6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat Asam Jawa
Manfaat Asam Jawa

6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan. Asam jawa satu dari tanaman herbal yang sudah dikenal sejak lama akan manfaatnya. Akan tetapi masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari asam ini untuk kesehatan tubuh. Bahasa latin dari asam jawa yaitu Tamarindus indica.

Asam jawa biasa digunakan sebagai bahan  bumbu masakan, kaya akan manfaat yang baik utuk menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh.  Hal ini dikarenakan asam Jawa mengandung beberapa beberapa kandungan dan zat yang baik. Berikut ini ulasan @MasPenulis:

6 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

  1. Mengobati penyakit eksim

Eksim termasuk jenis penyakit kulit menular. Biasanya orang yang terkena eksim akan merasa gatal-gatal, kulit menjadi kemerahan, dan menyebabkan jaringan kulit melepuh dan bernanah. Anak-anak lebih rentan terkena penyakit ini. Tapi jika terkena eksim, anda bisa menggunakan asam jawa untuk mengatasinya.

Caranya cukup mudah, siapkan 5 atau lebih asam jawa lalu tumbuk sampai halus, kemudian oleskan tumbukan tersebut pada kulit yang terkena eksim. Gunakan setiap hari sampai sembuh.

  1. Mengobati batuk kering

Manfaat lainnya yaitu bisa digunakan untuk mengobati batuk kering. Batuk kering bisa dialami oleh siapa saja. Walapun bukan penyakit berbahaya tapi cukup menganggu aktifitas anda. Biasanya batuk ini disertai rasa gatal serta perih pada tenggorokan. Cara membuat obat untuk batuk kering dengan bahan asam Jawa juga cukup simpel, menggunakan bahan tambahan yaitu daun saga.

Caranya,  siapkan 3 buah asam Jawa dan satu genggam daun saga, kemudian dua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air dan biarkan hingga yang tersisa hanya 2 gelas air setelah itu saring, dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari secara teratur hingga anda sembuh.

  1. Mengatasi nyeri haid

Para wanita yang sedang datang bulan tak jarang mengalami nyeri atau kram perut. Biasanya saat mengalami hal tersebut, mereka mengompresnya dengan menggunakan air hangat. Ternyata  manfaat lainnya dari asam jawa dapat membantu mengatasi nyeri haid.

Cara pembuatan ramuan obatnya cukup simpel, siapkan satu genggam asam Jawa  dan kunyit seukuran kelingking jari saja. Lalu, tumbuk kedua bahan tersebut tidak perlu halus kemudian rebus dengan segelas air. Setelah air tersebut mendidih saringlah dan minum air rebusan tersebut. Jika ingin mencegah nyeri dan kram bisa meminumnya satu minggu sebelum haid.

  1. Mengobati Disentri

Disentri adalah penyakit umum yang terjadi pada siapa saja. Biasanya gejala disentri yaitu feses yang disertai darah serta lendir. Penyebab disentri karena bakteri dan amoeba yang masuk tak sengaja melalui makanan yang kita kosumsi.

Untuk mengatasi disentri, siapkan asam Jawa, kunyit dan juga temulawak secukupnya. Setelah itu tumbuklah ketiga bahan tersebut hingga cukup halus,  lalu seduh dengan menggunakan air panas. Aduk hingga rata dan saring airnya. Untuk memberikan rasa manis, anda bisa menambahkan madu sesuai selera. Minum ramuan ini secara teratur hingga disentri yang Anda derita sembuh.

  1. Mengobati Penyakit Campak

Campak sering dialami oleh anak-anak tapi tidak jarang orang dewasa juga mengalaminya. Campak adalah penyakit pada kulit yang disebabkan oleh virus. Anda bisa mencoba menggunakan obat alami  untuk mengobati penyakit ini. Tidak hanya daging dari asam jawa saja yang memiliki manfaat yang banyak, daun asam jawa juga memiliki khasiat yang berguna untuk asma.

Cara membuat obat alami untuk asma yang kita gunakan yaitu 3 gelas daun asam jawa, garam, gula aren dan 3 iris rimpang kunyit. Cuci hingga bersih bahan-bahan tersebut lalu rebus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, lalu  saring airnya. Minum obat rebusan tersebut 2 kali sehari.

  1. Mengobati jerawat

Asam jawa juga mampu untuk mengobati jerawat. Tapi untuk membuatnya kita membutuhkan bahan-bahan lainya. Siapkan asam jawa, 12 lembar daun sambiloto, kencue, daun jinta, temulawak, dan adas. Tumbuk ketiga bahan tersebut hingga halus dan rebus dengan 3 gelas air. Setelah mendidih biarkan hingga hangat kuku lalu minum. Minumlah 2 kali sehari. Cara lain mengobati jerawat: 8 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Itulah 6 Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Asam Jawa. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.