5 Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan Usaha Rumahan Anda

No ratings yet.

Cara Budidaya Cacing Sutra5 Cara Budidaya Cacing Sutra Yang Menguntungkan Usaha Rumahan Anda. Cacing Sutra adalah salah satu jenis cacing yang digunakan peternak ikan dan lobster sebagai bahan pakan. Kandungan protein yang tinggi yang terdapat pada cacig sutra, dapat menjadi stimulus agar daging ikan jauh lebih enak dan gurih ketika di konsumsi. Semakin besarnya permintaan cacig sutra, pada akhirnya membentuk suatu lading bisbis baru yaitu budidaya cacing sutra.

Proses budidaya dan pemeliharaan cacing sutra tidak terlalu rumit. Selain itu, untuk menjalankan bisnis budidaya ikan ternak membutuhkan model yang relative terjangkau dan lahan yang tidak terlalu luas. Jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis budidaya cacing sutra, berikut adalah sebagai berikut.

Pembibitan Cacing Sutra

Dalam pemilihan bibit cacing sutra, sebaiknya Anda memperhatikan hal dibawah ini:

  • Bibit cacing yag unggul rata-rata memiliki kualitas yang dan daya tahan yang sangat baik. Pilihlah gumpalan cacing yang berbentuk seperti rambut dan emiliki pergerakan yang cepat atau gesit.
  • Pisahkan gumpalan cacing tersebut kedalam wadah bersih dan steril. Tujuan dari pemilahan gumpalan yaitu agar cacing sutra terhindar dari bakteri serta kontaminasi dengan logam-logam.
  • Proses karantina atau pemindahan gumpala, membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari. Usahakan wadah cacing sutra selalu dalam kondidi bersih dan sterill. Perlu diperhatikan bahwa volume air selalu rendah.
  • Pastikan pula ventilasi udara serta kondisi aliran air. Hal ini bertujuan agar oksigen di dalam air tetap terjaga. Untuk lebih optimal gunakan aerator.

Media Budidaya Cacing Sutra

Terdapat dua alternative media yang dapat digunakan untuk membudidaya cacing sutra. Media tersebut antara lain:

  • Media tanah gambut atau lumpur sawah
    Keunggulan dari media ini yaitu pertumbuhan cacing sutra lebih cepat. Pada dasarnya habitat aslli cacing sutra adalah tanah gambut yang subur. Namun perlu diperhatikan pula pemilihan media tanah. Pastikan tanah tidak terkomtaminasi oleh logam. Untuk lebih aman, Anda dapat menggunakan lumpuh yang berada di areal persawahan.
  • Media air biasa
    Metode budidaya cacing sutra dengan menggunakan media air bisa merupakan cara yang paling banyak dipilih oleh banyak peternak. Apabila Anda memilih metode ini, pastikan kondisi airselalu jernih dan air mengalir dengan lancer di dalam kolam. Gunakan wadah air yang terbuat dari plastic agar jauh lebih steril dan terhindar dari kontaminasi logam.

Pemindahan Bibit Cacing Sutra

Cacing Sutra merupakan hewan yang rentan terhadap gangguan stress. Maka dari itu pada saat pemindahan cacing dari wadah karantina, hindara memindankannya dengan tangan. Sebab suhu panas pada tangan dapat mengakibatkan cacing stress. Gunakan media lainnya seperti sendok plastic ataupun jarring kecil.

Perawatan Cacing Sutra

Perawatan cacing sutra tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Hal ini juga merupakan ujung tombak dari usaha budidaya cacing sutra. Dengan perawatan yang baik maka kualitas cacing sutra yang dihasilkan juga sangat baik.
Hal utama yang wajib Anda perhatikan yaitu debit air yang berada di dalam wadah. Usahakan ketinggian debit air mencapai 5-7cm dari dasar wadah. Cek selalu sirkulasi air agar oksigen pada wadah tetap terjaga. Apabila oksigen dalam wadah kurang, cacing sutra akan susah untuk tumbuh dan berkembang biak.

Pakan Cacing Sutra

Pemberian pakan pakan pada cacing sutra sebaiknya dilakukan pada hari ke 12 setelah cacing dipindahkan ke media ternak. Alternatif jenis pakan yang dapat anda gunakan antara lain ampas tahu, fermentasi organic yang terbuat dari campuran sayur sawi dengan kotoran ternak seperti ayam. Proses fermentasi bertujuan agar pakan memiliki teksture yang lebut dan mudah hancur.

Cacing sutra dapat dipanen pada usia 70-75 hari setelah proses pemindahan. Cacing sutra yang memiliki kualitas baik berukuran 100 – 150 mm. Nah, itulah tadi ulasan singkat mengenai cara budidaya cacing sutra, Jika Anda berminat, cara-cara di atas dapat Anda aplikasikan sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Facebook Comments

Please rate this