10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya

Diposting pada
Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya. Selain buah sirsak yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan, ternyata Daun sirsak kini sudah semakin dikenal sebagai bahan pengobatan alami. Ada beberapa kandungan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan dan sebagai obat.  Terdapat kandungan senyawa yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit, seperti senyawa acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

Semua kandungan tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari daun sirsak:

10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya

  • Menyembuhkan Asam Urat
    Asam urat sering menyerang orang dewasa baik pria maupun wanita saat usia lanjut. Akan tetapi belakangan ini asam urat juga menyerang orang yang bisa dibilang masih muda. Untuk anda para penderita asam urat, tentu di saat asam urat kambuh, itu dapat menghambat semua aktifitas anda. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alami yang mujarab. Cara pengolahannya cukup mudah, siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih berwarna hijau, cuci hingga bersih, kemudian rebus daun sirsak tersebut dengan segelas air hingga mendidih. Biarkan hingga hangat dan minumlah ramuan ini dua kali sehari.
  • Diabetes
    Diabetes atau kadar gula yang tinggi dalam tubuh termasuk penyakit yang cukup berbahaya. Bagi anda penderita diabetes, bisa membuat air rebusan daun sirsak untuk membantu menetralisir kadar gula darah yang tinggi. Cara pembuatannya sama seperti membuat obat untuk asam urat. Minumlah air rebusan daun sirsak secara rutin.
  • Daun Sirsak Obat Kanker
    manfaat lainnya dari Daun sirsak yaitu dapat melawan sel kanker dalam tubuh. Caranya, ambil 15 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih, lalu rebuslah daun sirsak tersebut dengan 3 gelas air hingga yang tersisa hanya 1 gelas, minumlah air rebusan tersebut 2 kali sehari  selama 2 minggu. Daun sirsak ini dipercaya dapat digunakan sebagai kemoterapi karena hanya membunuh sel sel yang menyebabkan kanker.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
    Tekanan darah tinggi atau Hipertensi adalah penyakit yang berbahaya yang bisa memicu penyakit lainnya seperti stroke. Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut menimpa anda. Maka untuk menurunkan tekanan darah, minumlah air rebusan daun sirsak secara rutin 2 kali sehari.
  • Obat Asma dan Sesak Napas
    Untuk membuat obat asma dan sesak napas dari daun sirsak dengan menyiapkan 10 daun sirsak, cuci hingga bersih,kemudian remas dan tampung sari dari daun sirsaknya hingga mencapai kurang lebih setengah gelas. Minum tiap pagi sampai penyakit anda sembuh.

10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya

  • Mengobati Bisul
    Ambil beberapa daun sirsak yang masih muda secukupnya sesuai kebutuhan bisul anda 5-10 lembar, cucui hingga bersih, lalu tumbuk tidak perlu halus, kemudian tempelkan di tempat yang terkena bisul dan biarkan mengering.
  • Obat Batuk Ringan
    Untuk obat batuk ringan, siapkan 7 lembar daun sirsak muda yang sudah dicuci bersih . Remas dan tamping sari airnya. Minum setiap pagi sebelum sarapan. Baca Juga: Manfaat Asam Jawa Untuk Mengobati Batuk
  • Mengobati Sakit Pinggang
    Kandungan dalam Daun sirsak dapat digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Caranya siapkan 20 Lembar daun sirsak yang sudah di cuci, kemudian daun tersebut direbus dengan 5 gelas air tunggu hingga yang tersisa hanya 3 gelas. Minumlah air rebusan tersebut satu kali sehari dengan takaran 3/4 gelas.
  • Mengobati Eksim
    Daun sirsak bisa digunakan juga untuk eksim. Siapkan beberapa daun sirsak lalu cuci hingga bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tempelkan  tumbukkan daun sirsak ke kulit yang terkena eksim, biarkan hingga mengering.
  • Obat Wasir
    Untuk anda yang sering terkena wasir saat mengonsumsi makanan pedas dan asam. Ada pengobatan alami dari daun sirsak yang bisa anda buat sendiri. Siapkan 10 lembar daun sirsak yang sudah bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga yang tersisa hanya satu gelas. Minum air rebusan tersebut sekali sehari. Baca Juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Mengobati Wasir

Cara Mengolah Daun Sirsak

Direbus

Kita mulai dengan menyiapkan 10-15 lembar daun sirsak. Cuci bersih daun sirsal terlebih dahulu dengan air mengalir. Lalu panaskan air kurang lebih 600 cc atau 3 gelas di atas api kecil. Masukkan daun sirsak, kemudian tunggu hingga air rebusan menguap, sampai tersisa 1 gelas saja.

Untuk menjaga kemurnian zat dalam daun sirsak, ada baiknya kita merebus dengan kendi atau panci dari tanah liat. Minumlah air daun sirsak selagi hangat secara rutin 3-4 kali sehari. Air rebusan daun sirsak ini, cocok untuk pengobatan penyakit asam urat, kanker, kolesterol dan diabetes.

Diblender atau Ditumbuk

Kita mulai dengan menyiapkan 3-5 lembar daun sirsak yang sudah dicuci,  kemudian tambahkan 50cc air atau seperempat gelas air hangat lalu blender atau tumbuk hingga halus. Cara pengolahan daun sirsak ini cocok digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Anda dapat balurkan daun sirsak hasil blender pada kulit yang mengalami keluhan.

10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya

Itulah beberapa informasi tentang 10 Manfaat Daun Sirsak Dan Cara Mengolahnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca.