5 Rekomendasi Objek Wisata Alam di Bandung Jawa Barat yang Super Cantik

By | Juli 23, 2019

5 Rekomendasi Objek Wisata Alam di Bandung Jawa Barat yang Super Cantik. Wisata alam di Bandung memang tidak pernah mati gaya, mempunyai ciri khas tanah Pasundan yang elok dan mulai diperhatikan banyak orang.  Apabila anda bepergian bersama anak-anak, perlu memilih tempat liburan dengan fasilitas yang memadai. Berikut ini rekomendasi destinasi objek wisata wajib dikunjungi.

  1. Tahura Ir. H. Djuanda Bandung

Tahura atau Taman Hutan Raya berada di sebuah kampung yang bernama Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenya. Harga tiket masuk yang dibebankan kepada pengunjung berbeda antara wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Tahura Bandung

Menurut salah satu website online menyebutkan kisaran harganya hanya 11 ribu rupiah untuk wisatawan domestik. Dan 76 ribu rupiah untuk turis asing. Hal ini memang banyak diberlakukan di beberapa tempat kunjungan liburan di Indonesia dengan pertimbangan tertentu. Terbilang cukup murah untuk berlibur bersama.

Keindahan alam yang ditawarkan Tahura yaitu taman seluas 600 hektar mulai dari Maribaya Lembang sampai Dago Pakar. Wisatawan bisa memilih gerbang masuk melalui Dago Pakar untuk melihat penangkaran satwa seperti rusa tutul. Ada sebuah goa yang dinamai Goa Jepang & Goa Belanda. Dalam petunjuk arah akan menampilkan jarak tempuh yang berbeda.

Baca juga: wisata keluarga di Bandung

Seperti namanya, kedua goa tersebut merupakan peninggalan zaman penjajahan yang didirikan tahun 1924 dan 1918. Kekuatan kaki sangat dibutuhkan karena pengunjung harus berjalan, tetapi akses jalannya sudah cukup baik. Keindahan alam selanjutnya yaitu berupa air terjun atau sering disebut curug.

Curug Maribaya bisa dicapai dengan menempuh jarak 5 sampai 6 km, akses yang lebih dekat bisa melalui pintu masuk Maribaya. Tinggi air terjun sekitar 30 meter yang merupakan pertemuan Sungai Cigulung & Sungai Cikawari.

  1. Tebing Instagram

Wisata alam di Bandung memang banyak dijadikan sebagai lokasi untuk mendapatkan foto yang instagramable. Tebing keraton yang keindahannya sudah banyak diposting di media sosial mendapat julukan ‘Tebing Instagram’. Keindahan alam Kota Bandung sangat mempesona, terlihat dari tebing yang mempunyai ketinggian mencapai 1.200 meter.

tebing kraton di Bandung

 

Lokasi wisata alam ini masih berdekatan dengan Tahura yaitu di Desa Ciburial, Cimenyan. Jadi, anda bisa memilihnya sebagai tempat tujuan selanjutnya setelah menikmati Taman Hutan Raya Djuanda. Harga tiketnya tidaklah berbeda, 11 ribu untuk pengunjung lokal dan 76 ribu untuk turis mancanegara. Masyarakat mulai mengenalnya sejak 2014.

Bukit tinggi yang cukup terjal ini berada di depan Tahura dan mempunyai pemandangan cantik dari Gunung Tangkuban Perahu. Biasanya banyak yang datang untuk menyaksikan matahari terbit ataupun matahari tenggelam. Anda sebaiknya tidak membawa serta anak-anak kecil.

  1. Kebun Binatang Bandung

Tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama si kecil yaitu Kebun Binatang Bandung. Selain berwisata, anak-anak juga bisa mengenal banyak binatang, seperti liburan sambil belajar. Pengunjung yang datang cukup ramai terutama saat hari libur tiba. Objek liburan keluarga ini dulunya bernama Bandung Zoology Park yang sudah ada sejak 1930.

kebun binatang di Bandung

Luas kawasan kebun binatang mencapai 13.6 hektar dan 213 fauna ada di tempat ini. Sekitar 134 satwa, tidak masuk dalam kategori dilindungi dan 79 jenis sisanya berstatus dilindungi. Lokasinya berdampingan dengan kampus universitas besar yaitu Institut Teknologi Bandung dan Sungai Cikapundung.

Wahana rekreasi yang ditawarkan tidak hanya sebatas berinteraksi dengan binatang saja, anak-anak bisa mencoba bermain sepeda air maupun bebek kayu, melihat tingkah lucu monyet yang berkeliaran, dan naik ke punggung unta atau gajah. Sementara para orang tua bisa menikmati udara yang sejuk dari pohon-pohon rindang yang ada di sekitarnya.

Biaya masuk setiap pengunjung hanya 20 ribu rupiah saja untuk hari libur, dan 15 ribu rupiah untuk hari-hari biasa. letak Kebun Binatang Bandung ada di Jalan Kebun Binatang No 6, Tamansari.

  1. Hutan Kota – Babakan Siliwangi

Hutan kota sering menjadi tempat wisata yang ekonomis bagi anak muda maupun keluarga. Di beberapa kota tidak dikenakan biaya dan dibuka 24 jam penuh. Bandung memiliki Babakan Siliwangi sebagai salah satu rekomendasi wisata taman kota. bisa dibilang sebagai rekreasi alternatif yang legendaris.

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Irvan Manalu (@manalu_margaku) on

Ketika zaman penjajahan Belanda, tempat ini lebih populer dengan sebutan Lebak Gede. Luas lokasinya mencapai 3,8 hektar dengan ciri khas alami Sungai Cikapundung. Dalam sejarahnya, Babakan Siliwangi harus melewati proses panjang & rumit sampai 27 September 2011 untuk memperjuangkan status hutan kota dunia.

Wisatawan bisa dengan leluasa melihat lebih dekat habitat satwa dan ekosistem yang beranekaragam. Jika anda beruntung, sering diadakan berbagai acara seperti lomba kesenian. Fungsi lainnya yaitu menjadi spot jogging yang difavoritkan masyarakat Bandung.

Tanpa membayar sepeser pun, pengunjung bisa sepuasnya menggunakan fasilitas umum yang tersedia seperti forest walk. Tempat yang cantik untuk mengambil beberapa foto dan sekaligus menjadi jalur khusus yang menarik untuk menjelajah di sekitar kawasan hutan. Alamat lengkapnya yaitu Lb. Siliwangi Coblong tepatnya di Jalan Siliwangi No 7.

  1. Arum Jeram Sungai Cikapundung

Sungai Cikapundung mempunyai arus yang cukup deras dan menantang, tidak heran jika banyak orang penasaran untuk mencoba berarum jeram bersama dalam rangka melepas penat. Sepanjang aliran sungai, pengunjung bisa memanjakan mata dengan keindahan alam. Anda bisa mengunjunginya bersama beberapa teman untuk seru-seruan.

arum jeram sungai cikapundung

Permainan river board tidaklah berbeda dari umumnya, akan disediakan sebuah papan dengan desain perorangan dari bahan karet dan membiarkannya mengikuti arus sungai, melewati empat track dengan jarak total 4 kilometer yang bermula dari Kampung Padi menuju pintu air Sasana Budaya Ganesha PDAM di Jalan Siliwangi.

Wisata alam di Bandung yang satu ini masuk dalam arum jeram alami, bukan buatan. Sehingga anda bisa melihat pohon-pohon rindang, banyak ditemui Pohon Loa. Mengenai kebersihan sungai, terbilang minim sampah karena letaknya jauh dari permukiman.

Harga yang harus dibayarkan setiap orang sebesar 125 ribu rupiah. Fasilitas yang akan didapatkan yaitu perlengkapan arum jeram seperti helm, pelampung, dan pendamping untuk keselamatan. Sementara itu, pihak penyedia juga memberi minuman hangat & makanan ringan secara gratis ketika sudah memasuki garis akhir.

Anda bisa memasukkan lima tempat yang sudah disebutkan di atas ke dalam daftar tempat kunjungan Wisata alam di Bandung. Meskipun mempunyai keindahan yang mempesona, tidak semuanya bisa dikunjungi bersama anak-anak karena medan yang cukup berbahaya.

Namun, objek rekreasi yang ada di Bandung tidak hanya sebatas itu saja. Jelajahi lebih banyak ke daerah-daerah lainnya. Dari 5 tempat tersebut, kebun binatang dan taman kota bisa menjadi liburan alternatif bersama keluarga. Sementara arum jeram bisa dilakukan bersama teman ataupun saudara dengan umur yang sudah dewasa.

Tempat wisata yang baik untuk anak-anak perlu dipilih lebih selektif oleh orang tua. Cari informasi tentang fasilitas, kondisi jalan di area wisata, tempat rekreasi mempunyai unsur edukasi atau tidak, dan sebagainya.