itu Anda harus menjaga kondisi tubuh Anda ketika menghadapi cuaca yang kurang bersahabat tersebut. Disaat cuaca sangat dingin, Anda dapat menggunakan jaket dan kaos kaki supaya tubuh tidak drop sehingga dapat menangkal serangan flu. Baca Juga: 7 Tips Agar Tak Tertular Sakit di Musim Flu Batuk

Memakai Masker

Memakai masker salah satu cara untuk mencegah anda agar terhindar dari virus flu sekaligus pencegahan pada penderita flu agar tidak semakin parah. Menggunakan masker dapat mengurangi persentase terpapar virus lagi dari orang lain atau dari lingkungan yang telah  terkontaminasi.

Sekian ulasan saya semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.