10 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

Diposting pada
Manfaat Kemiri
Manfaat Kemiri

10 Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan. Kemiri adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Dalam bahasa latin, kemiri disebut Aleurites moluccana dan termasuk dalam jenis Euphorbiaceae. Selain dijadikan sebagai bumbu tahukah anda manfaat yang bisa didapat dari kemiri? Selain biji kemiri yang sering digunakan untuk bumbu masakan, getah, kulit batang pohon kemiri juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan.

Ada pertanyaan, apakah kemiri mengandung lemak jahat? ada penelitian yang mencari manfaat lain dari kemiri. Kemiri memiliki kandungan lemak yang cukup banyak, namun lemak ini adalah lemah tak jenuh. Jadi lemak ini baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat kemiri untuk asam urat? Ada kabar yang tersebar bila campuran kemiri, nanas dan lobak dan kemiri dapat menurunkan kadar asam urat darah. Namun penelitian yang khusus untuk itu belum ada yang membenarkan ramuan itu.

Baca Juga: Manfaat Kemiri untuk Rambut dan Kecantikan

Dalam Kemiri terdapat beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan. Seperti kandungan saponin, falvonoida, polifenol, protein, lemak, karbohidrat, kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Ada beberapa jenis vitamin dalam kemiri yaitu, vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang dapat mencegah pembentukan kolesterol. Protein yang terkandung dalam kemiri berupa asam amino esensial maupun nonesensial bermanfaat untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan imun tubuh.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan diawal, kemiri tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan tapi bermanfaat juga sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan. Berikut ini manfaat kemiri untuk kesehatan.

1. Mengobati Diare

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari kemiri tidak hanya didapat dari biji kemiri saja tapi kulit batangnya juga bisa dijadikan obat yaitu untuk menyembuhkan diare, caranya cukup simpel. Siapkan  20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, cuci hingga bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu rebus tumbukan kulit batang tersebut dengan air 600 cc hingga  airnya 300 cc, lalu saring, tunggu dingin dan minumlah. Minumlah dua kali sehari dengan takaran sekali minum 150 cc.

2. Mengobati Sariawan

Untuk mengobati sariawan anda bisa menggunakan getah dari pohon kemiri. Cara mendapatkan getah kemiri yaitu dengan menggunakan pisau dan robek sedikit kulit pohon kemiri dan tunggu sampai getahnya keluar. Gunakan kapas untuk menyerap getah setelah itu oleskan pada bagian mulut yang luka akibat sariawan.

3. Mengobati Sakit Gigi 

Tidak hanya sariawan, anda bisa menggunakan getah dari pohon kemiri untuk sakit gigi. Kandungan dalam getah mampu mengurangi nyeri pada gigi. Caranya sama seperti mengobati sariawan. Dengan menggunakan kapas untuk menyerap getah dan tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan hingga 10 menit, buang kapas tersebut dan kumur-kumur dengan air bersih.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Tidak sedikit orang yang mengalami gatal-gatal akibat Jamur pada kulit. Mungkin terlihat sepele tetapi bisa membuat penderitanya merasa tidak percaya diri. Misalnya saja Panu, yang sering terlihat di punggung atau belakang leher. Tentu itu membuat anda menjadi minder dan mengakibatkan rasa gatal. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan Minyak Kemiri. Caranya, oleskan minyak kemiri ke bagian tubuh yang terkena jamur. Gunakan setiap hari secara rutin agar cepat sembuh. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan badan dan lingkungan agar tidak terkena lagi.

5. Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Bagi anda yang sering susah tidur atau insomnia, ada baiknya anda menggunakan Minyak kemiri untuk membantu anda cepat tidur. Kandungan dalam kemiri yaitu melatonin berkhasiat untuk membuat anda lebih rileks dan cepat tertidur. Khususnya bagi orang yang pola tidurnya tidak teratur oleskanlah minyak kemiri sebelum tidur. Memiliki kualitas tidur yang sehat membuat badan anda jadi segar dan siap memulai hari anda. Baca Juga: Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

6. Susah Buang Air Besar (Sembelit)

Jika anda mengalami sembelit, anda bisa menggunakan kemiri dan bahan lainnya sebagai obatnya. Caranya cukup mudah, siapkan 1buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Semua bahan tersebut dihaluskan, lalu rebus dengan 800 cc air hingga yang tersisa 400 cc. Saring air rebusan tersebut dan minumlah 2 kali sehari dengan takaran sebanyak 200 cc. Baca juga Cara Alami Mencegah Sembelit

7. Digigit Serangga

pernahkah anda digigit seekor serangga? Biasanya ketika digigit serangga mengakibatkan rasa gatal dan panas pada kulit. Anda bisa menggunakan kemiri dan kunyit sebagai bahan obatnya. Caranya, siapkan 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking, panggang sebentar saja kedua bahan tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang digigit oleh serangga.

8. Mengatasi BAB Berdarah

tidak jarang masyarakat mengalami masalah pencernaan dan mengakibatkan BAB berdarah. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa menggunakan Kulit batang pohon kemiri. Caranya, siapakan 20 gram kulit batang kemiri yang sudah dicuci bersih, lalu rebus kulit batang tersebut dengan 400 cc air hingga yang tersisa 200 cc. Saring airnya dan minumlah selagi hangat.

9. Obat Gosok

Minyak kemiri juga bisa digunakan sebagai obat gosok. Kandungan dalam minyak kemiri dapat menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Cukup dengan mengoleskan minyak kemiri ke tubuh dan sedikit dipijat-pijat.

10. Obat Demam Pada Anak

untuk menyembuhkan demam anak anda juga bisa menggunakan minyak kemiri. Caranya, rebus 15 gram akar pulutan dengan 150cc air dan tambahkan beberapa tetes minyak kemiri. Lalu, saring airnya dan berikan pada anak untuk diminum selagi hangat.

10 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat kemiri yang baik untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.