Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil

Diposting pada

Makanan Penyebab KeguguranBeberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil. Semua ibu pasti ingin anaknya lahir dengan kondisi yang sehat dan sempurna. Pada masa kehamilan sangat penting untuk menghindari makanan yang bisa menganggu kondisi kesehatan janin. Ada beberapa makanan penyebab keguguran yang harus dihindari agar janin selalu sehat. Para ibu hamil harus lebih selektif memilih menu makanan yang akan dikonsumsi agar nutrisi yang diperlukan janin dan ibu bisa terpenuhi.

Sayur dan buah memang memiliki mafaat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi ada juga beberapa jenis buah dan sayur yang ternyata bisa mengakibatkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Sangat disarankan untuk ibu hamil mengkonsumsi buah kurma, alpukat, manggis dan buah naga yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan janin. Sebaiknya juga tidak mengkonsumsi buah seperti nanas, pepaya muda dan durian, karena dapat memicu keguguran.

Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil :

Buah Nanas

Dari zaman dulu sepertinya Buah Nanas dihindari untuk dikonsumsi bagi para wanita hamil, bukan tanpa alasan buah nanas memang memiliki kandungan yang dapat memicu keguguran. Para ibu hamil wajib menghindari buah nanas muda atau yang sudah matang dan jenis olahannya seperti kue, cookies dan manisan dengan bahan nanas. Karena  dalam buah nanas terdapat kandungan enzim Protease Bromealin seperti senyawa yang sama dengan Papain dalam pepaya muda.

Kepiting

Bagi penggemar olahan seafood masakan dengan bahan kepiting sebaiknya tidak mengkonsumsi dulu pada saat hamil. Kepiting memang memiliki rasa yang lezat dan memiliki nutrisi yang tinggi untuk kesehatan. Tapi, untuk sementara para ibu hamil tidak mengkonsumsi  olahan kepiting karena bisa mengakibatkan ukuran rahim menyusut, perdarahan genital hingga keguguran kandungan.

Buah Delima

Buah delima termasuk makanan yang bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi secara berlebihan, karena kandungan dalam buah delima dalam jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan menyebabkan terjadinya kontraksi dan kram pada rahim. Jika mengalami kram yang lama bisa menjadi pemicu terjadinya keguguran, jadi sebaiknya tidak mengkonsumsi delima di masa #kehamilan.

Ikan

Ikan memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan karena kandungan protein dan vitamin didalmnya. Untuk trimester pertama sebaiknya tidak mengkonsumsi ikan secara berlebih, khususnya ikan dalam kemasan kaleng itu wajib dihindari karena mengandung pengawet yang bisa mempengaruhi tekanan darah pada ibu hamil. Anda juga harus selektif memilih ikan di pasar yang bisa saja hidup di air tercemar.

Baca Juga: 7 Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Dan Pintar

Pepaya Muda

Pepaya muda wajib anda hindari, khususnya bagi anda penggemar olahan seperti rujak atau manisan yang terbuat dari pepaya muda karena kandungan dalam pepaya muda sangat berbahaya bagi perkembangan embrio. Senyawa yang ada pada pepaya muda neresiko menjadi pemicu kontraksi kuat pada janin yang berpotensi keguguran.

Durian

Para ibu yang suka sekali pada durian,untuk sementara tidak mengkonsumsi buah ini saat hamil. Dalam durian terdapat asam arachidonat dan alkohol yang memicu pembentukan prostaglandin yang merangsang kontraksi dan berakibat fatal bagi janin. Kandungan alkohol menyebabkan kelahiran prematur dan juga bayi lahir dengan berat tubuh rendah dan menyebabkan keguguran.

Daging dan Telur

Pada saat masa kehamilan para ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi daging telur secara berlebih, apalagi jika daging dan telur dimasak setengah matang karena kandungan dalam daging dan telur yang tidak matang bisa mengganggu pada kesehatan janin, bahkan daging dan telur yang sudah matang juga sebaiknya dikonsumsi sedikit saja.

Keju

Bagi anda penggemar keju disarankan tidak mengkonsumsinya pada saat hamil. Kandungan dalam keju memang memiliki manfaat bagi kesehatan tapi anda harus menghindari  keju lembut yang dibuat dari susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dulu karena bisa menganggu kesehatan janin. Perlu lebih diperhatikan lagi saat anda membeli keju pastikan yang sudah dipasteurisasi.

Berbagai Penyebab Keguguran Selain Faktor Makanan

Pada masa kehamilan perhatikan nutrisi khususnya asam folat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Tidak hanya masalah makanan faktor dari luar juga harus dihindari agar kesehatan ibu dan janin aman. Hindari asap rokok dan berhenti merokok, minum alkohol dan  Hal-hal lain yang bisa jadi pemicu janin tidak berkembang dengan sehingga anda terhindar dari keguguran. Kurangi aktivitas fisik yang berlebihan seperti olahraga berat, cukup berjalan-jalan di daerah rumah anda. Memeriksa kandungan anda secara berskala ke dokter kandungan agar memastikan janin anda tidak mengalami gangguan dan berkembang sempurna.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

Demikianlah Beberapa Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil yang sebaiknya anda hindari saat hamil. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.