Berbagai Manfaat Tomat, Si Merah yang Segar dan Menyehatkan

By | 22/12/2019

Berbagai Manfaat Tomat, Si Merah yang Segar dan Menyehatkan. Apakah Anda suka mengonsumsi tomat? Buah satu ini memang memiliki rasa yang segar apalagi jika dibuat menjadi jus. Banyak yang mengira tomat termasuk kategori sayuran, padahal tomat merupakan kelompok buah-buahan. Karena itu jugalah banyak yang menjadikan tomat sebagai salah satu bahan masakan, seperti untuk membuat sambal misalnya. Tidak hanya segar dan lezat, tidak diragukan lagi jika tomat memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Beragam manfaat tomat inilah yang membuat buah ini banyak digunakan baik untuk jus bahkan untuk kecantikan.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

4 Manfaat Tomat, untuk Kesehatan maupun Kecantikan

Buah tomat memiliki tampilan yang sangat cantik dengan warna buah merah segar, terkadang berwarna orange. Sudah umum diketahui jika tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya antioksidan, kandungan utama yang terdapat di dalam buah tomat yang juga sangat bermanfaat adalah lycopene. Kandungan inilah yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat tomat yang bagus untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

  1. Menjaga Kulit dari Kerusakan

Anda pasti tidak asing dengan masker tomat. Ya, manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari buah tomat ini adalah bisa membantu menjaga kulit dari kerusakan. Beberapa penelitian menunjukkan jika kandungan likopen dalam tomat mampu meningkatkan kemampuan kulitĀ  melindungi diri dari paparan sinar UV. Sehingga kulit tidak mudah terbakar atau rusak karena terkena paparan UV. Manfaat ini juga dihasilkan oleh kandungan Vitamin C yang banyak terdapat di dalam tomat.

Berbicara Vitamin C, kandungan yang banyak terdapat di dalam tomat ini juga berperan untuk merangsang produksi kolagen serta antioksidan dalam tubuh. Dua zat inilah yang bisa menjaga kulit dari paparan polusi dan asap, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kerutan halus. Dengan begitu kulit pun akan tampak lebih awet muda.

  1. Untuk Kesehatan Mata

Selain Vitamin C, di dalam buah tomat juga banyak mengandung Vitamin A. Karena itulah, manfaat tomat berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini akan meningkatkan produktivitas retina bahkan jika mata harus bekerja dalam kondisi kurang cahaya. Selain itu, kandungan beta karoten di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk membuat mata tetap sehat.

  1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti dan paling mematikan. Untuk mencegah penyakit ini, Anda bisa mengonsumsi tomat untuk mendapatkan manfaatnya. Tomat selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan, yang terdiri dari karotenoid, likopen, serta polifenol. Antioksidan tersebut akan mencegah kerusakan DNA di dalam sel yang diakibatkan karena paparan radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa di dalam tomat terdapat kandungan kalium dan likopen. Kandungan inilah yang memberikan manfaat tomat sebagai bahan untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Kalium dan likopen yang terdapat di dalam tomat efektif dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu, kandungan tersebut juga berfungsi menjaga irama jantung tetap stabil.

Baca Juga: Resep Pecel Lele Yang Nikmat

Tomat merupakan buah yang sangat digemari karena rasanya yang segar serta kandungan nutrisi yang besar di dalamnya. Seperti dalam penjelasan di atas, kandungan nutrisi dan berbagai zat di dalam tomat membuat tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai manfaat tomat tersebut baik bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan organ di dalam tubuh bahkan untuk kesehatan kulit. Karena itulah, jangan malas makan buah tomat mulai dari sekarang.