7 Bahan Alami Untuk Mengobati Diabetes

By | 11/12/2019

7 Bahan Alami Untuk Mengobati Diabetes. Untuk menyembuhkan penyebab diabetes yang dialaminya tidak sedikit orang yang menggunakan obat obatan secara medis. Tetapi beberapa orang yang lainnya lebih memilih untuk mengkonsumsi obat obat tradisional untuk menyembuhkan diabetesnya. Sebenarnya ada banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes yang dapat membantu untuk menurunkan kadar glukosa darah. Mengkonsumsi obat obat tradisional ini memang dipercaya dapat menyembuhkan diabetes mellitus meski memang membutuhkan waktu dan ketekunan.

Lalu obat tradisional apa saja yang dapat mengobati diabetes? Berikut dibawah ini beberapa obat tradisional untuk diabetes diantaranya yaitu :

1. Brotowali
Dari tanaman brotowall ini kamu bisa memanfaatkan batangnya untuk mengobati diabetes. Tanaman ini merupakan salah satunya yang dapat dijadikan obat diabetes, dimana tanaman ini dapat menstabilkan kembali kadar gula dalam darah. Rasa yang dimiliki tanaman ini sangat pahit tetapi sifatnya itu dapat menyejukan. Adanya sebuah penelitian yang menemukan jika air dari esktrak batang brotowali ini memiliki efek hipoglikemik yaitu sebagai obat untuk menurunkan kadar gula didalam darah.

2. Daun Sambiloto
Diabetes juga bisa diobati dengan memanfaatkan daun sambiloto. Daun yang memiliki rasa pahit ini dipercaya ampuh dapat mengobati berbagai penyakit dan salah satunya adalah diabetes. Pasalnya didalam daun sambiloto ini terkandung flavonoid yang akan memproduksi insulin.

3. Daun Salam
Biasanya daun salam ini digunakan sebagai bahan masak rempah rempah seperti untuk resep lontong. Penggunaan daun salam didalam masakan ini akan membuat masakan tersebut terasa lebih nikmat. Sedangkan di dunia medis, daun salam ini juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Cara memanfaatkan daun salam untuk mengobati diabetes ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu meminum rebusan air daun salam, maka nantunya akan berkurangnya diabetes dan bahkan bisa sembuh.

4. Gingseng
Gingseng juga dipercaya ampuh dapat mengobati berbagai penyakit, dan salah satunya dapat mengobati diabetes. Dengan mengkonsumsi gingseng secara teratur maka akan dapat membantu untuk menstabilkan kadar glukosa darah dalam tubuh dan juga dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

5. Mahkota Dewa
Sudah sejak lama tanaman mahkota dewa juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes. Pasalnya kandungan yang ada didalam tanaman ini dapat mengurangi gejala gejala yang tidak membuat nyaman penderita diabetes. Selain itu juga mahkota dewa memiliki sifat anti radang sehingga bisa diracik untuk mengobati diabetes.

6. Pare
Pare ini merupakan sejenis sayuran yang memiliki cita rasa yang khas, dan bahkan salah satu ciri dari pare ini adalah rasanya yang pahit. Pare ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan saja, tetapi juga memiliki kelebihan dapat mengurangi kadar glukosa darah. Fakta ilmiah dari pare ini adalah memiliki zat yang berperan aktif, karena akan menurunnya glukosa didalam tubuh. Misalnya saja penghambatan peradangan dan sifatnya dingin. Pare juga mengandung charantin dan polipeptida yang dapat merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan insulin.

7. Lidah Buaya
Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya maka akan dapat membantu memperbaiki kadar glukosa darah sehingga tanaman ini bermanfaat untuk mengobati diabetes. Pasalnya lidah buaya ini dapat membantu untuk menurunkan lemak darah pada pasien dengan tingkat molekul abnormal ataupun diabetes tipe 2.

Baca Juga: Cara Mencerahkan Wajah Dengan Lidah Buaya

Selain itu masih ada obat tradisional lainnya untuk diabetes yaitu dengan memanfaatkan jahe dari Australia atau Buderim Ginger. Dimana tanaman ini dapat meningkatkan pengembalian glukosa ke sel otot tanpa harus menggunakan insulin.