Kaya Khasiat, Inilah Beragam Manfaat Kol bagi Kesehatan

By | 02/12/2019

Kaya Khasiat, Inilah Beragam Manfaat Kol bagi Kesehatan. Hampir seluruh masyarakat Indonesia familiar dengan kol atau kubis. Sayuran ini banyak diolah menjadi berbagai sajian yang enak dan menggugah selera. Di balik kelezatannya, kol ternyata menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut aneka manfaat kol yang mungkin belum diketahui semua orang.

Manfaat Kol

7 Manfaat Kol bagi Kesehatan Tubuh

  1. Mengandung Zat untuk Mencegah Kanker

Sayur kol mengandung zat glukosinolat yang sangat tinggi. Zat ini telah dikenal sebagai antikarsinogenik yang berpotensi menghancurkan radikal bebas pemicu kanker di dalam tubuh. Selain itu, zat tersebut juga bisa mencegah munculnya tumor yang merupakan bibit kanker. Dengan mengkonsumsi kol secara rutin dengan porsi tepat, Anda bisa mencegah kanker usus, kanker paru-paru, kanker payudara, dan sebagainya.

  1. Mengandung Zat Anti Peradangan

Infeksi dan peradangan umum dialami banyak orang. Namun siapa sangka jika salah satu manfaat kol adalah mampu mengobati radang dan infeksi. Hal ini karena kol mengandung glutamin dan sulfur yang bersifat anti inflamasi. Kandungan ini bisa membantu meredakan nyeri sendi, nyeri otot, iritasi, dan lain-lain. Selain itu, kol berkhasiat juga dalam mengobati infeksi karena mampu melawan mikroba pemicu infeksi.

  1. Menurunkan Berat Badan dan Menjaga Metabolisme Pencernaan

Kol mengandung banyak serta dan kadar kalori yang rendah. Oleh karena itu kol sangat baik dalam proses penurunan berat badan. Kol juga mengandung mineral dan vitamin yang bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Kandungan serat tinggi sangat bagus untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kinerja pencernaan di dalam usus, sehingga detoksifikasi racun yang ada dalam makanan akan lebih maksimal.

Baca Juga: Cara Terbaik Untuk Menurunkan Berat Badan Menggunakan Oatmeal

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat kol lain yang perlu Anda ketahui adalah bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Sebagai sebuah organ yang vital, otak perlu berfungsi secara optimal agar aktivitas manusia tidak terganggu. Kol mengandung antosianin, yodium, serta vitamin K yang bisa meningkatkan kerja saraf dan menjaga konsentrasi. Dengan konsumsi kol secara tepat, Anda juga bisa mencegah terjadinya penyakit ingatan seperti demensia, Alzheimer, dan Parkinson.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang normal diperlukan organ tubuh agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sayur kol memiliki khasiat untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil, sehingga mencegah terjadinya hipertensi ataupun hipotensi. Kol mengandung antosianin yang melenturkan arteri agar tekanan darah bisa tetap seimbang.

  1. Merawat Kulit serta Wajah

Setiap orang tentu menginginkan kulit dan wajah yang cantik serta sehat. Manfaat kol yang mampu merawat kulit wajah dan tubuh secara alami, tentu bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang cantik. Berbagai zat bermanfaat yang dikandung kol seperti sulfur, antioksidan, antosianin, mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang harus dijaga karena fungsinya yang vital sebagai penyokong struktur tubuh, membuat tubuh bergerak, serta melindungi organ penting dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kol secara teratur dengan porsi tepat, Anda akan mendapatkan khasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Kol mengandung magnesium, kalsium, dan mineral lain yang bermanfaat bagi tulang serta mencegah osteoporosis sejak dini.

Itulah 7 manfaat kol yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun kaya beragam khasiat, penting juga membatasi konsumsi kol karena jika terlalu banyak diserap oleh tubuh bisa menimbulkan kembung dan sering buang gas. Konsumsi kol dengan porsi seimbang agar manfaatnya didapatkan tubuh secara maksimal.