5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Sakit Gigi
Sakit Gigi

5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi. Sakit gigi adalah masalah umum yang terjadi pada semua masyarakat. Baik dari anak-anak hingga dewasa. Tahukah kamu sakit gigi terjadi dikarenakan adanya gangguan pada bagian akar gigi, gusi dan gigi yang berlubang, gigi kuning, gusi bengkak, keropos, gigi berdarah dan bau akibat gigi berlubang. Itu akan sangat berpengaruh pada anda, akan mengurangi rasa percaya diri saat berbicara pada orang lain.

5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Sakit Gigi

Penyebab dari sakit gigi juga beragam. Pola makan yang tidak sehat berpengaruh besar pada kerusakan gigi. Kurangnya menjaga kebersihan seperti jarang menyikat gigi sehingga setiap tahunnya kerusakan dan infeksi pada gigi semakin bertambah. Penyebab lainnya yang membuat anda sering sakit gigi yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan gigi menjadi rapuh. Makanan yang manis-manis juga bisa menyebabkan sakit gigi.

Nah agar anda terhindar dari sakit gigi sebaiknya ubah kebiasaan anda. Berikut ini @MasPenulis akan bagikan 5 hal yang bisa anda lakukan untuk memiliki gigi yang sehat.

1. Jauhi makanan yang mengandung pemanis buatan

Tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang manis. Hampir seluruh masyarakat menyukainya baik dari anak-anak dan orang dewasa pun menggemarinya. Yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung pemanis buatan. Sebab dalam makanan tersebut terdapat kadar pemanis yang sangat tinggi dan terbuat dari bahan-bahan kimiawi. Seperti yang terdapat pada permen, atau minuman ringan yang mengandung pemanis. Sebaiknya hindari jajanan seperti itu.

2. Sering mengkonsumsi buah dan sayur

Tidak ada yang meragukan manfaat yang baik dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi. Selain membuat tubuh kita jadi lebih sehat. Ternyata juga dapat menguatkan gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Jadi, konsumsilah sayur dan buah setiap hari.

3.Jauhi alkohol dan rokok

Alkohol dan rokok bisa berakibat buruk pada tubuh anda. Tapi tidak hanya itu alcohol dan rokok juga bisa jadi penyebab rusaknya gigi anda. Kandungan nikotin dalam Rokok yang tinggi dapat memicu timbulnya plak-plak kuning pada gigi. Alkohol juga mengandung zat-zat yang bisa membuat gigi anda keropos. Jika anda ingin menjaga kekuatan gigi anda sebaiknya hindari rokok dan minuman beralkohol.

Baca juga: Manfaat Minum Teh Hijau Untuk Kesehatan

4. Memperbanyak konsumsi telur dan susu

Banyak kandungan nutrisi dan vitamin dalam telur dan susu. Karena kandungan vitamin D yang ada pada telur sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan yang ada dalam telur juga berperan penting untuk membantu proses pembentukan gigi. Kandungan dalam susu seperti kalsium dapat menguatkan gigi anda. Jadi, konsumsilah telur dan susu secara rutin agar anda memiliki gigi yang kuat dan sehat. Khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan sangat penting untuk kesehatan tubuh dan giginya.

5. Menjaga kebersihan gigi

Memperhatikan asupan makanan yang masuk adalah hal penting tapi hal penting lainnya yang harus selalu anda lakukan adalah rajin membersihkan gigi. Terkadang anda tidak tahu makanan atau minuman apa yang telah anda masukan yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi anda. Dengan menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari. Misalnya, menyikat gigi sebelum tidur dan bangun tidur itu wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari kerapuhan dan kerusakan pada gigi.

Baca Juga: Cara Menyikat Gigi Yang Benar

Dengan melakukan 5 aktifitas yang telah kita bahas diatas dapat membantu anda menjaga kekuatan gigi anda dan menghindari gigi dari berbagai kerusakan yang bisa menyebabkan gigi anda berlubang, keropos, gusi berdarah dan bengkak. Semoga bermanfaat bagi anda.