7 Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Dan Pintar

Diposting pada

makanan ibu hamil7 Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Dan Pintar. Bagi para orangtua tentu ingin anak yang dilahirkannya sehat dan sempurna. Apalagi tumbuh kembang sang anak yang baik dan tentu saja sangat luar biasa jika anak terlahir cerdas. Kecerdasaan tidak hanya karena faktor anugerah Tuhan tapi kita sebagai orangtua khususnya ibu di masa kehamilannya menjaga makanan agar perkembangan otak bayi dalam janin sempurna.

Ada faktor makanan yang mendukung bagi ibu hamil agar anak cerdas dan pintar, berikut ini penjelasannya.

7 Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Dan Pintar

Ikan Salmon, Tuna, dan Makerel

Ada beberapa jenis ikan yang baik untuk perkembangan janin yaitu Ikan salmon, tuna dan mackerel. Perlu anda ketahui ikan salmon memiliki manfaat penting untuk perkembangan otak bayi, dimasa kehamilan konsumsilah ikan salmon karena memiliki kandungan asam omega 3 yang cukup tinggi. Jenis Ikan yang memiliki kandungan serupa yaitu ikan tuna dan makerel. Dengan mengkonsumsi ikan salmon atau tuna dan mackerel 2 kali dalam seminggu berpotensi melahirkan bayi dengan IQ yang lebih tinggi. Jangan lupa juga pilihlah ikan yang masih segar agar manfaatnya tidak berkurang.

Telur Ayam

Telur memang kaya akan kandungan gizi berupa asam amino yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otak bayi dan meningkatkan kemampuan daya ingatnya. Kandungan kolin dalam telur memberikan manfaat baik bagi ibu hamil. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi dua butir telur rebus setiap harinya. Selain asam amino dan kolin, telur memiliki kandungan penting lainnya yaitu protein dan zat besi yang berperan untuk meningkatkan bobot badan bayi ketika lahir dan meningkatkan IQ bayi.

Yoghurt

Selain memiliki manfaat baik untuk sistem pencernaan, Yoghurt memiliki manfaat baik bagi perkembangan otak bayi dalam janin. Dengan rutin mengkonsumsi yoghurt dapat meningkatkan tingkat IQ jabang bayi. Yoghurt memiliki kandungan protein dan kalsium yang diperlukan bagi ibu hamil. Konsumsilah yoghurt original secara rutin setiap harinya.

Sayur Bayam

Berikutnya makanan yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak yaitu sayur bayam. Bayam memiliki kandungan zat besi untuk melancarkan peredaran darah. Hal ini penting khususnya disaat ibu hamil, aliran darah ke otak harus lancar agar ibu dan bayi sehat. Untuk menngkatkan kecerdasan jabang bayi, aliran darah menuju otak harus lancar dan juga asupan oksigen ke otak cukup. Dengan rutin mengkonsumsi bayam maka kebutuhan zat besi akan tercukupi dan aliran darah juga lancar.

Baca Juga: 9 Jus Yang Baik Dan Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Blueberry

Buah blueberry masuk dalam jenis camilan sehat dan buah yang bisa dijadikan alternatif sebagai bahan makanan bagi ibu hamil untuk melahirkan anak cerdas. Tidak hanya blueberry, tomat dan kacang merah memiliki kandungan dan manfaat serupa dengan blueberry yaitu kandungan antioksidan untuk mencegah radikal bebas. Kandungan dalam buah blueberry juga mampu meningkatkan kecerdasan bayi. Konsumsi buah ini secara rutin semasa hamil dan rasakan manfaat baik bagi bayi anda.

Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang, tidak hanya itu vitamin D bermanfaat untuk membantu perkembangan otak bayi. Disarankan bagi Ibu hamil untuk  mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti keju, daging sapi, dan juga hati. Atau jika anda membeli suplemen vitamin D sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Suplemen Prenatal Dengan Asam Folik

Sekarang ini sudah banyak suplemen khusus ibu hamil tapi sebaiknya juga berhati-hati memilih suplemen saat hamil, misalnya suplemen prenatal dengan Asam folik berperan penting untuk kesehatan bayi karena kandungan gizi yang penting dalam pembentukan sel otak bayi dalam kandungan. Kandungan Asam folik ini bisa anda dapatkan dengan rutin setiap hari mengkonsumsi berbagai jenis sayuran hijau.

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Saat Trimester Kedua

Kesehatan ibu dan bayi lebih diutamakan, memperhatikan setiap nilai gizi yang masuk sangatlah penting agar janin terbentuk sempurna. Konsumsi makanan pendukung untuk meningkatkan IQ bayi seperti yang sudah dijelaskan diatas. Demikian beberapa jenis makanan untuk meningkatkan kecerdasan anak, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.