5 Wisata Air di Bandung Populer yang Eksotis dan Menarik

5 Wisata Air di Bandung Populer yang Eksotis dan Menarik. Wisata air di Bandung memiliki panorama yang menarik untuk dijelajahi, sehingga selalu ramai di waktu liburan maupun akhir pekan. Salah satu kota di Jawa Barat ini menyediakan banyak pilihan tempat rekreasi keluarga ataupun acara kantor. Pada akhir pekan atau libur, anda bisa berkunjung ke beberapa tempat liburan berikut ini.

  1. Green Kenyot Cikahuripan

Sebuah anak sungai besar Citarum yang ada di Kecamatan Saguling, Bandung Barat berubah menjadi tempat wisata yang sangat digemari wisatawan. Dua tebing indah yang terletak di kanan kiri Sungai Cikahuripan menyerupai Green Canyon. Sehingga muncul istilah Green Kenyot Cikahuripan.  Meskipun aliran sungai tidak terlalu deras, anda harus tetap hati-hati.

cikahuripan lembang bandung

Dalam anak sungai sekitar 4 meter. Keamanan bermain air yang segar bisa dengan menyewa pelampung, terutama bagi pengunjung yang tidak terlalu mahir berenang. Melepas penat dengan menjelajahi pemandangan dari bebatuan cantik dan aliran sungai jernih adalah aktivitas yang perlu diagendakan.

Akses menuju lokasi tidak serta merta bisa ditempuh menggunakan kendaraan. Wisatawan harus rela berjalan kaki dari pintu masuk ke objek wisata sejauh 1 kilometer. Green Kanyot Cikahuripan termasuk tempat liburan yang masih baru, sehingga fasilitas umum yang tersedia masih kurang memadai. Tetapi, pengelola tentu saja akan segera membangunnya.

  1. Situ Cileunca

Situ Cileunca, wisata air di Bandung yang berlokasi 45 kilometer dari Kota Bandung yaitu di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Waktu tempuh yang diperlukan sekitar 2 jam sampai 2,5 jam. Pengunjung akan mudah menemukannya karena sudah masuk dalam kawasan objek wisata.

situ cileunca bandung

 

Wisatawan akan disuguhi danau buatan yang indah, sumber airnya dialirkan dari Sungai Cileunca. Menjelajahi dengan menyewa perahu yang disediakan sepuasnya sangat ampuh untuk mengusir rasa penat. Ada fasilitas arum jeram yang bisa masuk dalam rangkaian outbond.

Baca Juga: Wisata Keluarga di Bandung Yang Seru

Suasana alam yang bisa dibilang masih asri dengan deretan bukit dan pepohonan membuat udaranya masih terasa sejuk dan dingin. Pengunjung dapat memanfaatkan camping ground untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dengan aktivitas berkemah. Lokasinya terletak di sisi-sisi danau.

Untuk memasuki Situ Cileunca, pengunjung dikenakan biaya parkir 2.500 sampai 3.000 rupiah saja. jika ingin masuk kebun buah, harus membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Jenis buah yang bisa dilihat dan dinikmati adalah stroberi dan arbei yang hanya tumbuh subur di dataran tinggi.  Anda juga bisa membawanya sebagai buah tangan dengan harga 25.000 sampai 30.000 per kilogram.

  1. Taman Lembah Dewata

Lembang Bandung memiliki objek wisata yang banyak menarik pengunjung, salah satunya yaitu Taman Lembah Dewata. Berlokasi di kawasan wisata Ganesha H Equestrian. Jalan Raya Tangkuban perahu tepatnya KM 37. Rute menuju lokasi sebenarnya tidaklah sulit, jika anda kurang yakin, bisa menggunakan map untuk panduan.

Taman Lembah Dewata

 

 

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan dengan panorama alam khas Lembang yang berupa pegunungan dan pepohonan hijau. Udara yang cenderung dingin dan jalan yang tentu saja berkelok-kelok khas dataran tinggi. Jadi, pastikan membawa baju hangat. Anda akan menemui pedagang susu perah sapi maupun kuda juga.

Kegiatan yang dilakukan pengunjung biasanya berfoto sepuasnya dengan background pemandangan alam yang cantik. Selain itu, anda bisa mencoba berjalan-jalan di sebuah taman rumput, berkeliling menggunakan perahu seperti halnya wisata air di Bandung lainnya, ataupun mencoba berkuda. Tiket masuk pengunjung sebesar 10 ribu rupiah saja per orang.

Apabila ingin menginap, tersedia banyak villa yang menawarkan fasilitas beragam. Banyak pasangan yang sengaja datang untuk melakukan foto prawedding.

  1. Sanghyang Heuleut

Berdasarkan mitos yang beredar, Sanghyang Heulut disebutkan sebagai tempat pemandian para bidadari yang turun ke bumi. Pengunjung dapat menikmati kesegaran airnya dengan berenang dan berfoto bersama. Pengelola tidak menetapkan tarif masuk sama sekali alias gratis. Jarak tempuh dari pusat Bandung Barat ke Cipatat (lokasi wisata) sekitar 1,5 jam.

Danau purba sanghyang heuleut

 

Detail lokasinya adalah Rajamandala Kulon dengan patokan PLTA Saguling di Kecamatan Cipatat. Meskipun belum pernah menuju lokasi, anda tidak perlu khawatir tersesat karena sudah ada teknologi digital dan warga sekitar yang bisa menjadi tempat untuk bertanya arah. Apabila anda menggunakan kendaraan bermotor bisa memilih rute Jalan Raya Bandung – Ciganjur.

Setelah memasuki kawasan Waduk Saguling, maka bisa dikatakan objek wisata sudah dekat. Danau purba yang sudah banyak diposting keindahannya di media sosial ini memang mempunyai air yang jernih dan pemandangan alam yang eksotis. Ditambah tebing tinggi berbatu yang sangat menarik. Fenomena alam yang terbentuk dari kubangan air besar.

Tidak hanya Sanghyang Heulut saja, anda juga bisa sekalian melanjutkan penjelajahan ke Sanghyang Poek & Sanghyang Tikoro yang menyimpan keindahan alam dan misteri uniknya.

  1. Sendang Geulis Kahuripan

Wisata air di Bandung berupa danau dengan air yang super jernih lainnya yaitu Sendang Geulis, letaknya ada di Cikalong Wetan, Bandung Barat. Selain ingin menikmati kesegaran air danau bersama rombongan, pengunjung juga banyak mengabadikan momen pemandangan indahnya dengan mengambil banyak foto.

Sendang Geulis Kahuripan

Kawasan rekreasi ini bisa dikatakan serba guna karena sumber air yang mengalir juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk keperluan hidup. Arti kata Sendang Geulis Kahuripan menurut salah satu sumber media online adalah Pegunungan yang memberi kehidupan. Sebutan tersebut sebanding dengan fungsi mata airnya.

Anda bisa menemukan ketenangan di sini, meskipun luas kolam tidak terlalu luas, pengunjung yang datang masih belum seramai objek rekreasi Lembang lainnya karena tergolong masih baru. Jadi, bisa puas mandi dan berendam. Konon katanya, air jernih yang ada di kolam Sendang Geulis mempunyai banyak khasiat terutama untuk kulit.

Baca juga: Wisata Alam di Bandung Yang Super Cantik

Keunikan lainnya yaitu air dari sumber alami ini tetap aman meskipun terminum. Pemandangan alam lain yang masih ada dalam satu lokasi yaitu curug (air terjun) yang tidak mempunyai debit air besar sehingga aman untuk lokasi berfoto. Meskipun dikatakan sebagai tempat rekreasi yang baru dibuka, tetapi fasilitas umumnya sudah sangat memadai.

Di dalam kawasan ada banyak warung yang berjualan aneka menu kuliner sehingga pengunjung bisa langsung mengisi perut yang lapar setelah berenang. Harga yang ditawarkan juga bersahabat dengan kantong. Ada pula tempat untuk istirahat setelah berkeliling area wisata berupa saung. Di sini anda bisa bercengkrama dengan keluarga.

Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar tempat wisata, fasilitas standard lainnya seperti tempat ganti pakaian, musholla, dan toilet juga sudah disediakan.

Kelima wisata air di Bandung tersebut bisa menjadi referensi terbaik untuk anda yang ingin mengisi liburan selama beberapa hari di kota kembang Bandung. Jenis objek wisata alam yang bersentuhan dengan air memang banyak terdapat di Lembang, Bandung Barat. Pastikan membawa pakaian yang sesuai karena suhu di lokasi cenderung dingin.