10 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah Dan Caranya

Diposting pada

Wajah Cantik Berseri10 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah Dan CaranyaDi zaman sekarang ini sudah banyak produk yang menawarkan janji kulit cepat putih, tapi tidak sedikit juga yang mengabaikan keamanan bahan dasar produk tersebut karena ingin hasil yang cepat. Memiliki kulit putih memang dambaan para wanita, selain terlihat lebih bersih tapi juga membuat rasa percaya diri meningkat.

Memilih produk pemutih yang ada di pasaran juga harus cermat, perlu memperhatikan label bahan dasar dan ada izin dari BPOM. Karena sekarang ini bahan pemutih kulit khususnya wajah banyak juga yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya yang bisa merusak kulit seperti terjadinya bintik-bintik noda hitam, yang diakibatkan bahan kimia. Ada bahan alami untuk perawatan kulit agar lebih putih dengan bahan alami yang jauh lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Melakukan perawatan sendiri dengan bahan alami jauh lebih aman dan tidak beresiko pada kesehatan kulit. Lakukan saat memiliki waktu luang di rumah dengan bahan-bahan yang tentunya mudah didapatkan dan dibuat. Berikut ini beberapa bahan alami, cara memutihkan wajah secara alami dan permanen yang bisa anda gunakan untuk perawatan kulit.

10 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah Dan Caranya:

Lemon & Madu

Kombinasi dua bahan lemon dan madu bisa membantu anda memiliki kulit yang cerah dan tidak berminyak. Cukup dengan menyiapkan perasan lemon 2 buah dan 1 sendok madu murni, lalu aplikasikan ke wajah seperti masker dan biarkan selama 30 menit dan terakhir bilas dengan air hingga bersih. Kandungan dalam lemon yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Terdapat juga asam sitrat yang membantu untuk menghilangkan bekas jerawat serta mengencangkan pori-pori kulit wajah. Kandungan yang ada dalam madu berfungsi sebagai anti bakteri alami, anti inflamasi dan memiliki antioksidan yang baik untuk kulit.

Tomat

Selain digunakan untuk bumbu masakan, tomat bisa anda gunakan untuk perawatan kulit wajah. cukup dengan menyiapkan tomat yang sudah diiris-iris tipis lalu tempelkan irisan tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit dan terakhir bilas dengan air bersih maka kulit akan terasa lebih segar dan cerah. Kandungan dalam tomat seperti vitamin C dan E yang baik untuk kulit serta memiliki kandungan anti bakteri mencegah kulit kusam. Khususnya bagi anda yang sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama sangat disarankan melakukan perawatan ini.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah sangat terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit. Cukup dengan menggunakan beberapa tetes minyak zaitun lalu oleskan saja pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit dan bilas bersih dengan air. Vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kesehatan kulit dapat membantu melembutkan kulit yang kering dan retak-retak, seperti pada siku dan tumit.

Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Cantik Berseri

Es Batu

Es batu bisa anda gunakan untuk membantu melancrkan peredaran darah dan mencegah penuaan dini. Untuk menggunakan es batu sebagai perawatan kulit sebaik anda membersihkan wajah terlebih dahulu, lalu lapisi es batu dengan kain bersih dan bisa anda gunakan selama 20 menit secara perlahan pada seluruh wajah. perawatan es batu juga bisa untuk mengatasi mata bengkak cukup tempelkan selama 2 menit pada bagian yang bengkak. Es batu juga memberikan sensasi rileks dan segar pada kulit, bisa anda lakukan sebelum tidur agar lebih nyenyak selama beristirahat.

Susu

Susu memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Anda bisa melakukan perawatan kulit dari luar dengan menggunakan susu karena kandungan asam laktatnya dapat membantu mengangkat sel kulit mati, membantu pembaharuan sel dan mencerahkan wajah. Caranya cukup mudah, tuangkan susu murni segar ke dalam mangkuk, lalu celupkan kain bersih yang lembut dan peras, setelah itu aplikasikan pada wajah anda dan biarkan selama 10 menit saja jangan lupa bilas dengan air hingga bersih. Perawatan menggunakan susu dapat menghilangkan komedo juga jerawat, cara membuatnya cukup dengan menuangkan 2 sdm susu murni, tambahkan 1 sdm madu, campurkan kedua bahan tersebut dan bisa anda aplikasikan ke wajah, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air.

10 Bahan Alami Untuk Memutihkan Wajah Dan Caranya

Kentang

Kentang tidak hanya untuk dikonsumsi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Cara membuatnya yaitu, siapkan kentang yang sudah dicuci bersih, kupas kentang kemudian iris tipis. Rendam pada air bersih selama 5 menit, lalu tempelkan beberapa irisan kentang pada wajah secara merata. Kandungan dalam kentang yaitu vitamin B, vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, potasium, zat besi, protein, dan serat sangat bermanfaat untuk kulit. Kandungan antioksidan yang tentu dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pisang dan Putih Telur

Kombinasi Pisang dan putih telur memiliki manfaat yang ampuh untuk kulit wajah. manfaat luar biasa yang ada dalam pisang dapat mengatasi jerawat dan komedo, melembabkan kulit dan  mencegah serangan radikal bebas penyebab penuaan dini. Pada putih telur terdapat kandungan enzim Lysozyme, riboflavin, protein, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan kulit wajah.Untuk membuat masker ini, siapkan 1 buah pisang dan 1 buah telur. Lumatkan pisang sampai lembut lalu tambahkan putih telurnya saja, aduk hingga tercampur, lalu aplikasikan pada wajah anda seperti masker, tunggu 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Baca Juga: Manfaat Dan Cara Membuat Masker Putih Telur Untuk Wajah

Pepaya

Buah pepaya selain nikmat dan menyegarkan untuk dikonsumsi, memiliki manfaat yang baik untuk sistem penceraan anda. Tidak hanya itu pepaya bisa anda gunakan untuk kecantikan kulit anda. Pada pepaya terdapat enzim yang berperan untuk menghalangi serangan radikal bebas dan sebagai anti bakteri. Kandungan dalam pepaya membantu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah. Cukup dengan menghaluskan sepotong buah pepaya dan aplikasikan sebagai masker wajah dan tunggu sampai 20 menit lalu bilas hingga bersih. Kulit anda akan terlindungi dari bakteri dan radikal bebas. Bisa anda lakukan secara rutin sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

Ampas Teh

Bagi anda yang selalu minum teh di pagi hari, sebaiknya ampas teh jangan langsung dibuang. Anda bisa memanfaatkan ampas teh untuk perawatan kulit wajah. Terdapat kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari kanker. Cukup dengan menempelkan bekas ampas teh secara merata ke wajah, biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. Kandungan ampas teh mampu mencerahkan kulit anda dan juga mengangkat kotoran akibat debu dan polusi yang menempel pada kulit.

Kulit Jeruk

Memutihkan Wajah Dengan Kulit jerukKulit jeruk bisa anda gunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Pada jeruk ada lebih dari 60% flavanoid dan 170 jenis phytonutrients yang berbeda. Kandungan tersebut sangat memberikan efek yang baik untuk kulit karena dapat menyeimbangkan kondisi kulit dan mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat. Setelah anda makan buahnya, kulitnya anda bisa langsung pakai dengan menggosok-gosokan pada wajah secara merata, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat Alami

Itulah beberapa bahan dan cara memutihkan wajah secara alami dan tidak beresiko yang bisa anda coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.