17 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya
Manfaat Buah Pepaya

17 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan. Buah dengan rasa manis dan mengandung banyak air ini memang terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Selain karena manis dan terasa dingin, buah yang tumbuh di daerah tropis ini memang banyak tumbuh di seluruh pelosok Indonesia. Harga yang terjangkau membuat buah papaya digemari untuk dikonsumsi. Tidak hanya enak, kandungan vitamin dan kandungan lainnya bisa anda peroleh dari buah ini. Pepaya mudah tumbuh di perkarangan rumah khususnya di daerah pegunungan.

Tentu anda ingin mengetahui kandungan apa saja yang ada pada buah pepaya? Ternyata pada buah pepaya terdapat Vitamin A sebanyak 1.750 IU, Vitamin B sebanyak 0,03 mg, Vitamin C sebanyak 59 mg, protein sebanyak 0,6 gram, kalsium sebanyak 20 mg, niacin sebanyak 0,3 mg, zat besi sebanyak 0,3 mg, karbohidrat sebanyak 10 gram, kalium sebanyak 470 mg, riboflavin sebanyak 0,04 mg, fosfor sebanyak 16 mg, kalori sebanyak 39 mg juga lemak sebanyak 0,1 mg. Tentu kandungan nutrisi yang kaya menjadikan buah pepaya banyak dikonsumsi. Manfaat makan buah pepaya setiap hari sangat banyak.

Masyarakat pada umumnya sudah mengetahui manfaat buah pepaya yaitu membantu memperlancar BAB. Buah yang memiliki kandungan air cukup banyak memiliki manfaat lain seperti berikut.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

1. Mencegah Gangguan Pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan dan juga memperlancar BAB. Kandungan enzim papain buah pepaya membantu mengatasi masalah pencernaan khususnya pada lambung dan bagian usus. Fungsi enzim papain yaitu untuk membunuh parasit dan mencegah gangguan pada saluran pencernaan.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat yang didapat tidak hanya pada buahnya saja tapi juga bijinya. Terdapat kandungan phenotic dan flavonoid dalam biji pepaya yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal.

3. Mencegah Flu

Manfaat lain dari buah pepaya yaitu untuk mencegah flu. Karena Vitamin C dalam buah pepaya cukup tinggi. Vitamin C mampu mencegah berbagai penyakit. Yang disebabkan sistem kekebalan tubuh atau imun menurun. Jadi, lebih mencegah dari pada mengobati. Konsumsilah pepaya setiap hari.

4. Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Kandungan lainnya yaitu mineral dan nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan antioksidan aktif berfungsi untuk mencegah terjadinya proses oksidasi kolesterol dan mencegah timbulnya serangan jantung  juga stroke. Kandungan  antioksidan dalam buah pepaya  menstablikan tekanan darah dalam tubuh.

5. Mencegah Penuaan Dini

Setiap wanita tentu tidak menginginkan terjadinya penuaan dini. Penuaan dini biasanya disebabkan karena kulit kita terkena radikal bebas. Untungnya, Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam pepaya  mencegah penuaan dini juga beragam masalah kulit lain seperti keriput, flek hitam dan masalah kulit lainnya.

6. Menajamkan Penglihatan

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi ada pada pepaya.  tentu manfaatnya yaitu menyehatkan mata. Jika anda memiliki masalah pada penglihatan, konsumsilah pepaya setiap hari.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Khasiat dari buah pepaya tidak diragukan lagi. Terdapat  kandungan vitamin E, A, dan C yang bermanfaat bagi kulit anda. Vitamin tersebut dapat melembabkan dan mencerahkan kulit anda. Caranya bisa langsung mengkonsumsinya atau melakukan perawatan dari luar dengan mengaplikasikan pepaya sebagai masker. Jika ingin membuat masker dari pepaya cukup haluskan satu potong pepaya langsung aplikasikan pada bagian tubuh anda.

8. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain mampu memperlancar BAB, buah pepaya mampu membersihkan usus dari racun yang masuk dalam tubuh secara tidak sengaja. Serat dan antioksidan dalam buah pepaya dapat membersihkan usus dan membawa racun ke saluran pembuangan.

9. Sebagai Obat Anti Radang

Khasiat dari buah pepaya tidak hanya menjaga dari dalam tubuh tapi menyembuhkan dari luar. Kandungan chymopapain memiliki manfaat meredakan peradangan serta  mempercepat penyembuhan luka khususnya untuk luka bakar. Selain itu, bisa menyembuhkan luka bakar, buah pepaya juga bisa menyembuhkan penyakit atau luka luar di kulit anda.

10. Mampu Menghaluskan Tumit yang Pecah-Pecah

Masalah yang sering terjadi pada para ibu-ibu seperti kulit pecah-pecah di tumit dikarenakan kaki yang sering terkena air atau debu. Cara untuk mengurangi kulit pecah-pecah yaitu siapkan pepaya yang masih muda, ambil saja getahnya. Cuci kaki anda dengan air bersih lalu keringkan dengan anduk baru gosokkan getah tersebut pada tumit biarkan selama 15 menit dan cuci hingga bersih. Lakukanlah secara rutin.

11. Mampu Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat pepaya untuk wajah berjerawat. Jerawat dapat dicegah dengan menggunakan pepaya. Gunakan daging buah pepaya yang telah  terfrementasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat agar tidak menjadi tempat timbulnya jerawat.

Baca Juga:  8 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Secara Alami

12. Membantu Menstabilkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan dan bentuk tubuh lebih ideal dapat mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Terdapat kandungan enzim dalam buah ini yang merangsang kemampuan sistem metabolisme untuk bekerja maksimal sehingga pembakaran lemak dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Kandungan pada pepaya membantu penyerapan lemak pada tubuh.

13. Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang memiliki Diabetes, anda tentu diwajibkan menghindari makanan yang mengandung gula. Akan tetapi pada buah pepaya rasa manis yang dimilikinya tidaklah berbahaya bagi para diabetes karena kandungan gulanya alami. Terdapat juga kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi yang mampu menjaga kesehatan pencernaan dan ginjal.

14. Membantu Mengatasi Asma

Ternyata pepaya mampu mencegah penyakit asma. Senyawa beta karoten yang terkandung mampu mencegah penyakit asma. Maka dari itu, jika ada orang yang memiliki penyakit asma atau sudah menunjukkan gejala penyakit asma langsung rutin mengonsumsi buah pepaya setiap hari.

Baca Juga: Macam Macam Gejala Asma, Penyebab dan Cara Alami Mengobatinya

15. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam buah pepaya memang bisa mencukupi kebutuhan dalam tubuh. Vitamin K berfungsi menjaga kesehatan tulang. Membantu memaksimalkan penyerapan kalsium dari makanan yang dikonsumsi dan mengurangi terjadinya ekskresi kalsium. Mencegah resiko patah tulang dan oseteoporosis.

16. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan enzim pada buah ini, berkhasiat mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang bisa mengakibatkan penyakit jantung. Menjaga keseimbangan dan kestabilan kolestrol. Kandungan kalium dan serat mencegah dari kardiovaskular.

17. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan beta karoten mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun anda.  Jadi anda tidak mudah sakit.

Demikian penjelasan tentang 17 manfaat buah pepaya yang baik untuk kesehatan anda.