6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih Bersinar

Manfaat Timun
Manfaat Timun

6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih BersinarTimun yang biasanya dijadikan sebagai lalapan memiliki manfaat baik untuk kecantikan. Bahan lalapan yang memiliki warna hijau segar ini mudah didapatkan dan harganya juga murah. Bagi para wanita yang mendambakan kulit bersih bersinar bisa anda manfaatkan timun ini sebagai bahan kecantikan anda. Mau tau apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan? Berikut ini penjelasan

6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih Bersinar

1. Timun Mampu Mengencangkan Pori-pori Wajah

Manfaat pertama dari timun adalah mengencangkan pori-pori wajah. Kandungan dalam timun membuat pori-pori menjadi lebih kecil dan kencang. Dengan pori-pori seperti itu maka akan mengurangi tumpukan debu yang menempel di kulit wajah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan menyiapkan timun segar yang sudah dicuci bersih, lalu iris menjadi beberapa bagian, setelah itu tempelkan pada wajah dan biarkan hingga air dalam timun tersebut habis terserap oleh kulit.

2. Untuk Menyembuhkan Jerawat

Jerawat memang sering membuat wajah terlihat kusam dan seringkali membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Jangan langsung menggunakan obat dengan bahan kimia, cobalah tips ini. Anda bisa menggunakan timun dan bahan lainnya untuk menyembuhkan jerawat. Cara membuatnya, siapkan timun segar yang sudah dicuci bersih, kemudian timun dipotong dan ditumbuk halus. Bahan lainnya yaitu putih telur, perasan lemon, tomat yang dihancurkan, dan gel lidah buaya. Semua bahan tersebut aduk sampai tercampur merata.

Bersihkan wajah terlebih dulu dan oleskan obat alami tersebut ke wajah yang berjerawat, biarkan selama 30 menit lalu bilas. Anda bisa melakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu. Baca Juga: 8 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

3. Timun Dapat Merawat Kulit Yang Terbakar Matahari

Bagi anda yang banyak melakukan aktifitas diluar dan sering terkena terik matahari. Sering mengalami kulit tubuh khususnya dibagian wajah dan tangan terlihat seperti terbakar matahari, bisa memanfaatkan timun untuk mengatasinya. Kandungan dalam timun bisa mengobati iritasi di kulit karena terbakar matahari. Saat timun mengenai kulit, langsung terasa efek yang menyegarkan.

Cara membuatnya bisa dengan dua cara. Pertama, Iris timun menjadi beberapa potong dengan bentuk lingkaran kemudian tempelkan saja potongan timun tersebut ke seluruh bagian wajah yang iritasi. Cara yang kedua dengan membuat masker timun. Timun yang bersih iris menjadi lebih kecil, lalu tumbuk secara perlahan. Oleskan masker timun tersebut ke bagian wajah yang iritasi. Saat melakukan perawatan ini jangan dilakukan untuk kulit dengan luka terbuka.

4. Manfaat Timun Untuk Wajah Berminyak

Manfaat lain dari timun ini, dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. jika wajah memproduksi minyak berlebih, berpotensi menjadi penyebab jerawat dan tentu kurang enak dipandang. Timun dapat anda gunakan untuk mengurangi minyak di wajah. cara membuatnya sama seperti yang sudah dijelaskan diatas. Bisa langsung atau dijadikan masker wajah. dengan rutin melakukan perawatan ini produksi minyak diwajah akan semakin berkurang. Baca juga Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah Berminyak

5. Manfaat Timun Untuk Mata Panda

Tidak sedikit orang mengalami mata panda atau lingkaran hitam di mata. Hal tersebut terjadi saat  kurang istirahat atau menangis semalaman. Untuk mengatasinya cukup dengan menggunakan irisan  timun yang dapat mengurangi lingkaran hitam ini.terdapat kandungan zat penting seperti silika maupun antioksidan dalam timun yang bisa meremajakan kulit.

Selain itu, zat ini juga akan membuat kulit terasa sangat halus. Dengan rutin menggunakan timun dan ditempelkan di mata bisa menghilangkan lingkaran hitam secara efektif. Cukup dengan dua potong bentuk lingkaran dan langsung tenpelkan ke mata dan biarkan 30 menit.

6. Timun Bisa Mengurangi Flek Atau Bintik Hitam

Flek atau bintik hitam yang terjadi karena penuaan dini atau sinar matahari, bisa dihilangkan secara bertahap dengan menggunakan timun. Caranya, kita siapkan dulu timun segar yang sudah dicuci, setelah itu parut timun sampai cukup halus kemudian campurkan dengan sedikit air bersih atau air mawar. Oleskan tonik tersebut ke seluruh bagian wajah yang memiliki bintik-bintik hitam maupun flek. Untuk hasil maksimal lakukanperawatan ini 2 sampai 3 kali seminggu untuk wajah terlihat jauh lebih bersih. Baca juga: Cara Alami Yang Ampuh Mengangkat Sel Kulit Mati

6 Manfaat Timun Untuk Wajah Bersih Bersinar

Memanfaatkan bahan alami seperti timun sangat bermanfaat dan tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Itulah beberapa manfaat timun yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat bagi pembaca.