6 Penyebab Gusi Gatal Dan Solusinya

Diposting pada
Sakit Gigi
Gusi Gatal

6 Penyebab Gusi Gatal Dan Solusinya. Masalah pada gusi pasti pernah anda rasakan. Tidak hanya kulit yang bisa terasa gatal, gusi juga bisa terasa gatal. Masalah gusi gatal bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Jika anda mengalami gusi gatal, sebaiknya tidak menyepelekannya karena bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius. Anda perlu mengetahui penyebab dari gusi gatal. Berikut informasinya untuk anda, kenapa gigi sering gatal

Hal-hal Yang Menyebabkan Gusi Gatal

Gusi Terluka

Mengalami luka pada gusi tentu secara tidak sengaja terjadi. Jika terjadi luka pada gusi biasanya menyebabkan rasa nyeri dan gatal. Hal tersebut terjadi bisa disebabkan karena cidera fisik, contohnya, saat anda menggosok gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi usang atau yang berbulu kasar sehingga melukai gusi.

Kebiasaan menggetarkan gigi atau dalam isitilah kedokteran disebut bruxism, lama-kelamaan dapat melukai gusi. Selain karena cidera fisik, penyebab gusi gatal juga mungkin bisa disebabkan karena terjadi iritasi karena sering menggunakan rokok elektrik atau vape.

Kebersihan Mulut Dan Gigi Yang Buruk

Jika anda jarang gosok gigi dapat menyebabkan gusi terasa gatal. Karena sisa-sisa makanan yang menyelip disela-sela gigi yang bercampur dengan liur dan bakteri dalam mulut berubah menjadi plak. Lama-kelamaan plak gigi yang menempel dan menumpuk pada gigi dapat menimbulkan penyakit gusi. Gejala penumpukan plak menyebabkan menurunnya  sensitivitas gusi, terjadinya perdarahan saat menyikat gigi, dan gusi terasa gatal.

Reaksi Alergi

Tidak sedikit masyarakat yang memiliki alergi jika mengonsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, membuat gusi menjadi lebih sensitif dan hal tersebut dapat menyebabkan gusi terasa gatal. Bahkan sebagian masyarakat ada yang mengalami alergi musiman seperti rhinitis alergi yang bisa menyebabkan gusi jadi gatal.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon lebih sering terjadi pada wanita, misalnya pada saat hamil, masuk masa pubertas, menstruasi, dan menopause. Perubahan hormon tersebut bisa membuat mulut dan gusi gatal. Perubahan hormon juga menyebabkan  rasa sakit, bertambahnya sensitivitas dan yidak jarang menyebabkan pendarahan pada mulut.

Mulut kering

Sistem kerja mulut biasanya dapat mengatur kelembaban alami secara sendiri. Tapi, kondisi medis atau ketika menggunakan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut tidak mampu menghasilkan air liur yang berfungsi untuk menjaga gusi dan kelembaban lidah. Hal tersebut dapat menyebabkan mulut terasa kering, dan membuat gusi terasa gatal.

Gingivitis atau radang gusi

Jika jarang membersihkan gigi dan tidak menjaga kebersihan mulut, tidak jarang menyebabkan peradangan gusi. Hal tersebut terjadi karena bakteri yang menumpuk menjadikan plak di gigi dan itu bisa terasa menyakitkan. Plak yang menumpuk mengakibatkan gusi gatal, membengkak, merah, dan berdarah. Hal itu bisa membuat gigi anda lama-kelamaan membusuk dan  gusi juga jadi lebih sensitif. Ini disebut juga dengan gingivitis.

Baca Juga: Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Jika anda mengalami infeksi, jangan dibiarkan. Segeralah berkonsultasi ke dokter gigi, lebih cepat memeriksa kondisi gusi anda agar tidak terjadi kerusakan dan menyebar. Makanya secara kedokteran, disarankan setidaknya 6 bulan sekali periksa gigi. Jika anda membiarkan infeksi tersebut bisa menyebabkan peradangan, gusi berdarah, dan lebih berbahaya jika membiar gingivitis bisa menyebabkan abses yaitu infeksi yang mengakibatkan penggumpalan nanah. Abses dapat menyebabkan rasa sakit berdenyut, juga menyebabkan bau mulut kronis dan merusak jaringan lunak serta tulang yang mendukung gigi. Gigi bisa goyah akibat infeksi ini, sehingga perlu dicabut.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Gusi Yang Gatal ?

Masalah gigi dan gusi harus dikonsultasikan pada dokter gigi untuk mengetahui apa penyebab pasti dari keluhan gusi gatal.  Dokter dapat menyarankan beberapa pengobatan dan perawatan sederhana terkait dengan masalah Anda. Seperti,

Menggunakan obat antihistamin. Jika gusi gatal disebabkan oleh alergi, biasanya dokter akan memberikan obat resep antihistamin untuk menghentikan gejala gatal yang berlebih.

Menghilangkan plak di gigi. Jika gusi terasa gatal, hal itu disebabkan oleh penumpukan plak, untuk menghentikannya anda diwajibkan untuk membuang plak berlebih pada gigi Anda menggunakan alat khusus. Pasalnya, tidak mungkin dengan menyikat gigi saja bisa menghilangkan penumpukan plak ini.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Berkumur air garam. Siapkan segelas air hangat dan tambahkan satu sendok garamdan aduk merata. Kemudian, kumur dengan lembut di seluruh rongga mulut, lalu buang air kumurnya. Lakukanlah selama beberapa kali untuk meredakan gatal dan iritasi pada gusi.

Kompres es batu. Es batu yang digunakan harus dari air yang matang. Caranya sangat mudah, cukup tempelkan atau kulum es batu di gusi yang gatal.

6 Penyebab Gusi Gatal Dan Solusinya

Itulah beberapa informasi penyebab gusi gatal dan solusi. Semoga bermafaat bagi anda.