6 Macam Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alamimu!

Diposting pada

Jenis Diet Sehat6 Macam Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alamimu!Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk dan berat badan yang ideal. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, anda bisa melakukan program diet yang sehat. Memang di zaman sekarang ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, tapi kebanyakan diet yang memiliki resiko dan efek samping karena menggunakan obat-obat berbahan kimia. Sebaiknya pilihlah diet alami yang aman bagi tubuh. Mungkin anda masih bingung cara diet seperti apa yang cocok untuk anda. Ada beberapa diet alami dan sehat yang bisa anda coba terapkan.

6 Macam Jenis Diet, Pilih Cara Diet Sehat Alamimu!

  1. Diet Paleo

Diet Paleo adalah salah satu diet sehat yang bisa anda coba. Untuk melakukan diet paleo, anda hanya boleh mengkonsumsi makanan-makanan alami tanpa tambahan bumbu seperti garam atau gula. Makanan diet paleo yaitu, sayuran, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, minyak nabati dan biji-bijian. Dan untuk makanan yang harus dihindari yaitu gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan atau minuman olahan. Kebanyakan orang yang melakukan diet ini cepat bosan karena makanan terasa hambar. Dan mewajibkan makanan yang serba organic yang harganya juga cukup mahal.

  1. Diet 5:2

Maksud dari Diet ini adalah perbandingan 5 hari makan dan 2 hari puasa.  Selama 5 hari makanan yang diperbolehkan yaitu sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan daging tanpa lemak. 2 hari puasa tanpa asupan makanan minuman. Tapi jika selama dua hari tanpa makanan dan minum, beresiko menyebabkan pusing, dehidrasi, bau mulut, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, dan susah tidur.  Memang menurut para ahli, diet ini dapat mengurangi resiko penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan demensia, menurunkan resiko kanker payudara meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Diet Atkins

Dengan cara diet ini kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan sedikit lemak. Intinya saat anda merasa lapar, tubuh secara otomatis akan membakar lemak yang ada dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Gejala seperti lemas sering terjadi diawal diet karena belum terbiasa, minum air putih akan membantu proses diet atkins.

  1. Diet Dukan

Diet ini hanya memperbolehkan anda mengonsumsi makanan rendah lemak, rendah karbohidrat, serta tinggi protein. Diet ini sengaja dirancang agar kamu tidak mudah merasa lapar. Anda boleh memilih berbagai jenis makanan yang penting makanan yang dikonsumsi termasuk dalam kategori dari 28 sumber nabati dan 72 sumber hewani yang berbeda. Pilih yang mengandung kaya akan protein tinggi. Mengkonsumsi beberapa jenis makanan tapi dalam jumlah yang sedikit.

  1. Diet Mayo

Diet ini diterbitkan mulai cukup terkenal karena sudah teruji  secara klinis.  Diet ini hanya perlu mengubah kebiasaan dari makanan yang tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat.

Memprioritaskan mengkonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang lebih banyak daripada makanan yang berlemak tinggi. Serta asupan susu, karbohidrat, serta daging dan makanan manis yang perlu dibatasi tiap harinya. Jika anda menjalankan diet mayo disarankan  untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

  1. Diet 2000 kalori

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori itu penting. Memperhatikan dan jangan sampai kalori yang dikonsumsi melebihi kebutuhan tubuhmu. Kebutuhan 2.000 kalori per hari itu cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Untuk melakukan diet 2000 kalori bisa anda lakukan seperti contoh dibawah ini:

  • Sarapan

Untuk sarapan anda bisa mengkonsumsi Sereal dan kismis dengan tambahan susu bebas lemak sebagai pelengkap atau selembar roti terbuat dari gandum utuh yang diolesi margarin dan makan satu buah pisang. Bisa juga sarapan Oatmeal yang ditaburi kismis dan dimasak dengan margarin dan minumnya itu Jus jeruk atau susu bebas lemak. Baca selengkapnya: Daftar Menu Diet Sehat Sehari-hari

  • Makan siang

Di jam makan siang anda bisa mengkonsumsi Roti sandwich yang terbuat dari biji-bijian utuh diisi saus mustard, ayam, tumis jamur, dan selada dan sebagai tambahan anda bisa menyantap 200 gr kentang rebus.

  • Makan malam

Untuk makan malam anda boleh makan satu mangkuk kecil nasi merah dengan capcay tahu dan sayuran hijau dan minumnya secangkir teh lemon hangat tanpa tambahan gula.

Jika anda merasa lapar  dan tidak tahan ingin membeli camilan, sebaiknya belilah yoghurt rendah lemak dengan tambahan potongan buah.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Alami.

Itulah beberapa cara diet yang bisa anda terapkan, dengan membiasakan diri tidak mengkonsumsi camilan yang tidak sehat dapat mempercepat pembakaran lemak. Perhatikan apa saja makanan yang sehat dan tidak mengandung banyak lemak. Dan untuk melakukan diet diatas pilihlah yang sesuai dengan anda dan jangan terlalu memaksakan diri agar terhindar dari sakit. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba.