7 Cara Memutihkan Kuku dengan Jeruk Nipis

5/5 (1)

Cara memutihkan Kuku dengan Jeruk nipis7 Cara Memutihkan Kuku dengan Jeruk NipisTips Kecantikan – Tampilan kuku yang bersih dan putih tentunya akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Kuku yang bersih dan putih juga menunjukkan bahwa individu tersebut sehat dan tidak sedang mengalami penyakit. Perubahan warna pada kuku disebabkan adanya peningkatan pigmen yang disebabkan banyak hal. Untuk mengembalikan warna kuku menjadi lebih putih, Anda dapat menerapkan cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis. Cara alami ini dapat dilakukan dengan rutin.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat membuat kuku menjadi lebih segar dan terlihat lebih putih. Agar hasil lebih maksimal, jeruk nipis dapat dikombinasikan dengan bahan alami lain yang mudah didapatkan. Cara ini sangat mudah untuk diterapkan sebagai rutinitas merawat kuku.

Langkah dan Cara Memutihkan Kuku dengan Jeruk Nipis

Kuku yang menguning bisa disebabkan kebiasaan dan gaya hidup tidak sehat. Merokok merupakan salah satu penyebab kuku menjadi terlihat kusam dan tidak sedap dipandang. Jika dibiarkan hal tersebut akan semakin parah dan membuat kuku menjadi tidak sehat. Di bawah ini merupakan uraian bahan-bahan yang bisa digunakan bersamaan dengan jeruk nipis untuk membuat kuku tampak lebih putih.

1. Jeruk nipis saja

Penggunaan jeruk nipis saja sebagai cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis merupakan alternatif pertama. Jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang dapat berperan sebagai pemutih alami dan aman. Siapkan beberapa buah jeruk nipis dan bagi dua. Peras jeruk nipis dalam mangkuk sampai kira-kira dapat digunakan untuk merendam kuku. Jika sudah mencukupi, mulailah merendam kuku selama 10-15 menit. Setelah selesai, gosok kuku secara lembut menggunakan sikat kuku. Bilaslah kuku menggunakan air hangat sampai bersih dan keringkan dengan tisu atau handuk kering.

2. Jeruk nipis dan baking soda

cara memutihkan kuku dengan odol – Baking soda dapat meningkatkan sifat pemutih dari jeruk nipis. Selain itu, baking soda memiliki kemampuan untuk mengelupas kotoran pada kuku. Siapkan mangkuk kecil. Ambil 2,5 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campur bahan-bahan sampai rata. Proses pemutihan kuku menggunakan kapas dan tidak direndam karena dikhawatirkan paparan berlebihan dapat membuat kulit terkelupas. Celupkan kapas, lalu usapkan pada kuku tangan atau kaki. Diamkan terlebih dulu, setidaknya 3-4 menit. Bilas dengan air bersih dan keringkan. Cara ini dapat diterapkan setiap minggu sampai muncul perubahan signifikan pada kuku.

Kombinasi jeruk nipis dan baking soda dapat ditambah dengan bahan lain, yaitu hidrogen peroksida. Pada campuran sebelumnya, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan hidrogen peroksida. Cara penerapannya sama. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan baking soda dan hidrogen peroksida akan membuat kuku lebih cepat untuk putih dan mengkilap.

3. Jeruk nipis dan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membuat kuku menjadi lebih putih terutama jika dikombinasikan dengan jeruk nipis. Caranya adalah siapkan 1,5 sendok makan dan 1 sendok teh air jeruk nipis. Campur sampai membentuk pasta. Oleskan pada kuku dan gosok dengan perlahan menggunakan sikat kuku. Diamkan campuran tersebut selama 5 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk kering. Cara ini dapat dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan minyak zaitun ini dapat ditambah baking soda. Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan baking soda ke dalam campuran sebelumnya.

4. Jeruk nipis dan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida merupakan senyawa yang dapat bekerja sebagai pemutih. Meskipun bukan bahan alami, hidrogen peroksida tetap aman jika digunakan dalam jumlah yang terbatas. Gunakan hidrogen peroksida dengan kadar sebesar 3%. Campurkan 3 sendok hidrogen peroksidan dalam 1 gelas air (sekitar 180 ml). Selanjutnya campurkan air jeruk nipis dan aduk sampai melarut sempurna. Rendamlah kuku dalam campuran tersebut selama 2 menit. Segera bilas air jika sudah selesai. Lakukan cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan hidrogen peroksida ini seminggu sekali selama satu bulan.

Baca juga: Inilah 10 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh untuk Memutihkan Kuku Anda

5. Jeruk nipis dan minyak pohon teh

Kombinasi antara minyak pohon teh dan jeruk nipis berfungsi meningkatkan kecerahan kuku pada tangan atau kaki. Minyak pohon teh dapat menurunkan bakteri yang ada di kuku. Selain itu, minyak pohon teh juga bisa menjadi pemutih alami bersama dengan jeruk nipis. Gunakan beberapa tetes minyak pohon teh. Campurkan dengan air jeruk nipis dalam perbandingan jumlah yang sama. Oleskan ke kuku menggunakan jari atau kapas. Diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan sehari 2 kali setiap hari sampai muncul perubahan. Agar proses pemutihan dapat berlangsung lebih cepat, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam campuran tersebut.

6. Jeruk nipis dan kulit jeruk

Limbah kulit buah sering kali diabaikan dan langsung dibuang. Padahal kulit buah masih memiliki kandungan yang tinggi. Salah satunya adalah kulit jeruk. Kulit jeruk dapat dikombinasikan dengan jeruk nipis sebagai pemutih kuku. Keduanya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membuat kuku menjadi lebih terlihat sehat dan segar. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan kulit jeruk dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Terdapat 2 cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah meneteskan air jeruk nipis ke kulit jeruk yang masih basah. Selanjutnya kulit jeruk tersebut digosokkan ke kuku tangan dan kaki. Lakukan sehari 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis kedua adalah menggunakan kulit jeruk kering. Kulit jeruk kering tersebut selanjutnya ditumbuk. Campurkan bubuk tersebut dengan air jeruk nipis sampai membentuk pasta. Oleskan pada kuku tangan atau kaki dan diamkan selama 10 menit. Gosok dengan lembut lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan seminggu 3-4 kali sampai terlihat perubahan yang signifikan pada warna kuku.

7. Jeruk nipis dan cuka apel

Cuka apel terkenal sebagai tambahan makanan. Untuk kecantikan, cuka apel dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Di sisi lain, cuka apel dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kuku. Cuka apel mengandung asam asetat dan asam malat yang dapat berpengaruh terhadap warna kuku. Selain itu, cuka apel memiliki fungsi membunuh jamur di kuku dan dapat memperkuat kuku. Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis dan cuka apel adalah mencampurkan air hangat dengan ½ cangkir cuka apel yang telah diteteskan air jeruk nipis. Rendam kuku dalam campuran selama lebih kurang 20 menit. Anda tidak perlu membilasnya, cukup keringkan dengan lembut. Cara ini dapat diterapkan sehari sampai 3 kali selama satu bulan.

Cara memutihkan kuku dengan jeruk nipis yang dikombinasikan dengan bahan lain telah terbukti dan dapat memberikan efek pada kuku. Jangan lupa untuk melakukan secara rutin. Selain itu, kurangi kebiasaan yang dapat membuat kuku berubah warna.

Facebook Comments

Please rate this