5 Rutinitas Sederhana Untuk Memulai Hidup Sehat

Diposting pada
Pola Hidup Sehat
Pola Hidup Sehat

5 Rutinitas Sederhana Untuk Memulai Hidup Sehat. Tidak ada satupun orang yang menginginkan sakit. Selain biaya pengobatan yang mahal, waktu juga akan banyak terbuang. Jika anda sakit, apalagi sakit parah tentu akan sangat melelahkan untuk menjalaninya.

Pergi ke rumah sakit menemui dokter secara rutin untuk pengobatan tentu anda tidak menginginkannya. Jika ingin memiliki badan yang sehat ada yang harus dilakukan untuk mencapainya. Dengan Menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Belajarlah melakukan yang baik untuk menjaga kesehatan anda. Lakukan rutinitas yang menunjang gaya hidup sehat. Tidak sulit dilakukan jika anda memang berniat untuk selalu sehat. Lalu apa saja yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan? Berikut penjelasannya.

5 Rutinitas Sederhana Untuk Memulai Hidup Sehat

Untuk memulai hidup sehat, perhatikan setiap asupan makanan yang masuk serta menjaga kebersihan tubuh. Dua hal tersebut harus anda terapkan sebagai gaya hidup anda setiap hari. Hal tersebut tentu akan memperkecil resiko anda terkena penyakit berbahaya seperti Jantung, Kanker, Stroke, paru-paru dan penyakit bahaya lainnya. Sampai saat ini penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu.

Bahkan setiap tahunnya bertambah. Jika ingin terhindar dari penyakit tersebut mulailah ubah pola makan dan gaya hidup anda. Dan berikut ini ada beberapa rutinitas yang bisa anda lakukan untuk memulai hidup sehat.

1. RUTIN OLAHRAGA

Usahakan untuk bangun pagi dan berolahraga. Jika anda ingin tubuh yang sehat, rajinlah berolahraga. Lakukan saja olahraga ringan seperti lari atau bersepeda keliling daerah rumah anda.Hal ini penting dilakukan untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Berjalan kaki dapat mencegah osteoporosis (tulang keropos), menjaga berat badan tetap normal, mencegah demensia, membentuk dan memperkuat kaki, membentuk bahu yang, mengurangi depresi, menjaga ikatan sosial jika berjalan kaki bersama teman atau kerabat.

Sama halnya dengan bersepeda yang dapat cepat membakar kalori atau lemak berlebih, mempertegas otot di pantat, paha, betis, telapak dan gelandangan kaki, meningkatkan suasana hati yang diperoleh dari kepuasan tersendiri, mencegah penyakit jantung, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta meningkatkan stamina dan mencegah berbagai penyakit. Baca Juga Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

2. KONSUMSI BUAH SETIAP HARI

Buah-buahan memiliki banyak Kandungan vitamin dan serat dan bermanfaat sanagt besar untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Konsumsilah buah seperti pisang, jeruk, apel, anggur, pepaya, semangka, kiwi, anggur, melon, mangga, buah naga, dan yang lainnya. Pastikan mencuci buah-buah tersebut sebelum anda konsumsi. Rasakan manfaat yang baik setelah anda mengonsumsinya.

3. MINUM AIR PUTIH SECUKUPNYA

Tahukah anda cairan dalam tubuh ada berapa persen? Ternyata ada Lebih dari 70% cairan dalam tubuh kita. Jika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi itu akan berpengaruh pada kondisi kesehatan seperti menurunnya tingkat konsentrasi. Dan masih ada masalah lain yang terjadi jika anda dehidrasi yaitu infeksi kandung kemih, kulit kusam, dan menjadi sering lupa.

Minumlah air putih secara rutin 8-10 gelas perhari akan membuat aktifitas anda dapat berjalan dengan normal. Bangun pada pagi hari lalu minum air biasa atau hangat sangat baik untuk memulai aktifitas anda. Lebih baik minum air putih jika anda benar-benar haus, kurangi minuman ber-ion, soda, dll. Baca Juga: Manfaat Air Untuk Kesehatan Tubuh.

4. JANGAN TIDUR TERLALU MALAM

Tidak sedikit masyarakat yang memiliki kebiasaan begadang. Ini salah satu gaya hidup yang kurang sehat. Jangan membiasakan diri tidur terlalu malam apalagi hingga shubuh masih beraktifitas. Sesibuk-sibuknya anda usahakan tidur tidak terlalu malam karena akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Hal yang sering terjadi ketika anda begadang yaitu tubuh akan merasa lemas dan juga kurang bergairah.

Dan ketika anda beraktifitas pada keesokan harinya tidak dapat bekerja secara maksimal. Tubuh yang sehat adalah hal yang paling penting karena jika anda sakit tentu akan menganggu aktifitas anda. Pada saat tidur tubuh akan memproduksi sel hormon kortisol, membuat kita bugar kembali. Begadang juga tidak baik bagi para wanita masalah yang bisa terjadi jika begadang misalnya gangguan pada kesuburan wanita, kecantikan kulit, serta bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di bawah mata dan kulit menjadi kusam.

5. PERBANYAK KONSUMSI SAYUR HIJAU

Sayur-sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk anda. Misalnya Bayam, kangkung, sawi, timun, seledri, daun singkong, paria (pare), bok choy (sendok sup), dan buncis. Sayuran hijau mampu mencegah inflamasi, lalu dapat memperkuat daya tahan tubuh dengan kandungan vitaminnya dan kaya serat membantu sistem pencernaan.

Serta manfaat lain dari sayuran hijau sebagai anti diabetes tingkat 2, bahkan anti kanker. Pilihlah sayuran hijau organik yang bisa anda beli di supermarket atau tanam sendiri dengan budidaya hidroponik. Tanpa menggunakan pestisida, pupuk sintetis, rekayasa genetik, antibiotik, hormon pertumbuhan, bahan pengawet dan pewarna sayuran akan lebih sehat.

Selain lebih sehat dikonsumsi, Sayuran organik juga mengurangi polusi pestisi dan bahan kimia lain di bumi. Pastikan untuk mecuci sayuran sampai bersih sebelum Anda mengolahnya. Perhatikan juga cara mengolahnya, jangan merebus sayur terlalu lama karena akan merusak nutrisinya.

Jangan dimasak ulang sayur yang sudah diolah, khusus sayur bayam karena kandungan besi di dalamnya bisa menjadi racun. Lalu, tidak boleh disimpan terlalu lama di lemari es karena dapat menambah kadar nitrit. Jika dikonsumsi maka akan mengakibatkan orang mengonsumsinya kekurangan oksigen.

Untuk para penderita asma dan asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi bayam, karena terdapat kandungan purin yang tinggi. Juga untuk penderita hipertensi dan asam urat hindari mengonsumsi daun singkong dan kangkung.

Demikian 5 rutinitas yang bisa anda lakukan untuk selalu hidup sehat.