10 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

Cara mencegah keguguran Saat Hamil
Cara mencegah keguguran Saat Hamil

10 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda. Para calon ibu pasti menginginkan bayi yang dikandungnya sehat dan tidak mengalami gangguan yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Saat trimester pertama, ibu hamil harus memperhatikan dan berhati-hati untuk menjaga kandungannya. Karena janin yang masih muda sangat rentan mengalami keguguran jika ibu tidak serius menjaga gaya hidup dan pola makan.

Banyak cara mencegah keguguran di awal kehamilan yang masih sangat rentan. Sebagai ibu, tentunya akan mencegah terjadinya keguguran. Berikut ini cara @MasPenulis yang bisa dilakukan oleh ibu hamil muda untuk mencegah dan menghindari terjadinya keguguran :

10 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda

  1. Istirahat Cukup

Pada masa kehamilan, ibu hamil sebaiknya memiliki waktu untuk istirahat cukup. Karena dengan beristirahat bisa menghindarkan ibu hamil dari kelelahan setelah melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Aktivitas fisik yang berat dan mengakibatkan kelelahan  yang menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi dini dan beresiko terjadi  keguguran.

  1. Jangan Terjatuh

Saat masa kehamilan sebaiknya ibu hamil lebih memperhatikan langkahnya. Jangan sampai terjatuh karena membuat rahim mengalami benturan yang kuat. Benturan tersebut bisa beresiko pada janin yang memang sangat rentan. Jika terjadi akan  menyebabkan janin keguguran atau rontok. Perhatikan langkah saat anda ke kamar mandi biasanya lantainya  licin. Lalu sebaiknya jangan dulu berpergian dengan motor yang bisa beresiko terjatuh.

  1. Mengangkat Beban Berat

Para wanita hamil sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik yang berat dan tidak boleh mengangkat beban yang berat. Karena pada saat ibu hamil mengangkat beban berat, otot perut akan ikut bekerja, dapat menyebabkan resiko janin bisa terlepas dari dinding rahim ibu, akibat dari otot dinding rahim yang mengalami peregangan. Jadi hindari aktivitas mengangkat beban yang berat-berat selama masa kehamilan.

  1. Berhenti Merokok dan Hindari Asap Rokok

Rokok dan asap rokok wajib anda hindari. Untuk yang tidak hamil saja berbahaya apalagi ibu yang sedang hamil itu akan sangat menganggu terhadap kesehatan ibu dan janin.  Bagi anda yang bukan perokok sebaiknya hindari asap rokok. Dan bagi para calon ibu yang perokok sebaiknya berhenti merokok.

Banyak bahaya dari rokok dan asapnya. Zat-zat berbahaya seperti nikotin dapat membuat  janin yang dikandung oleh ibu terlepas dari dinding rahim dan mengakibatkan keguguran atau cacat. Tentu anda tidak mau hal itu terjadi. Jadi hindarilah merokok dan asapnya. Baca Selengkapnya di: Bahaya Rokok Pada Ibu Hamil

  1. Hindari Alkohol

Bagi ibu hamil wajib menghindari minuman yang memiliki kandungan Alkohol. Apalagi jika calon ibu yang memang menyukai minuman yang memiliki kandungan Alkohol yang tinggi sebaiknya segera berhenti. Resiko yang didapat jika kandungan alkoholnya tinggi dan masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan rasa panas di dalam rahim. Akibatnya adalah resiko janin akan mengalami keguguran sangat besar.

  1. Hindari Olahraga Berat

Olahraga memang penting untuk menjaga kesehatan. Bagi para wanita yang memang suka pergi ke gym sebaiknya berhenti dulu karena di tempat gym kebanyakan menggunakan peralatan olahraga yang berat. Ibu hamil tidak boleh melakukan olahraga yang berat, selain karena kelelahan bisa menyebabkan perut mengalami guncangan dan kemudian terjadi kontraksi dini. Lakukan olahraga yang ringan saja, misalnya jalan-jalan keliling komplek rumah.

  1. Kendalikan Stress

Tidak sedikit Ibu hamil yang mengalami stress. Penyebab stress juga beragam, misalnya saja ibu terlalu khawatir atau banyak hal yang dipikirkan. Jika ibu hamil stress itu bisa membuatnya kurang nafasu makan atau bahkan tidak mau makan yang mengakibatkan ibu hamil merasa lemas dan lesu. Hal tersebut dapat membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya.

  1. Hindari Buah Pantangan

Ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi saat masa kehamilan. Beberapa Buah yang menjadi pantangan itu karena memiliki kandungan yang kurang baik pada janin. Buah tersebut adalah buah nanas, nangka dan durian. Kenapa tidak boleh dikonsumsi saat hamil? Karena buah tersebut memiliki sifat yang panas pada janin dan jika dikonsumsi akan beresiko pada keguguran.

  1. Hindari makanan Pantangan

Selain ada buah yang tidak boleh dimakan saat hamil. Ada juga beberapa jenis makanan yang jadi pantangan untuk dikonsumsi saat hamil. Para wanita hamil sebaiknya lebih memperhatikan lagi setiap asupan atau makanan yang dikonsumsi jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, pahit, berlemak, makanan mentah atau setengah matang juga  makanan yang bersifat panas pada perut. Sebaiknya dihindari saat hamil. Baca yang lainnya: Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat itu wajib.  Baik untuk tubuh ibu dan juga menyehatkan janin yang ada di dalam kandungannya. Perhatikan setiap nutrisi dan vitamin dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai janin kekurangan gizi dan nutrisi. Makanan yang alami dan hindari makanan cepat saji. Konsumsilah ikan,buah, sayuran, umbi-umbian, protein dan berbagai macam zat nutrisi lain yang baik untuk janin.

Demikian ulasan 10 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil Muda. Semoga bermanfaat bagi anda.