5 Cara Mengatasi Datangnya Uban Sejak Dini

Diposting pada
Cara Mencegah Uban Sejak Dini
Cara Mencegah Uban Sejak Dini

5 Cara Mengatasi Atau Mencegah Uban Sejak DiniUban, biasanya tumbuh pada orang yang usianya telah lanjut. Tapi, tidak sedikit juga yang usianya masih muda sudah memiliki uban. Jika uban tumbuh saat usia lanjut hal itu sangatlah wajar, tapi tidak jika usianya masih muda. Kebanyakan orang mewarnai rambutnya untuk menutupi uban. Faktor terjadinya uban bisa disebabkan karena hormon yang kurang produktif karena pengaruh usia lanjut yang seiring usia maka, produksi kebutuhan tubuh berkurang, dan sel-sel pigmen juga ikut  berkurang dan berpengaruh pada rambut.

Perlu kita ketahui, uban tumbuh pada wanita umumnya saat umur 30 tahun ke atas , dan pada pria umur 40 tahun ke atas. Tapi, pada zaman sekarang faktor-faktor yang membuat tubuh lebih bekerja keras, dan kebutuhan hidup lebih banyak, sangat gampang memicu tumbuhnya uban. Ketidak seimbangan hormon pun, adalah salah satu penyebab tumbuhnya uban sejak dini. Selain itu apa sajakah penyebab datangnya uban sejak usia dini?

Berikut ini faktor Penyebab Datangnya Uban Pada Usia Dini:

Stress

Stress bisa terjadi pada siapa saja, faktor stress yang disebabkan oleh kebutuhan yang semakin meningkat, dan tantangan hidup yang semakin sulit, membuat kita sangat mudah  stress. Perlu anda ketahui, stress salah satu penyebab terhambatnya produksi melanin alami rambut, dan jika kegiatan sehari-hari anda tidak seimbang dengan istirahat maka hal ini akan membutuhkan asupan vitamin B12 lebih banyak dan bila tubuh kehabisan cadangan vitamin B12, maka hal ini mempercepat tumbuhnya uban karena hormon anda sudah tidak akan seimbang.

Gizi Buruk

Gizi buruk bisa memicu terjadinya uban di rambut. Kesibukan karena pekerjaan membuat kita tidak memperhatikan asupan yang kita konsumsi, khususnya bagi anda yang tidak memiliki waktu memasak sayuran sehingga memilih makanan cepat saji yang tidak sehat. Pentingnya memperhatikan asupan nutrisi dan kandungan vitamin, mineral dan gizi untuk tubuh anda dimulai dari apa yang anda makan dan minum. Sibuk bukan berarti tidak bisa meluangkan waktu untuk memasak sendiri makanan sehat untuk tubuh, gizi juga akan membantu untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Metabolisme tubuh menjadi lancar, ubanpun tumbuh saat diusia lanjut.

Faktor Gen

Tidak sedikit orang di usia yang masih muda tapi sudah memiliki uban, hal tersebut terjadi karena Faktor gen dari orangtuanya yang juga mengalami hal yang sama saat masih muda. Faktor gen cukup sulit untuk di tangani, tetapi ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mewariskan kromosom yang diturunkan nantinya pada anak. Berikut ini cara Mengatasi Tumbuhnya Uban Sejak Usia Dini.

Berikut Ini Cara Mencegah Uban Secara Alami:

Menggunakan Biji Pepaya

Buah pepaya memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya buahnya tapi juga bijinya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi uban. Biji pepaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C yang berkhasiat untuk membantu menyeimbangkan hormon tubuh. Biji pepaya sudah dipercaya sejak dulu digunakan sebagai bahan herbal untuk menjaga kesehatan rambut. Cara membuatnya cukup mudah, sangrai biji pepaya, setelah itu tumbuk hingga cukup halus. Lalu, tambahkan minyak kelapa atau zaitun secukupnya. Kemudian oles secara merata pada kulit kepala dengan memberikan sedikit pijatan agar meresap, biarkan selama 20 menit lalu bersihkan dengan shampoo hingga bersih. Bisa anda gunakan seminggu sekali.

Minyak Kelapa dan Perasan Jeruk Nipis

Kombinasi kedua bahan dapur ini dapat  menghasilkan senyawa mineral alami untuk rambut. Kandungan dari minyak kelapa dan jeruk nipis membantu memperlambat datangnya uban karena menutrisi alami ke dalam sel kulit kepala. Tidak hanya itu, racikan ini juga membantu rambut tetap hitam dan sehat. Siapkan minyak dan jeruk nipis secukupnya sesuai dengan kebutuhan anda. Kemudian campurkan minyak kelapa dengan air jeruk nipis. Penggunaanya dilakukan setelah anda keramas, gunakan masker rambut minyak kelapa selama 30 menit. Lalu bilas hingga bersih. Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dikenal sebagai perawat rambut terbaik. Memiliki kandungan mineral essens yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi melanin pigmen yang dibutuhkan oleh rambut, berkhasiat menjauhkan datangnya uban. Minyak kemiri dapat membantu menjaga warna rambut anda tetap hitam berkilau. Caranya, siapkan kemiri secukupnya, sangrai kemiri hingga kering, kemudian tumbuk hingga  mengeluarkan minyak, gunakanlah  minyak tersebut pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Baca Juga: Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan

Teh Basi

Anda bisa memanfaatkan teh untuk mengatasi uban. Teh yang digunakan adalah Teh yang didiamkan selama semalam, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi pada teh yang didiamkan semalam. Hal tersebut efektif untuk membantu produksi pigmen-pigmen untuk pertumbuhan rambut sehat, rambut anda yang rontok akan tergantikan dengan rambut sehat hitam berkilau. Untuk membuatnya, seduh teh seperti biasa, ampas tehnya diamkan selama semalam. Besok paginya gunakan teh tersebut pada kulit kepala sambil pijat lembut,  diamkan selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih.

Yogurt Pahit

Anda pasti sudah tau Yogurt adalah susu yang sudah difermentasi dan mengandung asam laktat yang dapat membantu membunuh sel-sel mati, yogurt yang dipakai untuk adalah  yogurt pahit atau yogurt murni tanpa campuran rasa. Caranya, campurkan yoghurt dengan lada hitam atau kopi bubuk lalu aplikasikan pada rambut anda, diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga bersih.

Demikianlah beberapa tips untuk mengenal dan mencegah uban sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.