10 Makanan Sehat Bergizi Yang Mudah Didapat

Diposting pada

Makanan Sehat Dan Bergizi10 Makanan Sehat Bergizi Yang Mudah DidapatDi zaman sekarang ini menjaga pola hidup sehat sangatlah penting karena polusi udara yang  semakin meningkat, banyaknya produk-produk makanan instan dan faktor-faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab penyakit. Agar terhindar dari penyakit dibutuhkan tindakan yang tepat yaitu menjaga setiap asupan makanan sehat. Memilih resep makanan yang sehat  yang tetap menjaga nutrisi makanan.

Makanan sehat dan bergizi sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia, baik balita maupun orang dewasa. Banyak asupan bergizi yang mudah kita temukan di sekitar kita. Dengan harga terjangkau pun, kita sudah bisa mendapatkannya.

Saat ini banyak sekali makan cepat saji yang dengan mudah dan praktis kita dapatkan. Namun, cara memasak makanan tersebut cenderung instan dan tak memperhatikan aspek kesehatan yang diperlukan tubuh.

Sayangnya juga, makanan cepat saji tak dibarengi dengan kandungan gizi yang cukup. Bahkan cenderung banyak menggunakan bahan-bahan yang tak dibutuhkan sampai berbahaya bagi tubuh.

Daftar Makanan Sehat dan Bergizi Yang Ada Di Sekitar Kita

Mengkonsumsi asupan yang sehat tak perlu mencari yang susah dan mahal. Kita bisa memanfaatkan dan mengolah bahan-bahan yang bisa ditemukan di sekitar.

Jika Anda mengkonsumsinya secara tepat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka penyakit pun akan segan menghampiri Anda. Anda dapat hidup dengan sehat tanpa khawatir akan penyakit.

Berikut adalah daftar menu makanan sehat setiap hari dan bergizi serta makanan sehat untuk jantung dan diet yang mudah didapatkan.

Susu

Susu sudah dikenal memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh khususnya untuk menutrisi tulang. Protein yang tinggi dalam susu bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Di usia produktif protein dalam susu baik untuk pertumbuhan sedangkan untuk usia lanjut susu dapat menjaga tulang dari pengeroposan. Selain protein yang tinggi susu juga memiliki kandungan magnesium, fosfor, dan zinc. Selain baik untuk kesehatan susu juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan kulit karena kandungan asam laktat dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

Madu

Madu memiliki tingkat fruktosanya yang lebih tinggi daripada gula. Tidak hanya itu, madu juga memiliki kandungan vitamin B6, Thiamin, Niacin, dan asam amino. Madu juga memiliki manfaat baik untuk kulit yaitu dapat mengangkat sel kulit mati, ada juga antioksidan alami untuk melindungi kulit dari radikal bebas.

Telur

Telur kaya akan nutrisi yang kita butuhkan setiap hari, mengkonsumsi 2 butir telur rebus setiap hari selain sehat juga mengenyangkan. Khususnya bagi anda yang ingin menjaga berat badan ideal atau sedang diet, mengkonsumsi telur sangat cocok untuk mendukung program diet anda. Protein yang terkandung berperan menjaga massa otot. Telur juga memiliki kandungan kolin, rendah lemak dan hanya ada sedikit kalori dibandingkan dengan makanan lain.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai termasuk dalam jenis kacang-kacangan dan memiliki jumlah protein nabati yang tinggi. Tentunya memiliki manfaat baik untuk tubuh kita. Selain protein nabati, kacang kedelai juga nol kolestrol yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari penyakit stroke. Kacang jenis ini juga memiliki senyawa antioksidan yang disebut isoflavon untuk melindungi ketahanan tubuh dari radikal bebas sehingga dapat mencegah penyakit kanker. Manfaat lainnya dengan mengkonsumsi kacang kedelai rebus dapat menjaga berat badan, mencegah penuaan dini dan melancarkan sistem kerja pencernaan.

Gandum

Makanan yang sehat dan bergizi lainnya yaitu Gandum. Memiliki karbohidrat yang tinggi untuk energi dalam beraktifitas sehari-hari, tentu sangat berguna bagi tubuh. Gandum jauh lebih sehat dibandingkan dengan nasi, cobalah mengganti nasi dengan gandum dan rasakan manfaat baik untuk tubuh. Sekarang ini sudah banyak sekali produk olahan terbuat dari gandum, seperti oatmeal, sereal atau roti gandum. Selain karbohidrat, gandum juga memiliki kandungan protein dan serat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol gula darah. Oatmeal sangat cocok untuk penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula.

Bayam

Sayur bayam sudah dikenal memiliki sumber nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh seperti vitamin A dan C, magnesium, serat, folat, protein dan kalsium. Dengan mengjonsumsi sayur bayam banyak manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu dapat melawan sel kanker karena Vitamin A dan C, serat, asam folat dan juga 13 flavonoid dapat melawan sel kanker. Kandungan dalam bayam juga membantu melancarkan peredaran dan sirkulasi darah untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat lainnya yaitu untuk mencegah diabetes, kandungan dalam bayam seperti magnesium membantu menstabilkan gula darah dan mencegah komplikasi dari diabetes. Vitamin A, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat bayam lainnya di: Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan

Pisang

Pisang termasuk buah favorit masyarakat Indonesia. Selain karena rasa yang manis dan lembut kandungan vitamin dalam pisang menjadi nilai tambah buah ini. Ada beberapa kandungan baik dalam pisang seperti Vitamin C, Vitamin B kompleks, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium.

Bagi anda yang juga sedang melakukan program diet, sangat cocok untuk mengkonsumsi pisang karena manfaat dari buah pisang selain mengenyangkan tapi juga menjadi sumber energy karena terdapat kandungan karbohidrat didalamnya. Selain karbohidrat ada juga serat, vitamin, dan mineral membuat rasa kenyang lebih lama. Buah pisang membantu menjaga kesehatan jantung karena mengandung vitamin C dan flavonoid dan kalium yang baik untuk mencegah resiko penyakit jantung. Kandungan serat membantu proses kerja sistem pencernaan tubuh, mencegah terjadinya sembelit.

Ikan

Ikan termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna karena memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh. Ikan memiliki asam lemak omega 3, Vitamin D dan B2 (riboflavin), Kalsium, Fosfor dan Mineral (zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium)

Lalu manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi ikan? Ikan dapat membantu mencegah terkena penyakit jantung karena Omega 3 dapat menstabilkan kadar lemak darah kita, tidak hanya itu Omega 3 dapat meningkatkan fungsi otak untuk meningkatkan daya ingat.

Brokoli

Masih sedikit yang menyadari manfaat brokoli. Brokoli memiliki senyawa sulforaphane yang dapat mencegah kanker. Mengkonsumsi brokoli dengan keadaan masih mentah bisa memaksimal dan menjaga kondisi senyawa sulforaphane. Tapi jika tidak biasa anda bisa mengkukusnya sebentar saja agar manfaatnya tidak terlalu berkurang. terdapat vitamin C untuk meningkatkan sistem imun agar tidak mudah sakit. selain itu brokoli dapat membantu mengontrol tekanan darah karena ada kandungan potassium.

Tomat

Tomat biasanya dijadikan pelengkap untuk masakan, tapi ada manfaat yang lebih besar jika dikonsumsi langsung. Manfaat yang akan anda dapatkan jika mengkonsumsinya yaitu untuk kesehatan jantung karena memiliki kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin yang membantu mencegah dari penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu mengurangi resiko kanker. kandungan vitamin C dan likopen sebagai antioksidan mampu menghindarkan anda dari penyebab kanker. Jadi, konsumsilah setiap hari 2 buah tomat untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Baca Juga: Buah Dan Sayur Yang Buat Wajah Awet Muda

Untuk memaksimalkan perlindungan kesehatan anda adalah dengan menerapkan pola makan dan hidup yang sehat, karena dengan hidup sehat anda bisa menjalankan hari dan aktifitas anda tidak akan terhambat. Itulah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kondisi kesehatan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.